Header Ads

Pemkot Bima Jadikan Lawata Tempat Isolasi ODP

Pembuatan Tenda Isolasi Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Tempat Wisata Lawata Kota Bima, Selasa (31/3/2020).
Visioner Berita Kota Bima-Selain membangun posko pemeriksaan bagi pendatang baru di perbatasan wilayah Kabupaten Bima. Pemerintah Kota Bima juga menjadikan obyek wisata pantai Lawata sebagai tempat isolasi sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP). Bahkan tempat isolasi ODP yang berada di dekat laut tersebut telah dibangun beberapa tenda, kerjasama Dinas Kesehatan (Dikes), Dinas Sosial (Dinsos), Diskoperindag, Dispar dan BPBD, Selasa (31/3/2020).

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, mengatakan selain melakukan penyemprotan disinfektan di ruang dan fasilitas publik serta hal lainnya, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, kini pihaknya menjandikan pantai Lawata sebagai tempat isolasi terbuka sementara ODP. “Kenapa harus di Lawata ? karena tempatnya sangat strategis, dekat dengan laut, dan jauh dari lingkungan masyarakat,” katanya saat memantau pendirian tenda isolasi ODP, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, pendatang baru atau warga Kota Bima yang diperiksa di posko perbatasan dengan memiliki gejala dan tanda ODP akan langsung dibawa ke tempat isolasi tersebut. “Kita verifikasi betul pendatang baru dan warga Kota Bima yang baru dari luar daerah,” katanya.

Di tempat isolasi tersebut, akan dilakukan pemantauan, rapid test hingga swab sehingga yang berstatus ODP tersebut bisa diketahui dan dianalisa betul keluhannya atau kesehatannya. “Sebisa mungkin ODP yang diisolasi ini dalam kondisi sehat masuk ke Kota Bima agar tidak menular ke warga Kota Bima,” katanya.

Untuk itu, Lutfi meminta warga Kota Bima untuk sementara tidak mudik. Tetap mematuhi himbauan Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Daerah, seperti menjaga jarak dan melakukan aktivitas dalam rumah lainnya. “Kita harapkan agar wabah ini segera berakhir. Tetap patuhi dan ikuti himbauan pemerintah. Ini untuk kebaikan kita bersama,” harapnya.(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.