Header Ads

Kerjasama Kemendikbud-TNI Gelar Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara di Bima

Moment Pembukaan Kegiatan Asisten Pancasila dan Bela Negara di Gedung Seni Budaya Kota Bima (22/8/2019)
Visioner Berita Kota Bima-Kamis pagi (22/8/2019), sebuah kegiatan spektakuler di gelar di gedung seni budaya Kota Bima yang berlokasi di Kecamatan Raba. Yakni kegiatan upacara dan pembukaan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Bagi Siswa SMP Tahun 2019. Kegiatan ini, diselenggarakan atas kerjasama Kemendigbud RI dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI.

Pada moment yang dinilai sakral ini, melibatkan sekitar 700 orang siswa-siswi SMP berikut pendampingnya. Ratusan personil yang terlibat pada kegiatan ini, berasal dari 50 SMP baik Kota maupun di Kabupaten Bima. Liputan langsung sejumlah awak media melaporkan, kegiatan ini bukan sekeda pembukaan. Tetapi juga, berbagai konten kegiatan yang berkorelasi langsung dengan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara pun dilaksanakan.

Masih dalam liputan langsung sejumlah awak media, pada kegiatan pembukaan yang dilangsungkan di gedung seni budaya tersebut hadir berbagai pihak penting. Yakni Wakil Wakil Walikota Bima  Feri sofyan SH, Paban II/Puanter Sterad Kolonel Kav Prince Meyer P, Kasubdik Peserta Didik Direktorat SMP pada Kemendikbut, Maulani Megawa Hapsari S.Ip MA, Kasi Kepribadian Subdik Peserta Didik pada Direktorat SMP Kemendikbud, arnowo susanto M.Ed, Dandim 1608/Bima Letkol, Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Bima Kota melalui delegasinya yakni Kabang Sumda, AKP Munir, Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Bagus Satria Wibowo, S.IK, Setda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, MH, Danki Brimob Pelopor Den C Bima, Iptu Dedi, Kakesbang Kota Bima, H. Ahmad Fatpni, SH, Ustadz Gunawan, seluruh jajaran Perwira Kodim 1608/Bima, Para FKPD Kota dan Kabupaten Bima, dan ratusan Seluruh perwakilan siswa peserta latihan.

Pada moment pembukaan kegiatan itu, juga dilaksanakan penyematan tanda peserta latihan yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian amanat oleh Inspektur Upacara yakni Kasubdik Peserta Didik pada Direktorat SMP di Kemendikbud RI, Megawa Hapsari S.Ip MA.

Penyematan Tanda Peserta Latihan Oleh Paban II/Puanter Sterad Kolonel Kav Prince Meyer P, Kasubdik Peserta Didik Direktorat SMP pada Kemendikbut, Maulani Megawa Hapsari S.Ip MA (22/8/2019)
Amanat yang dibacakan tersebut, yakni bela Negara adalah bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Pembelaan Negara bukan semata-mata tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi juga menjadi tanggungjawab segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya, bela negara jika secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-flsik dapat didekasikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa Nasionalisme, yakni menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan Negara.

Masih amanat yang dibacakan oleh Maulani Mega Hapsari, dalam rangka meningkatkan rasa cinta terhadap Negara Indonesia, maka Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen Kemdikbud berupaya keras untuk melaksanakan program-program yang mengarah pada upaya pembelaan kepada Negara, pengenalan terhadap aparat Negara atau sejenisnya. Untuk itu, salah satu program kegiatan yang dilakukan adalah Asistensi Pendidikan Pencasila dan Bela Negara ini. “Hal ini merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter bagi siswa-siswi SMP di Indonesia tak terkecuali di Bima,” tegasnya.

Pun dalam amanat tersebut menegaskan, kegiatan Asistensi Pendidikan Pencasila dan Bela Negara tahun 2019 terlaksana atas kerjasama dengan Markas Besar Tentara Negara Indonesia ( Mabes TNI).  
Kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara di ikuti sebanyak 26 peserta dari masing-masing SMP di Kota Blma dan 34 peserta dari masing-masing SMP di Kabupaten Bima. “Kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab di hati siswaq-siswi dan guru untuk tetap setia, cinta serta patuh terhadap Pancasila dan UUD 45 dan menjunjung nilai santun, Mulia dan Peduli,” pungkasnya.

Salah Satu Konten Kegiatan Peserta di Kompi Senapan A Yonif 742/SWY (22/8/2019)
Usai pembukaan di gedung seni budaya, ratusan siswa-siswi yang didampingi oleh pendamping dan Dandim 1608/Bima beserta jajarannya serta sejumlah personil perwira dari Mabes AD kemudian melanjutkan sejumlah kontenm kegiatan di Kompi Senapan A Yonif 742/SWY. Kegiatan ini juga diikuti oleh pihak Kemendibud RI. Dan kegiatan ini, dikendalikan langsung oleh Danki Senapan A Yonif 742/SWY yakni Kapten Inf Satria Perkasa Bahar, S. S. T. Han.

Liputan langsung Visioner pada moment ini menjelaskan, sejumlah konten kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.30 Wita hingga sire hari itu berhasil dilaksanakan dengan baik oleh ratusan siswa-siswi yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan dimaksud, antara lain terkait dengan cinta lingkungan, kerapian, ketaatan, kepatuhan, ibadah tepat waktu, kecepatan-ketanggapan dalam mengantisi penyerangan dari musuh, pengenalan terhadap tugas pokok dan fungsi TNI, cara menggunakan senjata dan lainnya.

Bagi kelompok peserta yang berhasil masuk dalam nominasi terbaik, diberikan dorprice oleh penyelenggara kegiatan. Dan penyerahan dorprice tersebut dilakukan pada Kamis petang alias setelah semua rangkaian kegiatan dilaksanakan. Dan kegiatan ini, diakui bukan saja dilaksanakan di Bima. Tetapi juga di seluruh Indonesia. Hanya saja, kegiatan yang dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia ini dilakukan secara bergiliran alias tidak berlangsung secara serentak. (FAHRIZ/GILANG/RUDY)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.