Header Ads

Bukti Pemerintahan Dinda-Dachlan Tak Tidur, Tiga Tahun Memimpin Angka Kemiskinan Menurun-IPM Meningkat

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE Saat Pemaparan di Moment LKPD di DPRD Kabupaten Bima (30/3/2019)
Visioner Berita Kabupaten Bima-Perjalanan Pemerintahan Kabupaten bima dibawah kendali Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer (Dinda-Dachlan), tercatat sudah berlangsung tiga tahun. Progres-progres pembangunan daerah dan masyarakatnya, pun bukan sekedar wacana kosong.

Tetapi, merupakan fakta tak terbantahkan. Indikasi itu, tercermin pada sejumlah piagam pernghargaan dari Pemerintah Pusat yang telah diperolehnya mulai dari perbaikan sistim managemen keuangan daerah hingga memperoleh WTP sampai kepada Kabupaten Bima sebagai salah satu daerah yang menerima piagam penghargaan soal SKIP.

Dari sisi sosial kemasyarakatan, Dinda-Dachlan tercatat sebagai pemimpin “paling peka”. Hal itu dibuktikannya melalui jawacan cepat tentang ekspektasi masyarakat yang sakitb dan membutuhkan biaya anjutan, belum lagi soal sentuhan pribadinya termasuk pada peristiwa kebakaran yang menimpa warga di Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

Foto Bersama Usai Penyampaian LKPJ
Catatan terkini tentang kepekaan Dinda-Dachlan, juga terpampang melalui fakta menjawab jembatan roboh akuibat banjir bandang di wilayah Kecamatan Sanggar yang disertai dengan penyerahan bantuan kepada korban bencana banjir bandang di wilayah setempat. Ditengah menguatnya serangan subyektif dari kelompok tertentu dan bahkan tudingan lebih banyak tidur dan jalan-jalan tanpa tujuan, namun Dinda-Dachlan tetap saja bersikap santai sembari membuktikan kinerjanya untuk kepentingand aerah dan masyarakatnya.

Lepas dari sejumlah kebrhasilannya, namun juga masih ditemukan adanya kekurangan terutama dibidang pembangunan fisik. Tetapi, Dinda-Dachlan memiliki keyakinan akan mengisi kekurangan tersebut disisa kepemimpinannya sesuai kemampuan APBD 2 Kabupaten Bima walau pada akhirnya akan bermuara pada dua hal yakni, puas dan tidak puas.

Sabtu tanggal 30/3/2019, DPRD Kabupaten Bima menghelat sebuah kegiatan penting bernama Rapat Paripurna LKPJ Bupati-Wakil Bupati Bima, Dinda-Dachlan. Pada moment yang dihadiri oleh seluruh SKPD/OPD, FKPD, DPRD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pers dan lainnya itu terkuak penjelasan tentang pengakuan nyata dalam kemasan catatan amat menarik

Yakni, capaian sejumlah bidang pembangunan di dalam rentang waktu 3 tahun terakhir bawah kepemimpinan Dinda-Dachlan yang diakui  membuktikan trend positif. Beberapa capaian tersebut, disampaikan oleh Dinda-Dachlan Rapat Paripurna ke-3 DPRD Kabupaten Bima tentang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2018.

Senyum Lepas Dinda-Dachlan
Pada moment yang dinakhodai oleh Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyanti tersebut-Bupati membeberkan bahwa angka kemiskinan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini terus mengalami penurunan. "Pada tahun 2016 Angka kemiskinan di Kabupaten Bima berada pada kisaran 15,31%, menjadi 15,10% pada tahun 2017   dan menjadi tahun 2018 menjadi 14,84%,” ungkap Dinda.

Secara khusus, Dinda juga memaparkan capaian upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). "Aspek kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan. Yakni, pada tahun 2015 berada pada angka 63,48 dan menjadi 64,15 pada tahun 2016.  Angka ini terus mengalami peningkatan menjadi 65,01 di tahun 2017 dan berada 65,66 di tahun 2018,” terang Dinda.

Dinda mengakui, terjadinya penurunan angka kemiskinan dan peningkatan  IPM ini tidak terlepas dari upaya semua pihak dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan dengan sasaran yang tepat. "Peningkatan kapasitas SDM, penciptaan wirausaha baru dan lapangan kerja baru serta pemberdayaan ekonomi kreatif ke depan akan terus  dioptimalkan lagi pencapaian program yang tepat sasaran,” pungkas Dinda yang disebut-sebut akan kembali berpasangan dengan Dachlan pada Pilbup-Wabup Bima pada periode mendatang ini. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.