Header Ads

Hingga Hari Ini Jumlah Pasien Positif Covid-19 Kota Bima Berjumlah 37 Orang, 4 PDP dan 3 ODP

12 Orang Pasien Dinyatakan Sembuh
Peta Tentang Jumlah Keseluruhan Pasien Positif Covid-19, PDP, ODP, Dinyatakan Sembuh dan Meninggal Dunia di NTB Hari Ini (30/7/2020)
Visioner Berita Kota Bima-Inilah kabar terkini tentang jumlah pasien positif Covid-19 Kota Bima berdasarkan hasil relis terbaru Pemprov NTB per tanggal 30 Juli 2020. Sampai dengan hari ini, jumlah pasien positif Covid-19 Kota Bima berjumlah 37 orang, 4 orang masih berstatus PDP dan 3 Orang berstatus ODP.

Kabag Humas Setda Kota Bima, HA. Malik SP, M.AP membenarkan hal itu. “Jumlah keseluruhan oasien positif Covid-19 Kota Bima sampai dengan hari ini adalah 37 orang. 4 orang masih berstatus PDP dan 3 orang lainya dinyatakan ODP. Hal ini diperoleh melalui realis remsi Pemprov NTB yang kami terima hari ini (30/7/2020),” terangnya menjawab Visioner, Kamis (30/7/2020).

Dari jumlah puluhan pasien positif Covid-19 di Kota yang dimulai dari Nyonya Z, diakuinya sudah 12 orang dinyatakan sembuh. “Sari belasan orang yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab laboratorium tersebut, ada yang sudah dipulangkan dan ada yang masih harus melakukan swab laboratoium berikutnya. Jika hasil swab laboratorium berikutnya dinyatakan sembuh, tentu saja mereka akan dipulangkan,” kata Malik.

Model Tabulasi Data Hari Ini (30/7/2020) Terkait Covid-19 di NTB
Malik menjelaskan, dari 37 orang pasien positif Covid-19 tersebut kini sudah diisolasi di tiga tempat. Yakni puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) diisolasi di Puskemas Paruga, ada yang diisolasi di RS Asakota dan ada pula yang diisolasi di RSUD Bima. “Dari 37 orang pasien positif Covid-19 Kota Bima yang masih diisolasi di tiga tempat di Kota Bima tersebut, kondisi kesehatanya dalam keadaan sangat baik. Sampel serum mereka sudah dikirim ke Laboratorium di Sumbawa untuk dilakukan swab. Kita berharap dan berdoa agar hasilnya negatif Covid-19,” harapnya.

Fengan peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 Kota Bima pasca dinyatakan zona hijau, Malik menghimbau agar masyarakat menaati Protap Covid-18. “Tetap menggunakan masker, jaga jarak, hindari tempat keramaian, konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya imun tubuh, olah raga yang intens, tetap di rumah, cuci tangan baik sebelum maupun sesudah beraktivitas dan saling mengedukasi antar sesama guna mengantisipasi penyebaran virus mematina itu (Covid-19),” imbuhnya.

Malik kemudian meretas kebingungan publik khususnya terkait input data tentang perkembangan jumlah pasien Covid-19 yang terjadi pasca Kota Bima dinyatakan zona hijau. “Jika dalam tabulasi data hari ini (30/7/2020). muncul jumlah pasien Covid-19 Kota Bima hanya satu orang, itu hanya menjelaskan hasil swab laboratorium hari ini pula. Demikian pula model tabulasi data yang muncul pada tanggal 29 Juli 2020 dengan jumlah 25 orang warga Kota Bima dinyatakan positif Covid-19. Jadi untuk memastikan total jumlah pasien positif Covid-19, status PDP dan ODP maupun jumlah yang meninggal dunia tentu saja dimunculkan di dalam peta secara keseluruhan yang dibuat oleh Pemprov NTB,” terang Malik.

                                         Model Tabulasi Data Kemarin (29/7/2020) Terkait Covid-19 di NTB
Lagi-lagi Malik menjelaskan, model tabulasi data jumlah pasien positif Covid-19, ODP, PDP maupun meninggal dunia berbeda dengan beberapa bulan sebelumnya. “Jika sebelumnya angka yang muncul pada tabulasi data dengan yang tertera di peta itu sama baik yang Positif, PDP, ODP dan meninggal dunia, maka sekarang justeru berbeda. Lebih jelasnya, model rekapitulasi data sekarang dilakukan per hari sehingga terjadi perbedaan antara angka pada tabulasinya dengan yang dalam peta. Tetapi angka secara kesekuruhan tentang pasien positif, PDP, ODP maupun meninggal dunia itu dijelaskan melalui peta secara keseluruhan. Perubahan model rekapitulasi data ini bukan sajaterjadi di NTB, tetapi secara Nasional,” tandas Malik.  

Malik kemudian menjelaskan angka pasien positif Covid-19, PDP, ODP dan meninggal dunia sampai dengan tanggal 30 Juli 2020 di NTB. Total jumlah pasien positiv Covid-19 di NTB sampai dengan hari ini sesuai tertera di dalam petanya yakni sebanyak 2.066, 665 orang positif dalam perawatan, 1.029 orang sembuh, 112 orang meninggal dunia, 445 orang berstatus PDP, dan 320 berstatus ODP. “Sementara rincian data secara keseluruhan per Kota dan Kabupaten di NTB untuk hari ini, tentu saja tertera secara jelas di petanya,” ujar Malik.

Malik menyatakan, terkait dengan peningkatan angka pasien positif Covid-19 pasca Kota Bima dinyatakan zona hijau, Pemkot Bima sedang merancang berbagai langkah yang akan ditempuh. Langkah itu akan diputuskan setelah dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Muspida setempat yang juga di dalamnya ada Tim Gugus Covid-19. “Rakor tersebut akan kembali digelar pasca Idhul Adha 1440 H tahun 2020,” ucap Malik. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.