Header Ads

Walikota Bima Ciptakan Sejarah Mulia Perdana, Gaji dan Tunjangan Setahun Diberikan Kepada Warga Tak Mampu

Aksi Berbagi Terekam Video Amatir
Video Amatir, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE Berikan Gaji dan Tunjanganya Tahun 2019 Kepada Warga Kelurahan Rabadompu Barat (14/9/2019)

Visioner Berita Kota Bima-Dalam catatan sejarah selama ini, diakui belum pernah ada Walikota mapun Bupati di Bima yang menyerahkan gaji dan tunjangannya setahun kepada warga yang tak mampu. Tetapi, kini dengan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE melakukan hal sebaliknya. Ia boleh jadi merupakan Walikota pertama di NTB bahkan di Indonesia yang menyerahkan gaji dan tunjangannya senilai Ratusan Juta Rupiah kepada warga yang tak mampu.

Aksi mulia itu, ditegakanya bukanlah penciteraan dan bukan pula bersifat ria. Tetapi, ia mengaku bahwa keuntungan yang diperolehnya dari usaha air mineral Asakota mampu mencukupi kebutuhan hidupnya pada setiap bulanya.  “Alhamdulillah, dengan air mineral Asakota ini, tiap bulanya mampu mencukupi kebutuhan hidup saya beserta keluarga. Oleh karenanya, gaji dan tunjangan saya sebagai Walikota Bima tahun 2019, seperakpun tak pernah terima. Tetapi, semuanya telah saya bagi kepada warga tak mampu di Kelurahan Rabadompu Barat-Kota Bima,” papar Lutfi kepada Visioner, Sabtu (14/9/2019).

Lutfi mengaku, aksi mulia tersebut tidak pernah ia rencanakan sebelumnya. Tetapi, dilakukannya secara tiba-tiba. “Menyerahkan gaji dan tunjangan setahun kepada warga tak mampu tersebut, sedikitpun tak membuat saya rugi. Kalau anda bertanya tentang biaya hidup saya setahun diperoleh dari mana, tentu saja bersumber dari usaha istri saya melalui hasil pejualan air mineral Asakota. Hasil penjualan air miner tersebut, Alhamdulillah mampu mencukupi kebutuhan kami pertahun. Sekali lagi, itulah yang menjadi dasar pertimbangan saya untuk membagikan semua hagi dan tunjangan tahun 2019 kepada warga yang tak mampu,” terang Lutfi.

Aksi mulia tersebut, diakui bahwa sebelumnya tidak pernah ia rencanakan. Tetapi, berlangsung secara tiba-tiba yang diawali dengan niat tulus dan ikhlas karena Allah SWT. “Sebelumnya, hal tersebut tidak pernah saya janjikan kepada siapapun. Tetapi, berawal dari niat bahwa gaji dan tunjangan saya tahun 2019 akan diberikan kepada warga yang tak mampu. Diharapkan, apa yang saya lakukan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya. Dan, semoga hal tersebut bernilai berkah,” harapnya.

Nampak, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE Menyerahkan Amplop Berisi Uang Kepada Warga di Rabadompu Barat (14/9/2019)
Hanya saja, Lutfi tidak menjelaskan tentang nominal gaji dan tunjanganya tahun 2019 yang telah ia serahkan kepada warga tak mampu tersebut. Kecuali, ia ia berharap afar Wartawan menanyakan hal  itu kepada pihak Bank NTB Syari’ah Cabang Bima.

“Untuk hal itu, silahkan tanyakan kepada Bank NTB Syari’ah Cabang Bima. Sebab, saya hanya menerima uang tersebut dari Bamk NTB Syari’ah Cabang Bima pada Jum’at sore (13/9/2019). Dan pada Sabtu sore, uang tersebut telah saya serahkan kepada warga tak mampu di Kelurahan Rabadompu Barat Kota Bima,” terang Lutfi.

Secara terpisah, Pimpinan Bank NTB Syari’ah Cabang Bima melalui Wakil Pimpinannya yakni Erni Rosdiana, SE yang dimintai komoentarnya menjelaskan bahwa nominal gaji dan tunjangan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE tahun 2019 yakni lebih dari dua ratus juta rupiah. “Uang sebanyak itu telah kami serahkan kepada Wallikota Bima pada Jum’at sire (13/9/2019). Data actual yang kami terima menjelaskan bahwa semua gaji dan tunjangannya tersebut telah diberikan kepada warga tak mampu,” ungkap Erni, Sabtu (14/9/2019).

Seacara terpisah, Ketua DPRD Kota Bima yakni Samsurih, SH mentakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Lutfi dalam kaitan itu merupakan sejarah perdana di Bima bahkan di Indonesia. “Catatan saya, Presiden Jokowi menyerahkan gajinya selama lima tahun kepada warga tak mampu. Pun demikian halnya dengan Sandiaga Uno. Namun, Lutfi bukan hanya menyerahkan semua gajinya tahun 2019 kepada warga tak mampu di Kota Bima. Tetapi, tunjangannya tahun 2019 telah ia serahkan kepada warga tak mampu. Untuk itu, melalui kesempatan ini saya harus menyampaikan secara jujur kepada publik bahwa Lutfi merupakan Pimpinan daerah pertama di NTB yang melakukan hal itu. Pasalnya, sebelumnya hal tersebut belum pernah dilakukan baik oleh Gubernur, Bupati dan Walikota di NTB. Oleh karenanya, saya nyatakan salut dan bangga kepada Walikota Bima ini,” jelas Samsurih.

