Inilah Perjalanan Kunker dan Beramal IDP-Dahlan di Lima Desa di Donggo

Foto Bersama Usai penyerahan Bantuan Pribadi di Desa Mpili Kecamatan Donggo (26/8/2020)
Visioner Berita Kabupaten Bima-Rabu (26/8/2020), Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dahlan M. Noer dan jajaranya melaksnakan kegiatan Kunjung Kerja (Kunker) di lima Desa di Kecamatan Donggo. Yakni Mpili, O’o, Doridungga, Kala dan Mbawa. Kunker dengan tujuan menyerap aspirasi serta menindaklanjuti sejumlah program tersebut, IDP-Dahlan di dampingi oleh tiga orang anggota DPRD Kabupaten Bima yakni Muhammad Ramdin, SH (Golkar), Supardi (Gerindra) dan Hj. Suhartini (Golkar).

Tak hanya itu, Kunker yang disertai dengan beramal (dengan anggaran pribadi) dalam bentuk memberikan bantuan pembangunan Masjid dan Musholah tersebut juga didampingi oleh dua orang mantan anggota DPRD Kabupaten Bima, Drs. H. Mustahid H. Kako (Golkar) dan M. Guntur H. Yasin (Golkar). Bukan itu saja, Kunker IDP-Dahlan di lima Desa di Kecamatan Donggo ini, juga membawa serta sejumlah Kepala SKPD/OPD Kabupaten Bima.

Diantaranya, Kadis Perkim Kabupaten Bima, Kepala BPBD, Kadiskominfo, delegasi dari Kadis PUPR, Kadis Dikbud, Kepala Inspektorat, Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Bima dan lainya, termasuk Bagian Humas dan Kesra Setda Kabupaten Bima.

Masioh di Moment Penyerahan Bantuan Pribadi IDP-Dahlan di Desa Mpili (26/8/2020)
Aparat baiuk TNI maupun Polri yang melibatkan Kapolsek Donggo Ipda Sukardi, Daramil Donggo Kapten Inf Ninot, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di lima desa tersebut terlihat melakukan pengamanan dan pengawalan Kungker IDP-Dahlan yang dimulai dari pagi hari hingga malam hari tersebut.

Liputan langsung sejumlah awal media pada momeng Kunker IDP-Dahlan ini, diwarnai oleh sejumlah persoalan yang dinilai sangat menarik. Di Desa Mpili misalnya, IDP-Dahlan menyerahkanb bantuan untuk kelanjutan pembangunan Musholah Sultan sebesar Rp5 juga yang bersumber dari anggaran pribadi. Tak hanya itu, pada moment tersebut IDP-Dahlan menyerahkan bantuan tunai sebesar Rp1 juga untuk pengadaan meteran listrik bagi pengelola TPQ di dusun Kamunti Desa Mpili.

Masih di Desa Mpili, IDP-Dahlan juga menyerahkan dua unit pengeras suara untuk Musholah dan Masjid. Penyerahan pengeras suara ini dilakukan oleh dua orang anggota DPRD, Supardin dan Muhammad Ramdin yang didampingi oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan.

Di moment itu pula, IDP-Dahlan menyerahkan bantuan perlatan kepada dua orang Ibu Rumah Tangga (IRT) di dusun Kamunti Desa Mpili. Sementara kekurangan jaringan internet yang dibutuhkan di masa Covid di mana anak-anak sekolah harus mengikuti kegiatan secara daring di rumahnya masing-masing, pada moment tersebut Bupati Bima mendesak Kadiskomifo Kabupaten Bima untuk segera menyikapinya.

Moment Kegiatan Kungker dan Beramal IDP-Dahlan di Dusun Langgentu Desa O'o Kecamatan Donggo (26/8/2020)
Tuntutan lain bersifat kebutuhan yang dirasakan oleh warga Desa Mpili seperti pelebaran jalan raya, kekurangan air bersih juga dijelaskan akan disikapi oleh Pemkab Bima melalui Dinas Perkim dan Dinas PUPR. Sedangkan bantuan Musholah SDN Mpili, IDP-Dahlan memerintahkan Kasek s etempat agar segera ke Pandopo Bupati Bima untuk pembangunan langkah awalnya. Dan rencana bantuan dalam kaitan itu, juga bersumber dari kocek pribadinya IDP-Dahlan.

