Header Ads

Miliran Rupiah Nilai Bantuan Dari Pemerintah Untuk Nelayan di Hari Ikan Nasional

Dari arena penyerahan bantuan kepada para nelayan (2/12/2018)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Sektor Kelautan dan Perikanan, diakui menjadi salah satu potensi yang diakui mampu mendorong peningkatan dan ekonomi-kesejahteraan serta keberlangsungan hidup para nelayan khususnya di Kabupaten Bima. Kiprah Pemerintahan Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer pada sektor yang satu ini, sejak dulu hingga sekarang terlihat nyata adanya.

Pada sesi yang lain, kekurangan yang dialami oleh masyarakat nelayan tampaknya terus diperjuangkan hingga berhasil mendatangkan anggaran yang dinilai besar untuk para nelayan pula. Dari tahu ke tahun, juga tercatat tentang mengalirnya bantuan untuk masyarakat nelayan sebagai upaya mendorong peningkatan ekonomi hingga kepada kemasalahatan para nelayan.

Pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2018, Bupati Bima yang didampingi oleh Kadis Kelautan dan Perikanan, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra dan Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyanti menyerahkan bantuan untuk para nelayan di Kabupaten Bima dengan total nilai miliaran rupiah, berikut catatannya.

Hari Ikan Nasional (Harkannas) V Tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Jalan Soekarno-Hatta Raba Minggu (3/12/2018), selain diisi dengan Bazar Kuliner Serba ikan,  juga ditandai dengan penyerahan sarana alat tangkap perikanan untuk dihibahkan kepada nelayan senilai Rp. 6,7 miliar.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE didampingi  Ketua DPRD Kabupaten Bima Ny.  Murni Suciyanti,  Komandan Kodim 1608/Bima Letkol (Inf)  Bambang Kurnia Eka Putra, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj.  Rostiati Dahlan dan para pejabat teras lingkup Pemkab Bima.

"Bantuan  peralatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak diperjual-belikan,  apalagi berpindah tangan kepada pihak yang tidak berhak,” tegas Bupati.

Berkaitan dengan penyaluran bantuan kepada sejumlah sektor pembangunan  Bupati menekankan pentingnya data yang akurat.

"Perlu pendataan menyeluruh terhadap bantuan yang diberikan kepada kelompok dan menyimpan dengan baik catatan administrasi kegaiatan agar bisa dipertanggung jawabkan ketika berhadapan dengan masalah hukum,” jelas Bupati.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma, M.Si dalam laporannya mengatakan,  Peringatan Hari Ikan tahun ini mengambil tema "Dengan Protein Ikan,  kita Membangun Bangsa.

Tahun  ini, dilakukan penyerahan secara simbolis Hibah Sarana dan Prasarana Perikanan pada kelompok nelayan Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2018 senilai Rp 6,7 Milyar kepada 321 Kelompok atau 1.725 nelayan dan menyebar pada 16 kecamatan pesisir.

"Para nelayan dapatkan alat tangkap berupa mesin ketinting,  jaring pukat, perahu,  perahu kayu,  coolbox dan pancing,” papar Hj. Nurma.

Penyerahan paket alat penangkapan ikan (API) berupa 1 unit jaring gillnet Millenium 4 inchi sepanjang 500 m kepada 3 penerima yaitu,  KUD Mutiara langgudu untuk 3 kapal, Koperasi Takapase Sanggar 2 kapal dan KUD Harapan Sape 3 kapal.

Selain itu juga di serahkan bantuan untuk sarana budidaya produksi garam berupa, sepeda motor roda tiga (aviar), mesin,  mesin air 23 PK dan 5,5 PK.  Serta hibah bioflog untuk budidaya nila,  bibit kerapu dan bibit lele serta asuransi nelayan.

Ikan Memiliki Sumber Protein Dan Omega 3 

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri pada saat kegiatan Hari Ikan Nasional tingkat Kabupaten Bima yang dilangsungkan di halaman kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima pada hari Minggu (2/12). Dihadapan Ketua DPRD Kabupaten Bima, Dandim 1608 Bima, Para Assisten, Kabag, Staf Ahli BUpati Bima, Kepala OPD Lingkup Setda Bima, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima beserta jajaranya serta para penerima bantuan.

Ia (Dinda,Red) mengatakan, bahwa dengan diperingatinya hari Ikan Nasional tingkat Kabupaten Bima ke – V ini, dalam rangka mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Bima untuk mengkonsumsi ikan dalam kehidupan sehari – harinya. Hal ini dikarenakan keberadaan Ikan merupakan bahan pangan dan sumber protein memiliki keunggulan antara lain; kandungan Omega 3 tinggi sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh, keragaman ikan yang tinggi dari jenis, bentuk, warna, rasa dan ukuran sehingga dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk olahan, keragaman harga yang dapat memenuhi semua segmen kelas ekonomi.

Keberadaan Ikan juga selain sebagai sumber protein juga dapat berperan mendukung Gerakan Peningkatan Gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan remaja usia produktif dan ibu hamil dalam kerangka strategi percepatan perbaikan gizi masyarakat. Peningkatan konsumsi ikan nasional sangat penting dalam rangka meningkatkan produktivitas industri dan mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa.

Oleh karenanya dengan adanya kegiatan seperti ini, keberadaan ikan ini salah satu komoditi bahari bergizi tnggi dapat memberikan menafaat positif bagi kecerdasan serta meningkatkan kesejahteraan dan derajat ekonomi masyarakat.

Begitu pula terkait dengan bantuan hibah sarana dan prasarana perikanan kepada kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Bima, bantuan yang diberikan ini memiliki konsekuensi terhadap peningkatan kualitas bagi kehidupan masyarakat khussunya nelayan yang ada di Kabupaten Bima, sehingga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik serta tepat sasaran.

Bupati Bima berharap dengan adanya hari ikan ini dalam rangka mengajak kepada warga masyarakat terutama kepada generasi kita agar dapat mengkonsumsi ikan sehingga dari konsumsi ikan akan mendapatkan peningkatan kecerdasannya karena dalam kandungan omega 3 memliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj.Nurma, M.Si dalam pengantar, rangkaian peringatan hari Ikan Nasional yang ke – 5 tingkat Kabupaten Bima ini, merupakan wujud rasa sukur kami selaku kepala Dinas Kelauta nda Perikanan beserta jajaranya, TP. PKK dan stakeholder pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan dimana ikan sudah masuk sebagai komoditi tanaman pangan yang strategis disamping sumber pangan lainnya.

Sementara itu tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini dalam rangka mengajak dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa bangsa Indonesia memiliki sumber perikanan yang melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan bangsa.

Catatan lainnya, kegiatan hari ikan nasional tingkat Kabupaten Bima ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sarana perikanan yang dihibahkan kepada nelayan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bima sebesar Rp. 6.709.313.000 yang di hibahkan kepada 321 kelompok atau sebanyak 1.725 orang nelayan. Kepada 321 orang petani tambak sebanyak 35 kelompok yang tersebar di desa Sumi, desa Pandai dan desa Daru serta 36 kelompok budidaya atau sebanyak 235 orang pembudidaya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.