Persiapan Antisipasi Unras Tolak UU Cipker, TNI-Polri Gelar Apel Siaga di Mako Polres Bima Kota

Suasana Apel Siaga Antisipasi Unjuk Rasa UU Cipta Kerja di Mako Polres Bima Kota, Selasa (20/10/2020).

Visioner Berita Kota Bima-Mengantisipasi unjuk rasa aliansi mahasiswa dari berbagai kampus di Kabupaten Bima dan Kota Bima, apparat TNI-Polri menggelar apel siaga di Markas Komando Kepolisian Resor ( Mako Polres) Bima Kota, Selasa (20/10/2020) pagi.

Kegiatan yang dipimpin Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono S.I.K SH diikuti 250 personel, yang mana dalam apel terebut Kapolres menyampaikan mekanisme dan prosedur pengamanan aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang Omnibus Law.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan apel siaga dalam rangka mengantisipasi aksi yang akan dilaksnakan mashasiswa baik dari Kota Bima maupun dari Kabupaten Bima.

“Nanti sasaran aksi berada di dua titik yaitu di DPRD Kota dan DPRD Kabupaten Bima. Dalam pelaksanaan agar dibagi kekuatan pengamanan di tempat -tempat tersebut sehingga bisa meng-cover semua apabila terjadi aksi anarkis,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menekankan agar personel mencegah apabila massa aksi berupaya masuk ke dalam kantor DPRD Kota Bima maupun Kabupaten Bima. Selain itu, juga ditekankan agar mengantisipasi massa aksi susupan dan pelajar SMA. Karena umumnya yang lebih awal memantik keributan adalah kelompok pelajar.

“Apabila massa aksi berusaha masuk ke dalam Kantor DPRD kota maupun DPRD Kabupaten Bima agar segera pukul mundur. Jangan biarkan massa aksi menduduki kantor tersebut dan antisipasi adanya massa aksi susupan dari anak anak pelajar,” kata Kapolres dalam arahannya.

Kapolres juga menekankan agar dalam pengamanan tidak ada tindakan anarkis (represif). Anggota ditekankan agar melaksanakan pengamanan secara humanis, tidak membawa senjata api (Senpi) maupun sangkur.

“Untuk yang berpakian lengkap harus di depan mengamankan jalannya aksi, sedangkan yang berpakaian preman berada di belakang melakukan pengambilan vidio pada massa aksi yang melakukam tindakan anarkis,” ujar Kapolres.

Selain Kapolres Bima Kota, apel juga diikuti Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal, Wakapolres Bima Kota Kompol Syafrudin, Kabag Ops Polres Bima Kota Nusra Nugroho,  Pasi Ops Kodim 1608/Bima Kapten Inf Iwan Suryawinarto, serta seluruh perwira jajaran Polres Bima Kota.

Peserta apel siaga terdiri dari 1 SST Kodim 1608/Bima,  2 SSK Personil gabungan Polres Bima Kota, 1 SST Intelkam Polres Bima Kota,  1 SST Sat Brimob Kota Bima,  1 regu Satlantas Polres Bima Kota.

Sekira pukul 09.00 Wita, apel gabungan berakhir tertib dan dilanjutkan penempatan personel di lokasi pengamanan oleh Kabag Ops Polres Bima Kota. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.