Lagi-lagi untuk bantuan kelanjutan pembangunan salah satu Masjid di Desa Mpili, IDP-Dahlan memerintahkan Kades swetempat agar segera membuat proposal guna dijawab dengan bantuan CSR dari Bank NTB Syari’ah tahun 2020 sebesar Rp25 juga. Pun di Desa Mpili, IDP-Dahlan juga menyerahkan bola volly dan dua pasang net untuk kebutuhkan pemuda (berolah raga).

Di Desa Mpili itu pula, IDP-Dahlan juga diharapkan segera membantu para IRT untuk berkreativitas seperti pembuatan sarung tentun. Tuntutan tersebut, langsung ditanggapi oleh IDP. Maksudnya, IDP memerintahkan kepada sejumlah IRT setempat melalui kelompok yang dibentuknya agar segera mengambil fasilitas pendukungnya seperti benang dan lainya di Pandopo Bupati Bima dalam waktu dekat. Hal ini pula, sepertinya akan disikapi dengan bantuan pribadi. Pun demikian halnya dengan peralatan pembuatan Kue untuk sejumlah IRT di Desa Mpili.

Sambutan Warga Desa Doridungga Pada Moment Kegiatan Kunker dan Beramal IDP-Dahlan (26/8/2020)
“Pentingnya Kunker ini adalah untuk mengetahui tentang apa saya yang belum dituntaskan untuk kemudian ditindaklanjuti dan menjawab secara kangsung tentang kebutuhan warga baik melalui APBD maupun lewat bantuan pribadi. Sementara kebutuhan poembangunan terkait rabat gang di lingkunganw arga, sesungguhnya bisa dijawab dengan anggaran Pokok Pikiran (Pokir) dan dana reses dari Dewan pada masing-masing Daerah Pemilihan serta Alokasi Dana Desa,” tegas IDP-Dahlan.

Liputan langsung sejumlah awak media melaporkan, beranjak dari Desa Mpili, IDP-Dahlan beserta rombonganya kemudian melanjutkan perjalan Kunker menuju Dusun Langgentu Desa O’o Kecamatan Donggo. Di dusun Langgentu, IDP-Dahlan selain menyerahka bantuan berupa peralatan masak kepada warga juga memberikan bantuan fasilitas olah raga untuk pemuda dalam bentuk bola volly dan netnya.

Sementara bantuan kelanjutan pembangunan salah satu Masjid di Desa O’o, IDP-Dahlan akan menyikapinya dengan dana CSR dari Bank NTB Syari’ah tahun 2020. Bantuan untuk sarana ibadah tersebut, rencananya akan dikucurkan dalam waktu dekat. Namun yang dibutuhkan saat ini adalah proposal yang diajukan oleh panitia pembangunan Masjid setempat. Sementara permintaan warga setempat untuk pembangunan rabat gang, IDP-Dahlan menyatakan bahwa hal tersebut bisa diatasi dengan ADD yang juga dana Pokir dari DPRD Dapil III Kabupaten.

Sementara kekurangan air bersih baik di Dusun Mpili maupun Langgentu, IDP-Dahlan mendesak Dinas Perkim untuk segera menyikapinya. Namun, juga memerlukan gotong royong dari masing-masing warga. Sedangkan tuntutan warga soal kekurangan lahan pertanian warga dengan harapan agar dibukanya lahan tutupan Pemerintah di wilayah setempat, IDP-Dahlan menyatakan bahwa kewenangan soalhutan sudah beralih ke Provinsiu NTB.

Sambutan Warga Desa Kala di Dusun Manggekompo Pada Moment Kegiatan Kungker dan Beramal IDP-Dahlan (26/8/2020)
Namun demikian, IDP-Dahlan menjelaskan kepada warga bahwa bencana kekeringan dan banjir bandang lebih dipicu oleh gundunya hutan di berbagai wilayah di Kabupaten Bima. “Pemerintah daerah tidak bisa memberikan izin apalagi membuka lahan tutupan negara. Karena gundulnya hutan merupakan pemicu bagi lahirnya bencana kekeringan dan banjir bandang di berbagai wilayah di Kabupaten Bima,” imbuhnya.

