Header Ads

Gebyar Vaksin Massal Berhadiah Oleh Tiga Pilar di Kota Bima Dinilai Spektakuler

Kegiatan Gebyar Vaksinasi Massal Berhadiah Oleh Tiga Pilar di Kota Bima (18/12/2021)

Visioner Berita Kota Bima-Gebyar vaksin massal berhadiah oleh Tiga Pilar di Kota Bima (Pemkot Bima, Polres Bima Kota dan Kodim 1608/Bima) pada Sabtu (18/12/2021) dinilai sangat spektakuler. Hampir seribu warga di seluruh Kelurahan di Kota Bima berbondong-bondong datang ke arena pelaksanaan vaksin massal dosis 1 dan dosis 2.

Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com pada pelaksanaan vaksin massal yang dimulai sejak pukul 7.30 Wita hingga jelas Maghrib tersebut melaporkan, para Tenaga Kesehatan (Nakes dari seluruh Puskesmas di Kota Bima terlihat sangat sibuk melayani masyarakat yang divaksin.

Klasifikasi warga Kota yang mengikuti kegiatan vaksinasi massal tersebut mulai dari remaja, dewasa hingga Lanjut Usia (Lansia). Masih dalam liputan langsug Media ini, pada moment tersebut para petugas harus dihadapkan dengan kendala yang lumayan serius. Yakni curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat berkangsung sekitar dua jam lamanya sehingga tak sedikit warga yang memilih untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Kendati demikian, kegiatan vaksinasi massal ini masih dilanjutkan hingga pukul 21.00 Wita. Dan masih banyak hadiah-hadiah hiburan yang dipersiapkan oleh pihak Tiga Pilar sebagai pelaksana kegiatan. Hadir pada moment gebyar vaksinasi massal ini Walikota Bima melalui Sekda setempat, Drs. H. Muhtar Landa, MH, pejabat Poda NTB, Kombes Pol Beny Basyir, Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH, Wakapolres Bima Kota, Kompol Mujahidin, S.Sos, Dandim 1608/Bima melalui Kasdim setempar yakni Mayor Inf Yudha Bhakti Irawan, sejumlah Kasat yang ada di Polres Bima Kota, Kabag Ops Polres Bima Kota, Kompol Nusra Nugraha, para Bhabinkamtibmas, para Babinsa, sejumlah Kapolsek di wilayah hukum Polres Bima Kota termasuk Kapolse Rasanae Barat, AKP Suhatta, pihak Dinas Kesehatan Kota Bima, Lurah dan Camat se Kota Bima, para relawan dan lainya.  

Kapolres Bima Kota, AKBP Novika Chandra, S.IK, MH yang dimintai komentarnya membenarkan bahwa kegiatan gebyar vaksinasi massal berhadiah merupakan yang pertama kali terjadi di Bima. Dan diakuinya  pula bahwa kegiatan kali ini yang paling ramai dihadiri oleh masyarakat.

“Ya. Ini moment paling ramai selama kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Tiha Pilar di Kota Bima. Tantangan yang kita hadapi hari ini adalah hujan yang melanda Kota Bima lebih dari 1 jam lamanya. Banyak warga yang pulang karena hujan deras, namu ada pula yang bertahan untuk divaksin. Keramaian yang terjadi tersebut mencerminkan semakin tingginya kesadaran warfga Kota Bima untuk divaksin, Alhamdulillah,” tandasnya menjawab Media ini.

Tiga Pilar di Kota Bima di Sela-Sela Kegiatan Gebyar Vaksinasi Massal (18/12/2021)

Total jumlah warga yang divaksin mulai dari pukul 7.30 Wita hingga setelah Sholat Maghrib diakuinya 1200 lebih orang. Jumlah itu diakuinya sampai dengan sebelum Ibadah Sholat Maghrib. Kendati demikian, kegiatan vaksinasi masih dilaksanakan sampai dengan pukul 21.00 Wita.

“Kita berharap dengan penambahan waktu ini, jumlah warga Kota Bima yang divaksin akan semakin bertambah. Dan masih banyak hadiah-hadiah hiburan yang tersisa. Hadiah utama pada kegiatan gebyar vaksin ini adalah sepeda, Kulkas dan mesin cuci. Tak hanya itu, tak sedikit hadiah hiburan baik yang sudah diundi maupun yang sebaliknya (perolehan hadiah melalui undian). Hadiah hiburan ini diantaranya kipas angin, dispenser dan Sembako sebanyak 400 paket,” terangnya.

Sementara jumlah warga yang yang divaksi melalui kegiatan ini, diakuinya sebanyak 2.212 orang. Sementara dengan penambahan waktu hingga pukul 21.00 Wita ini, diharapkanya jumlahw arga yang divaksin bisa mencapai 3000 lebih.