Samsurih kemudian menyatakan, dirinya sangat iri dan bahkan malu terhadap apa yang telah dilakukan oleh Lutfi tersebut. Pasalnya, gaji dan tunjangan yang ia terima setahun bernilai puluhan juta rupiah namun tidak pernah ia serahkan kepada warga tak mampu.

Istri Walikota Bima, Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi Memberikan Amplop Berisikan Uang Kepada Warga Rabadompu Barat
“Gaji pokok Walikota Bima per bulan hanya sebesar Rp6 juta. Itu lebih rendah dari gaji pokok anggota DPRD Kota Bima. Demikian pula soal tunjangannya, maksudnya lebih rendah dari anggota DPRD Kota Bima. Yang saya bicarakan sekarang, bukan soal besar-kecil gaji dan tunjangan yang Lutfi peroleh tahun 2019. Tetapi esensinya adalah, dia merupakan Pimpinan daerah oerdana di NTB yang menyerahkan gajin dan tunjangannya kepada kepada warga tak mampu. Sekali lagi, saya nyatakan malu kepada Lutfi. Sebab, sejak dulu sampais ekarang saya tidakm pernah menyerahkan gaji dan tunjangan kepada warga tak mampu,” papar Samsurif.

Lepas dari itu, menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Lutfi dalam kaitan itu pattutn diapresiasi dan bahkan dibanggakan oleh seluruh warga Kota Bima. “Lutfi, selaku Ketua DPRD Kota Bima saya harus menyatakan bahwa anda hebat. Sebab apa yang telah anda lakukan itu, sebelumnya tidak pernah dilakukan oleh Gubernur, Bupati dan Walikota di NTB. Oleh sebab itu, saya berharap bahwa apa yang telah dilakukan oleh Walikota Bima tersebut diberkahi oleh Allah SWT. Dan, semoga apa yang telah dilakukan oleh Walikota Bima tersebut, dapat dilakukan oleh para Pemimpin di Negeri ini, khusnya di NTB,” harap Samsurih.

Samsurih menilai, aksi mulia yang telah dilakukan oleh Lutfi dalam kaitan itu lahir dari kemurnian-ketulusan hatinya. Sebab, dengan keuntungan yang dia peroleh dari usaha air mineral Asakota yang ia jalankan selama ini dianggap mampu menopang kehidupannya per bulan.

“Ia menyerahkan gaji dan tunjangannya tahun 2019 kepada warga tak mampu, barangkali berangkat dari pemikiran bahwa keuntungan yang diperolehnya melaluin usaha air mineral Asakota dirasakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya per bulan. Dan kemungkinan atas dasar pertimbangan itulah ia menyerahkan semua gaji dan tunjangannya tahun 2019 kepada warga tak mampu. Oleh sebab itu, sekali lagi saya nyatakan salut dan bangga kepada Walikota Bima ini. Sebab, dia merupakan Pimpinan daerah perdana di NTB yang menyerahkan semua gaji dan tunjangan kepada warga tak mampu,” tandasnya.

Rangkulan Mesra Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi Bersama Anak-Anak di Rabadompu Barat Usai Membagikan Amplop Berisi Uang
Yang ia ketahui, selama ini baik Lutfi maupun istrinya (Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi) dikenal jiwa sosial yang sangat tingi kepada masyarakat. Suami-istri ini ujarnya, pun memiliki jiwa humanis, ramah dalam bertutur sapa, santun dan beretika dalam pergaulan, tunduk dan taat kepada para Tokoh, lentur dan membuka ruang dalam berdiskusi, meghormati dan menghargai sesama, rendah diri, dan tidak pernah sebagai pihak paling istimewa di mata siapapun.

“Fakta-fakta itu bukan saja kata saya, tetapi juga diakui oleh berbagai pihak yang prnah duduk bersama dangan Lutfi dan istrinya. Menurut saya, rekan-rekan Wartawan juga merasakan hal yang sama ketika duduk bersama dengan Lutfi dan istrinya. Dan, selama ini saya tidak pernah menemukan adanya sikap otoriter serta diktator pada diri Lutfi maupun istrinya,” bebernya.

Liputan langsung Visioner pada moment tersebut melaporkan, aksi mulai dalam bentuk membagikan gaji dan tunjanganya tahun 2019 kepada warga Rabadompu Barat-Lutfi di dampingi oleh istrinya yakni Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, sejumlah Politisi yang salah salah satunya Ketua DPC Partai Hanura Kota Bima, Casman Ilmanegara, dan sejumlah elemen penting lainnya. Pada moment itu pula, Lutfi beserta istri dan rombonganya disambut baik oleh warga, khususnya para penerima gaji dan tunjangan orang nomor satu di Kota Bima itu. Seperti biasa, pada moment itu pula Lutfi maupun istrinya terlihat berangkul mesra dengan warga baik orang tua maupun anak-anak.

Catatan lainya, aksi mulia yang dilakukan oleh Walikota Bima dan istrinnya ini praktis saja menjadi trend topik terkini di Bima. Tak hany di dunia nyata, aksi mulai tersebut terpantau menjadi trend topik dim pelatara Media Sosial (Medsos) khususnya di Bima. Indikatornya, di beranda Facebook (FB) milik warga Kota Bima, terlihat memberikan apresiasi sekaligus menyatakan rasa bangga kepada Walikota Bima dan istrinya ini. Hingga berita ini ditulis, aksi tersebut masih menjadi trend topik di Medsos. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.