Header Ads

Kontingen Tinju Kota-Kabupaten Bima Diterjunkan, Dandim Ingatkan Kedisplinan dan Sportivitas

Dae Andang: Kita Targetkan Kota Bima Kembali Jadi Juara Umum
Foto Bersama Usai Pelepasan Kontingen Tinju Asal Kota dan Kabupaten Bima di Makodim 1608 Bima (12/7/2019)
Visioner Berita Bima-Danrem 162/Wira Bhakti kini kembali menggelar event tinju spektakuler. Event tinju yang akan digelar mulai tanggal 13-17/7/2019 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu, menghadirkan seluruh daerah di Indonesia. Sementara hadiah-hadiah bagi para juara pada kejuaran Danrem Cup ini, dintaranya Motor, sepeda dan uang pembinaan.

Potensi SDM di bidang tinju yang dimiliki oleh Kota dan Kabupaten Bima, sesungguhnya tak diragukan lagi. Betapa tidak, nama Bima dibidang tinju harum sampai ke tingkat Nasional. Pada event tinju merebut piala Danrem 162/Wira Bhakti ini, Kota dan Kabupaten Bima menerjunkan sebanyak 26 petinju. Para petinju yang akan bertarung pada event tersebut dominan laki dan beberapa orang petinju wanita.

Informasi yang dihimpun oleh Visioner menjelaskan, para petinju yang diterjunkan pada kejuaraan Danrem Cup 2019 ini adalah para peraih juara mulai dari 1-4 pada Porprov NTB 2018. Liputan langsung Visioner di Makodim 1608 Bima, atlet tinju, official dan pelatihnya dilepas secara resmi oleh Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra.

Pada moment pelepasan atlet tinju ini, juga hadir Bupati Bima yang didelegasikan oleh Asisten III Setda setempat, Drs. H. Arifuddin, Kapolres Bima melalui Kabag Ops, Kompol Tauhid, Danton  2 Kompi Senapan A Yonif 742 /SWY, Letda Inf Nyoman Astawa dan Delegasi dari Sat Brimob Pelopor Den C Bima serta pihak BUMN setempat. 

Pada moment tersebut, Asisten III Setda Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin menekankan agar para petinju yang diterjunkan pada event Danrem Cup 2019 tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas, kepatuhan, memperkuat mental guna mewujudkan harapan yakni meraih prestasi gemilang (menjadi juara).

“Jangan meraih kemenangan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karenanya, kami berpesan para para petinju yang dilepas ini agar tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas,” imbuhnya dengan nada singkat.

Sementara itu, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra menegaskan, para petinju yang diterjunkan pada event penting agar tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas, memperkuat mental, percaya diri, fisik dan harus memiliki kekuatan tekad untuk menjadi juara sebagaimana harapan semua pihak.

“Sebab, itu merupakan modal utama untuk menjadi juara. Pengalaman membuktikan adanya semangat yang berapi-api menjadi juara, namun pada faktanya justeru kandas di tengah jalan. Pemicunya, lebih kepada rendahnya nilai kedisplinan dan profesionalisme,” ungkap Dandim terbaik NTB sebagaimana pengakuan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah ini.

Pada event olah raga apapun, Dandim yang dikenal Humanis dan intens berkiprah meredam eskalasi konflik sosial serta rutin terlibat pada masalah realitas kehidupan sosial kemasyarakatan (realitas sosial) baik di Kota dan Kabupaten Bima juga menghimbau, ketika para petinju ini ketika berada di atas ring harus menghargai bahkan mengagumi setiap lawannya. Namun, lawan tidak boleh diremehkan.

“Tetapi di atas ring, posisikan diri bahwa anda sama dengan lawannya. Dan kepercayaan diri anda di atas ring juga harus lebih kuat dari lawan. Tak hanya itu, Peluang diatas ring itu sama, maksudnya tidak berkaitan dengan status lawan yang kita hadapi. Itu adalah modal penting untuk menjadi juara, jangan seperti ayam sayur ketika berhadapan dengan lawan di atas ring,” imbuhnya.  

Pada moment tesebut, Bambang juga menekankan kepada para pelatih maupun official agar menekankan soal kedisplinan, sportivitas, kepercayaan diri dan kekuatan tekad kepada para atlet tinju yang diterjunkan ini dengan harapan mampu tampil sebagai juara sehingga nama Bima menjadi harum di mata Nasional. Sebab, event Darem Cup 2019 ini menghadirkan para petinju di seluruh Indonesia. “Mari kita semua berharap, berdo’a dan berikhtiar keras agar para petinju yang dilepas ini bisa menampilkan yang terbaik pada event Danrem Cup 2019 ini,” harap Dandim 1608 Bima.

Secara terpisah, Ketua Pertina Kota Bima M. Tajil Arifin yang dimintai komentarnya menyatakan akan mempertahankan gelar sebagai juara umum pada kejuaran Tinju merebut piala Danrem Cup 2019 ini. Pasalnya, Kota Bima pada event Danrem Cup 2017 yang diselenggarakan di Kota Bima, Kota Bima tampil sebagai juara umum dan mendapatkan hadiah sepeda motor serta piala. Insya Allah, kita akan pertahankan gelar itu pada event Danrem Cup 2019 di KSB ini,” ujar Anggota DPRD Kota Bima dari PDIP yang akrab disapa Dae Andang ini.

Dae Andang kemudian menjelaskan, Kejuaraan tinju Danrem Cup 2019 ini merupakan event Nasional. Pasalnya, menghadirkan seluruh daerah di Indonesia. Oleh karena itu, event ini sangat bergengsi. Untuk itu, pihaknya akan bekerja keras dengan tujuan agar tampil sebagai yang terbaik pada event dimaksud.

“Para petinju yang kita hadirkan dari berbagai kelas ini adalah SDM peraih prestasi gemilang pada Porprov NTB tahun 2018. Dan sebelum event Danrem Cup 2019 ini dilaksanakan, kami sudah melatig dan membinanya selama dua bulan. Untuk itu, kita sudah sangat siap baik dari sisi mental, profesionalisme maupun rasa percaya diri. Selanjutnya, mohon do’a dan dukungannya agar atlet tinju kita ini meraih juara,” harapnya.  

Dari belasan atlet tinju yang kita terjunkan pada event Darem Cup 2019 ini, terdapat dua orang petinju asal Kompi Senapan A Yonif 742/SWY. “Keduanya berkapasitas sebagai anggota TNI, berbakat dan lahir di NTT. Kemampuan bertinjunya tak lagi diragukan karena keduanya sering tampil event-event yang diselenggarakan di NTT. Dari belasan atlet tinju asal Kota Bima yang diterjunkan mengikuti event Danrem Cup 2019, diantaranya 13 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yakni Maya. Sementara atlet tinju asal Kabupaten Bima yang diterjunkan pada event ini, diantaranya 9 laki-laki dan 3 orang perempuan,” terang Dae Andang.

Sedangkan jumlah official asal Kota Bima yang diturunkan berjumlah 1 orang dan 4 pelatih. Sementara Kabupaten Bima, menurunkan 1 orang official dan 5 orang pelatih. “Asupan gizi hingga jaminan fisik para atlet tinju Kota Bima yang diterjunkan ini Alhamdulillah sangat baik. Artinya secara fisik mereka pun sangat baik dan siap bertarung. Sekali lagi, kami berharap akan dukungan dan do’a dari Pemerintah maupun seluruh masyarakat Bima agar petinju ini bisa mengharumkan nama daerah pada event Danrem Cup 2019 ini,” pungkas Dae Andang. (GILANG/FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.