Header Ads

500 Personil Aparat Gabungan Diturunkan Untuk Mengamankan Pilkades Serentak

Apel Pelepasan Pasukan Gabungan Untuk Mengamankan Pilkades Serentak Yang Dimpimpin Oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo (15/12/2019)
Visioner Berita Kota Bima-Senin (16/12/2019) merupakan moment paling menegangkan di Kabupaten Bima. Yakni pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Pesta demokrasi yang memilikidinamika hampir menyerupai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan indikator adanya kampanye-kampanye ini, tentu saja bermuara pada dua hal. Yakni ada yag kalah dan ada pula sebaliknya.

Terkait hal itu, tidak tertutup kemungkinan adanya riak-riak yang mengarah kepada terjadinya instabilitas. Oleh karena itu, pihak Polres Bima Kota dibawah kendali AKBP Haryo Tejo bersikap lebih awal mulai dari pemetaan hingga pengamanan. Pada apel pelepasan pasukan di halaman Mako Polres Bima Kota pada Minggu pagi (15/12/2019), Kapolres Bima Kota ini menjelaskan telah menurunkan 500 personil aparat gabungan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di 34 Desa di Kabupaten Bima, maksudnya masuk dalam wilayah hukum Polres Bima Kota.

Ratusan personil aparat gabungan tersebut jelasnya, yakni dari Polres Bima Kota, Sat Brimod Den C Bima, TNI dan Sat Pol PP. Konsentrasi pengamanan ujarnya, yakni pada masing-masing Polsek di wilayah Pilkades. “Aparat gabungan tersebut telahd dilepas usai pelaksanaan apel pelepasan. Maka malam ini, kami mulai melakukan patroli di tiap-tiap wilayah Pilkades. Sementara upaya pembekalan terhadap pasukan gabungan tersebut sudah dilaksanakan kemarin (14/12/2019),” terangnya kepada Visioner.

Pasukan gabungan yang diturunkan itu tuturnya, tersebar di sejumlah Kecamatan yang masuk dalam wilayah hukum Polres Bima Kota. Yakni Wawo, Lambitu, Sape, Lambu, Wera dan Langgudu. Aparat gabungan tersebut, ada yang dilengkapi dengan senjata (pasukan pemukul) dan ada pula yang tidak (khusus pada lokasi TPS). “Pasukan pemukul menggunakan senjata PH. Sementara yang di TPS, sama sekali tidak menggunakan senjata,” tuturnya.

Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Saat Memberikan Pengarahan Pada Apel Pelepasan Pasukan Gabungan Pengamanan Pilkades Serentak (15/12/2019)
Rencana pengamanan Pilkades serentak di wilayah hukum Polres Bima Kota katanya, akan berlangsung selama dua hari. Yakni tanggal 16-17 Desember 2019. Di masing-masing Kecamatan menempatkan satu pelton aparat gabungan. “Jika pelaksanaan Pilkades serentak ini berlangsung aman dan kondusif, maka pasukan akan ditarik pada tanggal 16 Desember 2019. Tetapi jika eskalasinya berbeda, tentu saja akan ada penambahan waktu pengamanan. Intinya semua tergantung pada situasi dan kondisi,” usainya.

Sementara kebutuhan logistik bagi pasukan gabungan yang mengamankan Pilkades serentak tersebut, diakuinya telah dibagikan. Yakni uang makan dan uang saku. Sedangkan kendaraan operasional baik dari Polres Bima Kota maupun dari Sat Brimob setempat, semuanya telah diturunkan. “Untuk kendala yang dihadapi saat ini, Alhamdulillah tidak ada.  Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah soal letak geografis beberapa wilayah seperti di Kecamatan Lambitu, Desa Bajo Pulo Kecamatan Lambu dan di Desa Karampi Kecamatan Langgudu. Di Karampi misalnya, itu harus menyeberang laut. Demikian pula halnya dengan di Bajo Pulo. Sementaa di wilayah Kecamatan Lambitu ya terletak pada jalur lintasan yang dilalui oleh pasukan pengamanan gabungan ini,” tandasnya.  

Masih terkait dengan pengamanan Pilkades serentak tersebut, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi, konsultasi dan komunikasi secara baik dengan Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dahlan M. Noer.

“Namun demikian, kami juga berharap kepada anggota Dewanm Kabupaten Bima pada masing-masing Dapilkades ini juga ikut sertya membantu kami dalam mengamankan situasi. Sebab, mereka suara yag mereka peroleh sehingga menjadi anggota Dewan kan dari Desa-Desa itu juga. Sekali lagi, kami harapkan agar anggota Dewan Kabupaten Bima tersebut sebisa mungkin membantu kami dalam mengamankan Pilkades serentak ini agar berlangsung secara aman, lancar, sukses dan kondusif. Harapan yang sama juga kami sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat. Sebab, stabilitas daerah ini merupakan tanggungawab kita bersama,” harapnya.

Haryo kemudian menambahkan, personil di semua bagian di Mapolres Bima Kota mulai dari Sat Narkoba, Intelkam, PPA, Tipiter dan lainya telah diterjunkan di lapangan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak ini. “Tetapi tidak semua personil pada masing-masing bagia tersebutdi turunkan. Asda juga yang tetap stay di Markas Komando, salah satu tujuanya adalah untuk melayani pengaduan masyarakat,” pungkasnya. (TIM VISIONER

No comments

Powered by Blogger.