Header Ads

Tiga Pilar Terus Bergerak Masiv, Target Vaksinasi Merdeka Polsek Rasanae Barat Lebihi Target

Warga Tunjukan Kartu Usai Mengikuti Kegiatan Vaksinasi Merdeka di Wilayah Polsek Rasanae Barat-Polres Bima Kota (20/9/2021)

Visioner Berita Kota Bima-Berbagai cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dibawah kendali Walikota, H. Muhammad Lutfi, SE, Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH dan Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal (tiga pilar) guna mencapai target vaksinasi Merdeka untuk tujuan agar masyarakat terhindar dari serangan Covid-19.

Antara lain, tiga pilar melaksanakan kegiatan vaksin Merdeke masuk sekolah mulai dari SMP, SMA Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Ponpes, di Masjid-Masjid dan lainya. Tak hanya itu, kerjasama yang baik dan masiv yang dilakukan oleh tiga pilar ini untuk mewujudkan pemenuhan target vaksinasi Merdeka juga dilaksanakan dalam bentuk membuka Geray vaksin di Mapores Bima Kota (warga urus SIM dapat vaksin). Dan diinformasilkan akan banyak strategi lain yang dilakukan oleh tiga pilar untuk melakukan vaksin Merdeka untuk tujuan menyelamatkan masyarakat dari serangan Covid-19.

Namun seperti apa model strategi tesebut, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menegaskan enggan membongkarnya karena alasan strategis pula.

“Tujuan kita adalah masyaralat terhindar dari serangan Covid-19. Maka mewujudkan kegiatan vaksinasi Merdeka adalah pilihan yang sangat tepat. Tak ada mpak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan vaksinasi Merdekadi Kota Bima, kecuali masyarakat menyatakan bahwa vaksin Merdeka sangat membantu. Kita akan terus bergerak, dan masyarakat Kota Bima adalah masyarakat yang sadar dan cerdas,” ungkap Lutfi kepada Media ini dua hari lalu.

Pantauan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, kegiatan vaksinasi Merdeka yang dilakukan oleh tiga pilar di Kota Bima masih teus berlangsung sampai dengan saat ini. Kegiatan vaksinasi Merdeka ini, salah satunya berhasil dilaksanakan atas kerja keras pihak Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bekerjasama dengan Camat, Lurah, RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Mayarakat, Tokoh Pemuda, dan pihak Puskesmas di seluruh wilayah di Kota Bima.

Masih soal kegiatan vaksinasi Merdeka, Kapolres Bima Kota memberi target kepada masing-masing Polsek di wilayah hukum Polres Bima Kota. Salah satu Polsek yang berhasil melebih capaian target dalam kaitan itu adalah Polek Rasanae Barat dibawah kendali Kapolsek, AKP Suhatta.

Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, upaya yang dilakukan oleh pihak Polsek Rasanae Barat guna mencapai target vaksinasi Merdeka ini antara lain mengundang berbagai lapisan masyarakat untuk datang vaksinasi di Mapolsek Rasanae Barat, dan turun ke jalan raya mengajak para pengendara untuk divaksin di Mapolsek setempat pula.

Dan strategi yang terbilang cukup taktis ini diakui membuahkan hasil yang dinilai sangat baik pula. Dalam kaitan itu, Polsek Rasanae Barat Kota Bima tidak bekerja sendiri. Tetapi melibatkan tiga pilar, yakni Pemkot Bima melalui Puskesmas Paruga, Kodim 1608/Bima melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima.

Kapolsek Rasanae Barat-Polres Bima Kota, AKP Suhatta yang dimintai komentarnya menjelaskan bahwa upaya vaksin Merdeka dalam rangka memenuhi target yang diberikan oleh Pimpinanya bkans aja dilaksanakan di Mapolsek setempat. Tetapi juga dilakukan di masing-maing Kelyurahan di wilayah Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima.

“Kegiatan vaksin Merdeka yang dilaksanakan pada masing-masing Kelurahan yang sudah dilakukan itu ternyata membuahkan hasil yag sangat baik. Pencapaian vaksinasi merdeka sebagaimana laporan secara resmi oleh Polres Bima Kota Hari Sabtu tanggal 20 september 2021 melalui Tim Satgas Covid-19 melaporkan hasil capaian vaksinasi per Kelurahan dan ditambah dengan capaian dari masing-masing Polsek tanggal 20 september 2021 khusus di wilayah hukum Polres Bima Kota- Polsek Rasanae Barat capaian pada Kelurahan Tanjung divaksin sebanyak 336 org,” terang Suhatta kepada Media ini.

