Kapolres Dengan Segudang Keberhasilan itu Dimutasi ke Lotim

dari Arena Sertijab Kapolres Bima Kota
Visioner Berita Kota Bima-
Nama Ida Bagus Winarta,  S.IK sesungguhnya tidaklah asing bagi warga Bima.  Lebih dari setelahun ia menjabat sebagai Kapolres Bima Kota.  Kendati tergolong baru menjabat,  sosok yang dikenal ramah,  baik,  komunikatif,  terbuka, mau mendengar dan tercatat tidak membuat sekat dengan berbagai kalangan khususunya Wartawan ini sukses mencatat sederetan keberhasilan yang wajib diakui dalam pengungkapan kasus-kasus besar dan bahkan tergolong sulit. 
Diantaranya,  Curas,  Curat, OTT,  Curanmor,  pembunuhan,  pencurian ternak,  asusila, Miras,  Perjudian hingga menggiring bandar-bandar besar Narkoba yakni Gian,  Dita dan Rudi Santoso dengan BB Narkoba jenis Sabu seberat 1 kg. 

Tak hanya itu,  Uda Bagus Winarta juga tercatat perdana yang mampu mengantarkan pesta Pilkada Kota Bima periode 2018-2023 pada posisi paling aman alias jauh dari konflik baik individu,  kelompok,  golongan maupun horizontal. Bukan itu saja,  tetapi juga tak pernah terdengar adanya konflik horizontal di wilayah hukum Polres Bima Kota selama ia menjabat sebagai Kapolres setempat. 

Hebatnya,  media masih mencatnya sebagai sosok yang tetap merendah kendati sukses menorehkan seabrek keberhasilan yang diakui spektakuler. Jasa-jasa penting lainnya yang ditorehkan, ia adalah Kapolres perdana yang sukses membangun sebuah Masjid di Mako Polres Bima Kota-sampai sekarang sarana Ibadah tersebut tengah dikerjakan. 

Publiik khususnya di Bima,  pun bangga,  apresiatif dan bahkan berterimakasih besar atas sederetan keberhasilan terbaik yang ditorehkan oleh Ida Bagus Winarta selama menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. 

Lepas dari kekaguman publik atas catatan keberhasilan yang dia torehkan,  namun tak ada yang menyangka secepat itu ia tinggalkan Bima dan masyarakatnya. Kini Pimpinan Polri meletakan amanat baru bagi Ida Bagus Winarta,  yakni sebagai Kapolres Lombok Timbur NTB menggantikan posisi AKBP Eka Fathurrahman,  S.ik-berikut laporan singkatnya, -
Kamis (1/11/2018) pukul 07.00 wita, di Mapolres Bima Kota melaksanakan kegiatan Apel Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres setempat dari AKBP Ida Bagus Winarta, S.IK yang saat ini menjabat Kapolres Lombok Timur kepada AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH.
Kegiatan tersebut,  dihelat dihalaman Mako Polres Bima Kota dan dihadiri oleh seluruh Perwira Polres Bima Kota. Dalam upacara Serah Terima Jabatan ini, AKBP Ida Bagus Winarta, S.IK menyampaikan bahwa dirinya menjabat sebagai Kapolres Bima Kota selama 1 tahun 1 minggu.

Ia kemudian menjelaskan,  menyampaikan bahwa situasi keamanan selama dirinya memimpin disini secara umum sangat kondusif bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Itu bukan Kapolresnya yang hebat, tapi memang rekan-rekan Polres Bima Kota ini yang hebat, ikhlas dan betul-betul saling bahu-membahu dan bersama-sama mengatasi situasi yang ada”, jelasnya.   
AKBP ida Bagus Winarta,  S. IK (kanan)  saat menyampaikan sambuta di miment Sertijab
Secara rinci,  AKBP Ida Bagus menggambarkan bahwa beberapa kejadian pertama kali dirinya menjabat Kapolres Bima Kota dihadapkan dengan kasus-kasus kelompok radikal. “Ada kejadian pada saat itu, persis setelah malamnya kami menerima TR, besoknya kejadian 2 orang Anggota kita sebagai korban penembakan, alhamdulillah tidak sampai meninggal dunia dan saat itu pula kami juga berkoordinasi-berkomunikasi dengan Densus 88. Hasilnya, Alhamdulillah bisa diatasi, dan sampai saat ini tidak ada kejadian yang sama tak muncul lagi. Diharapkan, mudah-mudahan itu adalah kejadian yang terakhir yang menimpa khususnya anggota Polres Bima Kota," harapnya. 

