Header Ads

Haryo dan Gunawan Akui Kekentalan Nilai Kekeluargaan Orang Bima Tak Bisa Dilupakan

Mantan Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Gunawan, S.IK, SH dan Istri Tercinta

Visioner Berita Bima-Tertanggalk 17 Agustus 2021, sebuah peristiwa penting digelar di aula rapat utama Kantor Bupati Bima di wilayah Desa Godo Kecamatan Woha-Kabupaten Bima. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 14.00 Wita tersebut, yakni Bupati-Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M.Noer Hj. Indah Dhamayanti, Putri, SE menggelar pisah-sambut Kapolres Bima Kota dari AKBP Haryo Tejo Wocaksono, S.IK, SH dengan Kapolres Bima Kota yang baru, AKBP Henry Novika Chandra, .SIK, MH dan Kapolres BimaKabupaten sebelumnya, AKBP Gunawan, S.IK, SH dengan Kapolres Bima Kabupaten yang baru yakni AKBP Heri Sasongko, S.IK, SH.

Moment pentingtersebut dihadiri oleh Bupati-Wakil Bupati Bima, Walikota Bima dan istrinya, H. Muhammad Lutfi, SE-Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Raba-Bima, HarrisTewa, SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bima yang baru, Andhie Fajar Arianto, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsuri, SH, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Feriyandi, S.IP, Dandim 1608/Bima, Letkol Inf. Mustafa Kamar beserta jajaranya, para Perwira Polres Bima Kota dan Polres Bima Kabupaten, Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, MH, Sekda Kabupaten Bima, Drs. HM. Taufik, H.AK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, sejumlah Wartawan di berbagai Media Massa dan lainya.

Pada moment yang penuh dengan keramah-tamahan dan kekeluargaan tersebut, terlihat banyak hal yang dinilai sangat menarik. Kapolres Bima Kabupaten yang baru, AKBP Heru Sasongko, S.IK, SH misalnya yang tampil penuh kocak hingga para undangan tertawa riang, demikian pula dengan mantan Kapolres Bima Kabuaten, AKBP Gunawan, S.IK, SH dan mantan Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo, S.IK, SH, Serta Kapolres Bima Kota yang baru AKBP Henry Novika Chandra, SIK, MH.

Hal-hl menarik lainya pada moment tersebut yakni pengakuan AKBP HaryoTejo, SIK, SH dan AKBP Gunawan, S.IK, SH bahwa ada hal yang tak bisa dilupakan selama bertugas di Bima. Yakni nilai kekeluargaan dan Agama yang dimiliki oleh masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten diakui masih sangat kental.

“Selama lebih dari setahun menjadi Kapolres Bima Kabupaten, sungguh saya merasakan begitu kentalnya nilai kekeluargaan yang dimiliki oleh masyarakat Bima. Ke mana-mana, saya selalu disambut dengan baik, dijamu dengan makanan yang enak-enak dan kopi Bima sungguh nikmat sekali rasanya,” ungkap Gunawan.

Mantan Kapolres Bima Kabupaten yang dikenal kaya akan beramal ini juga menyatakan, nilai gotong-royong yang dimiliki oleh masyarakat Bima hingga kini juga masih sangat tinggi. Pun demikian halnya dengan partisipasi aktif masyarakat Bima dalam membantu tugas-tugas penting pihak Kepolisian terutama soal Kamtibmas.

Mantan Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK, SH dan Istri Tercinta

“Pada kesempatan ini, saya beserta keluarga menyatakan apresias, terimakasih, bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati-Wakil Bupati Bima, Walikota-Wakil Walikota Bima beserta seluruh masyarakat Bima karena telah menempatkan kami sebagai bagian dari keluarga bearnya selama ini. Rasanya tak ingin pergi dari Bima. Namun karena kepentingan tugas, tentu saja tidak bisa saya dan keluarga abaikan. Sekali lagi, terimakasih atas nilai keluargaan yang sangat tinggi selama saya beserta keluarga menjabat sebagai Kapolres Bima Kabupaten, dan mohon maaf atas segala kekuranganya,” pungkas Gunawan.  

Ungkapan yang sama pada moment tersebut juga dikemukakan oleh mantan Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK, SH. Selama hampir dua tahun menjabat sebagai Kapolres Bima Kota, Haryo mengaku bahwa sambutan masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten selama menjabat sebagai Kapolres Bima Kota tentu saja tidak bisa dilupakan sampai kapanpun.