Dari Langgetu, IDP-Dahlan kemudian melanjutkan perjalanan Kunker di Desa Doridungga Kecamatan Donggo. Pada moment tersebut, IDP-Dahlan beserta rombongan disambut ramai oleh warga setempat. Pada moment yang berlangsung sekitar dua lamanya di Desa Doridungga, IDP-Dahlan memberikan bantuan berupa perlengkapan olah raga berupa bola volly berikut netnya dan uang tunai Rp5 juta untuk pembangunan portal jalan dan Rp 1 kepada warga untuk keperluan air bersih dan Rp2 juta untuk pembuatan rabat gang berupa 100 zak semen. Bantuan tersebut ada yang dari pribadi IDP-Dahlan dan juga dengan anggaran dari Pemkab Bima.

Usai melaksanakan kegiatyan Kunker yang disertai beramal dengan bantuan pribadi di Desa Doridungga, IDP-Dahlan kemudian melanjutkan perjalanan di Desa Kala Kecamatan Donggo yang dipusatkan di Dusun Manggekompo. Kegiatan tersebut berlangsung pada malam hari, tepatnya ba’da Maghrib. Moment tersebut, terlihat masyarakat tumpah ruah menyambut kehadiran IDP-Dahlan beserta rombonganya.

Di Manggekompo, IDP-Dahlan menyerahkan bantuan berupa peralatan volly ball, net dan sepasang seragam volly kepada kelompok pemuda setempat. Tak hanya itu, IDP-Dahlan juga menyerahkan bantuan pribadi Rp5 juta kelanjutan pembangunan Musholah di dusun Ngande di Desa Kala. Sementara anggaran untuk kelanjutan pembangunan Masjid Aqimudin di Dusun Manggekompo, akan disikapi dengan dana CSR dari Bank NTB Syari’ah Cabang Bima tahun 2020. Namun, bantuan tersebut harus diawali dengan pengajuan proposal oleh Ketua Panitia Masjid setempat.

Penyerahan Bantuan Pribadi Untuk Pembangunan Mushola di Dusun Ngande DesaKala Kecamatan Donggo Pada Momen Kunker dan Beramal IDP-Dahlan (26/8/2020)
Masih di Dusun Manggekompo, IDP-Dahlan juga menyerahkan bantuan pengeras suara berikut amplifiernya untuk Masjid Aqimudin. Bantuan tersebut bersumber dari pribadi IDP-Dahlan. Singkatnya, kehadiran IDP-Dahlan di dusun Manggekompo Desa Kala disambut dengan ramai. Wargapun menyampaikan rasa terimakasih, bangga dan apresiasi yang  luar biasa di wilayah itu.

Bukan itu saja, keramaian sambutan warga tersebut diakui sebagai bentuk dukungan untuk kemenangan IDP-Dahlan pada Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025.  Usai melaksanakan kegiatan Kunker dan beramal di Desa Kala, IDP-Dahlan beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Mbawa Kecamatan Donggo. Di Desa Mbawa, IDP-Dahlan di sambut ramai oleh warga setempat. Yel-yel “Lanjutkan dan Salam Dua periode” dari warga setempat pun terdengar jelas saat menyambut kehadiran IDP-Dahlan.

Di Desa Mbawa, IDP-Dahlan juga menyerap sejumlah aspirasi dari warga setempat. Sementara bantuan yang diberikan di wilayah itu, yakni alat pengeras suara untuk Masjid, bola volly berikut netnya untuk kelompok pemuda, uang pribadi sebesar Rp20 juta untuk kelanjutan pembangunan sarana ibadah, dan dalam waktu dekat akan menyerahkan untuk Rp25 juta untuk kelanjutan embangunan salah satu Masjid di wilayah setempat yang bersumber dari dana CSR Bank NTB Syari’ah Cabang Bima. Namun sebelum bantuan anggaran tersebut dicairkan, IDP-Dahlan berharap agar pengajuan proposalnya dipercepat.

Catatan umum perjalanan Kunker dan beramal IDP-Dahlan di lima Desa di Kecamatan Donggo tersebut, terlihat berlangsung sukses, aman dan sangat kondusif. Lima Kades beserta berbagai Tokoh penting termasuk kalangan pemuda di lima Desa tersebut terlihat mengapresiasi, bangga, berterimakasih dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas kehadiran IDP-Dahlan.