Ida Bagus juga menjelaskan tentang situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Bima Kota, kejahatan konvensional lumayan tidak juga terlalu tinggi dan pengungkapan-pengungkapan kasus 3C khususnya juga banyak dilakukan oleh jajaran Polres Bima Kota. Saat ini menurutnya, jumlah personil Polres Bima Kota sebanyak 674, terdiri dari 10 Polsek,  2 Pemerintahan yaitu 5 Kecamatan masuk ke wilayah hukum Polres Bima Kota.
"Kejadian yang bersifat konflik massa alhamdulillah selama kami menjabat tidak ada yang betul-betul menonjol. Mudah-mudahan kondisi ini, dapat dijaga dan dipertahankan oleh Kapolres yang baru dan tentu saja hal itu harus didukung oleh rekan-rekan semua termasuk Wartawan, " tuturnya. 

Diakhir sambutannya pada moment Sertijab tersebut, ia menyampaikan banyak hal. 
“Sebagai pejabat lama saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan, kebersamaan dan partisipasi rekan-rekan terhadap saya dan keluarga. Saya sangat bangga dan terkesan, karena salah satunya Bima Kota ini tidak seperti yang dibayangkan atau diceritakan oleh orang. Kita yang mengalami disini, saya cukup bangga dengan situasi kantor dengan lahan yang cukup luas dan kantor yang megah. Apalagi saat ini kita sedang membangun masjid mencapai 57 %, ini semua modal niat dan amal dari rekan-rekan semua disini. Saya juga mohon maaf jika selama ini banyak kekhilafan kami, dan segala kekurangan kami dalam memimpin," ucapnya. 

"Kami sadar banyak kekurangan  dan kami belum banyak berbuat apa-apa untuk rekan sekalian. Mungkin ada rekan-rekan terpaksa kami sidang disiplin, kami tegur, kami marahi, itu semua sebagai kewajiban kami untuk sama-sama menjalankan organisasi ini secara baik. Selanjutnya kami mohon doa restu dalam bertugas ditempat yang baru, kami berharap hubungan silaturrahim ini jangan putus," pungkasnya. 

Sementara itu Kapolres Bima Kota yang baru, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH pada moment tersebut juga menyampaikan banyak hal. “Terima kasih kepada seluruh rekan semua atas kerjasamanya selama ini sehingga saya tinggal meneruskan saja. Kami mohon ijin bergabung dan mohon diterima menjadi warga disini. Kami mohon dukungan dan kerjasamanya agar situasi diwilayah Polres Bima Kota ini tetap kondusif bahkan lebih baik. Jika ada hal-hal yang kurang pas, mari kita sama sama perbaiki, mari kita bekerjasama dengan sering berkomunikasi, saling koordinasi dan berkolaborasi dalam hal pelaksanaan tugas. Tujuannya, yakni agar tugas kita berhasil dengan baik," harapnya.

Erwin juga berpesan, kepada anggota agar jangan menyakiti atau meresahkan masyarakat. "Kita harus merangkul semua, ada masalah kita selesaikan secara kekeluargaan. Pada pelaksanaan tugas, anggota harus saling membantu, saling mendukung jangan ada rasa iri dengki, sebab semua rezeki itu sudah ada yang mengatur," imbuhnya.

Pada kesempatan ini Pria Lulusan Akpol 1998 ini menegaskan, bahwa dirinya saat memimpin juga mengedepankan sistim kekeluargaan. "Jika ada maslaah harus diselesaikan secara kekeluargaan," terangnya. 

Pun Erwin mengingatkan, dalam memimpin akan menerapkan reward and panhisment. "Jadi siapa yang berprestasi harus ada penghargaan dan yang kurang atau tidak melaksanakan tugas dengan baik kita akan beri panhisment agar tidak terulang kembali dan tidak ditiru oleh yang lain," janjinya.  



Liputan langsung sejumlah awak media mada moment tersebut melaporkan,  kegiatan ini juga rihadiri oleh Bupati-Wakil Bupati Bima,  Hj.  indah Dhamayanti Putri,  SE-Drs.  H.  Dachlan M.  Noer,  Walikota-Wakil Walikota Bima,  H.  Muhammad Lutfi, SE-Feri Sofiyan,  SH,  Ketua DPRD Kota dan Kabupaten Bima,  Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat,  LSM dan sejumlah pihak penting lainnya. 




Pada moment itu pula,  baik Walikota-Wakil Walikota Bima,  Bupati-Wakil Bupati Bima dan Ketua DPRD Kota serta Kabupaten Bima dan lainnya menyerahkan cendera mata kepada AKBP ida Bagus Winarta,  S. IK.  Dan para tokoh dan politisi yang hadir ini,  juga menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada AKBP ida Bagus Winarta atas keberhasilan yang telah ditorehkan untuk Kota Bima dan masyarakatnya. Pun para Tokoh penying tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Bima Kota yang baru, juga  diharapkan mampu membuktikan pengabdian terbaiknya.  (TIM VISIONER) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.