“Hal tersebut benar-benar tidak bisa dilupakan oleh kami sampai kapanpun. Kerjasama yang baik antara pihaknya dengan masyarakat Kota maupun Kabupaten Bima selama saya menjabat sebagai Kapolres Bia Kota adalah nyata adanya. Hubungan keakraban antara masyarakat Bima dengan kami selama ini juga sangat kental. Pada konteks pengungkapan kasus-kasus besar di wilayah hukum Polres Bima Kota, Polisi tentu saja tidak bekerja sendiri. Tetapi juga lahir karena kekuatan besar bari berbagai elemen masyaraat Bima,” tandasnya.

Suasana Kamtibmas yang sangat kondusif terutama pada moment Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025, juga diakuinya tak lepas dari nyatanya kerjasama yang baik antara pihak Kepolisian baik Kota maupun Kabupaten. Hal itu diakuinya mencerminkan bahwa nilai partisipasi dan gotong-royong masyarakat Bima yang sampai dengan hari ini masih sangat tinggi.

AKBP AKBP Henry Novika Chandra, .SIK, MH dan Istri Tercinta

“Semoga kerjasama yang baik penuh kekeluargaan ini bisa tetap terjaga dan bisa dilestarikan sampai kapanpun. Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten yang telah memposisikan kami selama ini sebagai bagian dari keluarga besarnya. Pada kesempatan ini, saya beserta keluarga memohon maaf kepada seluruh masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten jika menemukan adanya kekurangan kami selama bertugas di Bima,” pungkasnya.

Masih di moment penting tersebut, baik Kapolres Bima Kota yang baru, AKBP AKBP Henry Novika Chandra, SIK, MH maupun Kapolres Bia Kabupaten, AKBP Heru Sasongko, S.IK, SH berharap agar nilai tingginya nilai kekeluargaan dan gotong-royong masyarakat Bima tersebut bisa dipertahankan sampai kapanpun.

Tak hanya itu, keduanya juga berharap agar kerjasama yang baik antara masyarakat Bima dengan pihak Kepolisian baik Kota maupun Kapaten tetap terjaga, dipertahankan dan dilestarikan sampai kapanpun. Buka itu saja, keduanya juga sangat megharpkan agar seluruh masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten bisa memposisikanya sebagai bagian dari keluarga besar.

Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Heru Sasongko, S.IK, SH dan Istri Tercinta

Lagi-lagi, keduanya menegaskan bahwa Kamtibmas yang kondusif di Bima baik Kota maupun Kabupaten  tidak bisa dilahirkan oleh hanya pihak Kepolisian tetapi juga sangat membutuhkan partisipasi seluruh elemen masyarakat di Bima. Lebih jelasnya, hal itu membutuhkan kerjasama yang kongkriet antara Kepolisian dengan seluruh elemen masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengakui bahwa AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK, SH dan AKBP Gunawan, S.IK, SH telah membuktikan dedikasi dan pengabdian terbaiknya selama mejabat sebagai Kapolres Bima Kota dan Kapolres Bima Kabupaten. Salah satumnya, dapat dibuktikan melalui Kamtibmas Bima yang sejak awal sampai dengan hari ini masih terlihat sangat aman dan kondusif.

Olehnya demikian, Politisi Partai Golkar yang juga Bupati Wanita pertama di belaha Indonesia Timur ini menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada kedua mantan Kapolres tersebut.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima beserta seluruh masyarakat, kami menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada Bapak Haryo Tejo Wicaksono beserta keluarganya, S.IK. SH dan AKBP Gunawa, S.IK, SH beserta keluarganya. Dan kepada keduanya, kami juga mendoakan agar keduanya selama menempati jabatan baru, panjang umur, sukses dan sehat selalu,” harap Bupati Bima.

Bupati Bima ini juga menandaskan, tak sedikit mantan Kapolres Bima Kota maupun Kabupaten yang telah berhasil dan kemudian diposisikan pada jabatan-jabatan strategis ketika berpindah ke daerah lain di Indonesia. “Alhamdulillah, pun demikian halnya dengan Pak Haryo dan Pak Gunawan ini, Insya Allah,” harapnya.

Liputan langsung sejumlah Awak Media pada moment tersebut melaporkan, pada akhir acara dilaksanakan pemberian cendera mata kepada AKBP Haryo Tejo, S.IK, SH dan istrinya serta AKBP Gunawan, S.IK, SH dan istrinya. Cendera mata tersebut diberikan oleh Walikota Bima dan istrinya, Bupati-Wakil Bupati Bima, Ketua DPRD Kota dan Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muspida Kota dan Kabupaten Bima, dan lainya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.