Di Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda, target vaksinasi Merdeka sebanyak sebanyak 102. Di Kelurahan Panggi Kecamatan Mpundayang berhasil divaksin sebanyak 115 orang. Sedangkan jumlah keseluruhanya yang sudah divaksin 553 orang. Jumlah ini tentu saja sudah melebih yang ditargetkan oleh Kapolres Bima Kota, AKB Henry Novika Chandra kepada kami di Polsek Rasanae Barat,” papar Suhatta.

Suhatta kemudian menjelaskan, antusiasme masyarakat di wilayah Kecamatan Rasane Barat Kota Bima dalam megikuti vaksinasi Merdeka ini sangat tinggi. Hal tersebut mencerminkan bahwa masyarakat Kota Bima khususnya di Kecamatan Rasanae Barat sangat sadar akan kesehatanya di tengah pandemi Covid-19, dan cerdas dalam menangkap kegiatan vaksin Merdeka yang dilaksanakan oleh tiga pilar dimaksud.

“Dengan diadakanya vaksinasi Merdeka di tiap-tiap Kelurahan, tentu saja sangat efektif dan mempermudah mobilitas masyarakat. Kegiatan vaksinasi Merdeka pada maisng-masing Keurahan tersebut masih akan terus berlanjut,” tutur Suhatta.

Kata Suhatta, hal ini akan bisa mencapai batas maksimal capaian vaksinasi sebagaimanai target dicapai untuk hari Sabtu tanggal 20 September 2021 sebanyak 1794 orang, dosis 101.07 % . Dari target capaian ini digabung dengan capaian vaksinasi pada masing-masing Polsek beerta jajaranya.

“Capaian sesuai target pada umumnya, Polres Bima Kota yang sudah memenuhi target diatas 100 persen, adalah Polsek Rasanae Barat yang yangsudah berhasil melebihi target. Maksdunya, dari target 300 orang namun yang berhasil divaksin adalah sebanyak 553 orang (134 persen). Selain itu, Polsek Asakota dengan target  150 orang yang divaksin namun capaianya 164 orang yang divaksin (109 persen),” beber Suhatta.

Polsek Lambu-Polres Bima Kota, ditargetkan 100 orang yang divaksin namun berhasil mendongkrak angka 192 orang (192 persen). Dan Polsek Wawo-Polres Bima Kota yang ditargetkan 100 orag divaksin namun berhasil menambah angka sebanyak (189 persen), dan penambahan 3 Polsek lainnya termasuk Klinik Polres Bima Kota.

“Dengan kepemimpinan Kapolres Bima Kota,  AKBP Henry Novika Chandra S.I.K, MH ini, tentu saja selalu memberikan startegis dan memacu dengan motivasi yang sangat positif untuk dapat melakukan koordinasi dengan ketiga pilar  didalam pelaksanaan vaksinasi Merdeka ini,” urai Suhatta.

Oleh sebab itu, diakuinya pula bahwa motivasi dan strategi mumpuni yang diberikan oleh Kapolres Bima Kota tersebut pihaknya bisa mencapai lebih dari target. Kendati demikian, pihak Polsek Rasanar Barat-Polres Bima Kota akan tetap melakukan kegiatan vaksinasi Merdeka agar masyarakat secara keseluruhan bisa divaksin.

“Sebab, dengan divaksin masyarakat bisa mendapat kekebalan tubuh dan bisa terhindar dari serangan Covid-19 khususnya di Kota Bima ini. Terkait hal itu, kami di tiga pilar selalu memberikan edukasi kepada masyarakat agar ikut serta dalam kegiatan positif ini, dan sadar untuk akan pentingnya menaati Protokol Kesehatan (Prokes),” imbuhnya.

Suhatta menambahkan, PPKM d Kota Bima kini sudah berada pada level II. Untuk itu, pihaknya aka terus melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi untuk tetap taat pada ketentuan 5M yang salah satunya selalu menggunakan masker, tunduk dan taat pad Prokes yang telah dianjurkan secara resmi oloeh Pemerintah dan secara sadar untuk ikut serta pada kegiatan vaksinasi Merdeka.

“Jika semua itu bisa dilakukan secara sadar dengan sesadar-sadarnya, maka pada saatnya nanti kita akan berada pada zona aman dari Covid-19,” pungkas Suhatta. (GILANG/FAHRIZ/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.