“Kegiatan vaksinasi massal hari ini untuk dosis 1 dan dosis 2. Jumlah dosis 1 yang tekah digunakan untuk vaksin kini sudah mencapai 72 persen. Sementara dosis 2 bartu mencapai sekitar 43 persen. Dan untuk dosis 3 baru sekitar 1 perse (baru pihak Nakes di Kota Bima yang sudah divaksin dosis 3). Untuk vaksin dosis 1 Insya Allah akan digenjot sampai dengan angka 80 persen. Untuk dosis 2 Insya Allah akan digenjot sampai dengan angka 50 pesen,” ungkapnya.

Tantangan yang dihadapi pihaknya dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi masal selain cuaca yang tidak mendukung, juga karena banyaknya warga yang kini lebih fokus pada aktivitas perladangan. “Kegiatan vaksinasi dilaksanakan berbarengan dengan musim hujan dan banyaknya warga Kota Bia yang sampai saat ini beraktivitas di ladang,” ujar Henry.

Pelaksanaan vaksin untuk dosis 3 ini dijelaskanya akan dilaksanakan pada tahun 2022. Sasaranya hanya pelajar Sekolah Dasar (SD) dengan klasifikasi umur mulai dari 6 tahun sampai dengan 12 tahun.

Kegiatan vaksi oleh Tiga Pilart di Kota Bima tahun 2021 direncanakan akan berakhir sekitar tanggal 24 Desember 2021 (sebelum Hari Natal dan Tahun baru 2022). Januri hingga April 2022, dijelaskanya bahwa kegiatan vaksinasi akan kembali dilaksanakan.

“Salah satu tujuan penting dari kegiatan vaksin adalah untuk meningkatkan daya imun (hard immunity) bagi masyarakat. Selain itu juga berorientasi kepada meminimalisir serangan Covid-19 kepada masyarakat. Untuk itu, sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat Kota Bima untuk terus mengikuti kegiatan vaksinasi. Hal itu demi kebaikan kita bersama, sebab sesungguhnya menjaga adalah lebih baik dari pada mengobati,” imbuhnya.

Warga Menunggu Sebelum Divaksin (18/12/2021)
Secara terpisa, sejumlah Nakes dari sekuruh Puskesmas yang ada di Kota Bima juga membenarkan bahwa kegiatan vaksinasi massa yang didukung oleh undian berhadiah hari ini adalah yang paling ramai selama pelaksanaan vaksin di Kota Bima.

“Selama kegiatan vaksin dilaksanakan di Kota Bima, Ya, ini yang paling ramai dihadiri oleh masyarakat. Yang ikut divaksin hari ini mulai dari pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, Remaja, Dewasa dan Lansia,” ungkap Nakes asal Puskesmas Kolo, Widartin yang didampingi oleh seorang Nakes asal Puskesmas Kumbe yakni Noviani menjawab Media ini, Sabtu petang (17/12/2021).

Keduanya juga membenarkan bahwa hambatan yang dihadapinya pada kegiatan vaksinasi massal kali ini adalah soal curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang berlangsung lebih dari 1 jam lamanya. Hujan deras lebih dari jam lamanya yang dihadapi oleh pihaknya tersebut berakibatkan kepada banyaknya warga Kota Bima memilih pulang ke rumahnya masing-masing.

“Andai saja tidak terjadi hujan lebat hari ini makatentu saja total jumlah warga yang divaksin sejak puluk 7.30 Wita hingga jelang Maghrib bisa lebih dari 1.200 orang. Tetapi kegiatan vansin masih akan dilanjutkan hingga pukul 21.00 Wita sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama. Namun yang jelas, antusiassme masyarakat Kota Bima dalam mengikuti kegiatan vaksin semakin tiggi.,” tandas keduanya.

Guna mencapai target secara keseluruhan terkait vaksin di Kota Bima, keduanya mendorong para Lurah dan Camat se Kota Bima untuk terus bersosialisasi dan mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegatan vaksin. Tujuanya lebih kepada meminimalisir masyarakat Kota Bima dari serangan Covid-19.

“Sekali lagi, Peran Pemkot Bima hingga tingkat Kelurahan di Kota Bima sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu. Khusus untuk kami di Nakes ini tentu saja sejak awal hingga saat ini dan sampai kapanpun siap melayani masyarakat untuk divaksin,” pungkas keduanya.

Catatan penting Media ini mengungkap, strategi yang digunakan oleh Tiga Pilar pada pelaksanaan gebyar vaksinasi massal berhadiah hari ini yakni dengan cara mendorong para Lurah, Babhinkamtibmas, Bhabinsa, dan para Camat. Para pihak. Dijelaskan pula, para pihak tersebut diwajibkan untuk mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan dimaksud.

Dan strategi yang digunakan oleh Tiga Pilar tersebut, diakui sukses memposisikan kegiatan vaksiunasi massal hari ini merupakan yang paling ramai selama pelaksanaan vaksin di Kota Bima. (RIZAL/GILANG/FAHRIZ/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.