Moment Kegiatan Kungker dan Beramal IDP-Dahlan di Desa Mbawa (26/8/2020)
Masih dalam liputan langsung sejumlah awak media, di moment Kunker yang disertai dengan beramal di lima Desa di kecamatan Donggo ini, sambutan terhadap IDP-Dahlan dinilai luar biasa. Tak ditemukan adanya riak-riak yang mengarah kepada kekacauan. Dari  Kunker yang disertai beramal di lima Desa di Kecamatan Donggo itu pula, warga pun mengaku telah membulatkan tekadnya untuk mendukung sekaligus memenangkan IDP-Dahlan pada Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025.

 Tekad dan ketegasan warga di lima Desa di Kecamatan Donggo tersebut, juga diakui sama dengan tahun 2015 dimana pasangan IDP-Dahlan menang Mutlak di Kecamatan Donggo dan Soromandi. Berpijak pada sejarah politik sebelumnya, Donggo-Soromandi diakui sebagai salah satu basis militansi keluarga Istana Kesultanan Bima. Fakta politik tersebut, dimulai sejak Pilkada langsung yang dimenangkan oleh pasangan H. Ferry Zulkarnaen, ST (Almarhum)-Usman AK pada Pilkada, H. Ferry Zulkarnaen, ST-Drs. H. Syafrudin M. Noer M.Pd dan IDP-Dahlan. Sementara pada Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025, keyakinan bahwa IDP-Dahlan akan kembali menjadi pihak yang diuntungkan khususnya di Kecamatan Donggo dan Soromandi diakui sangat besar.

Selama melaksanakan kegiatan Kunker yang disertai dengan beramal di kecamatan Donggo, IDP-Dahlan tak banyak berkomentar. Kecuali, IDP-Dahlan hanyamengakui kehebatan masyarakat di Kecamatan Donggo. Antara lain mampu mempertahankan nilai-nilai kebersamaan, menyampaikan aspirasi dengan santun dengan tetap mengedepankan nilai-nilai penting bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,

Tokoh-Tokoh Agama Yang Menyambut Kehadiran IDP-Dahlan di Kecamatan Donggo (26/8/2020)
Soal Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025, IDP-Dahlan berharap agar masyarakat Donggo tetap mampu sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya, agama, etika dan nilai-nilai penting yang diwariskan oleh lelhurnya.

“Sejak dulu dan sampai kapanpun, kami masih sangat salut dengan kehebatan dan kebaikan masyarakat Donggo. Soal Pilkada, perbedaan memang harus dihargai. Namun tidak boleh saling sakat-menyikut antara satu dengan yang lainya. Perbedaan adalah wajar dalam dunia demokrasi. Namun, perbedaan pilihan  tidak boleh meretakan hubungan antara satu dengan yang lainya. Selanjutnya, Kamtibmas daerah yang aman dan kondusif selama Pilkada berlangsung juga merupakan tugas serta tanggungjawab kita semua,” harapnya.

IDP-Dahlan kemudian menambahkan, selanjutnyaihaknya akan melaksanakan kegiatan yang sama di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Tujuanya, lebih kepada menyerap aspirasi masyarakat untuk ditindaklanjuti dan menyerahkan bantuan bagi kelanjutan sara ibadah (Masjid dan Musholah) serta bantuan lainya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Insya Allah, kami akan berkunjung ke semua Desa di Kabupaten Bima. Kami percaya bahwa seluruh masyarakat di Kabupaten Bima masih mampu menjaga-melestarikan nilai-nilai penting bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Kekurangan dan kelebihan setiap pemimpin selama memimpin, itu hal biasa. Niat IDP-Dahlan kembali maju di Pilkada ini lebih kepada melanjutkan sejumlah pekerjaan yang belum dapat dituntaskan pada periode 2015-2020. Sementara sukses atau gagalnya IDP-Dahlan membangun daerah pada periode pertama, itu terletak pada penilaian seluruh masyarakat di Kabupaten Bima, bukan berpuang pada penilaian segelintir orang,” tegasnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.