Header Ads

Kota Bima Di Anugerahi Sebagai Kota Terbaik Dalam Pembangunan Daerah Tahun 2021 Tingkat Provinsi NTB

Momen Foto Bersama.

Visioner Berita Kota Bima-Kamis 31 Desember 2022, tidak hanya mendapatkan penghargaan Digital Innovation Awards (DIA), Kota Bima juga mendapatkan anugerah sebagai Kota Terbaik dalam Pembangunan Daerah Tahun 2021 di Tingkat Provinsi NTB. Anugerah dan penghargaan ini diberikan oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTB Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Penghargaan ini diberikan karena pencapaian Kota Bima yang dinilai unggul sebagai daerah yang memiliki perencanaan daerah yang baik. Penilaian ini didapat dari empat indikator yakni indikator pertama Capaian kinerja pembangunan ekonomi makro berupa pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, angka pengangguran, gini koefisien, IPM, usia harapan hidup dan indeks pelayanan publik. 

Indikator kedua, Kota Bima dinilai tepat waktu dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Indikator ketiga yakni kedalaman dan substansi dari RKPD berupa (1) keterkaitan program prioritas nasional, provinsi dan daerah; (2) keterkaitan program kegiatan dalam rangka mencapai indikator kinerja utama dan kinerja daerah; (3) kesesuaian antara program dan kegiatan dengan tema RKPD yang diusung.

Dan indikator keempat, Inovasi daerah yang mana Kota Bima masuk pada rangking 50 besar nasional dan pada tahun 2021 lalu Kota Bima mendapatkan penghargaan sebagai Kota terinovatif.   

Tema besar yang diangkat dalam Munrenbang kali ini adalah “ Peningkatan Produktivitas Industri dan Diversifikasi Ekonomi yang Inklusif untuk Mewujudkan Kegemilangan NTB yang Berkerlanjutan”.

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati/Walikota se NTB, sejumlah pejabat Kementerian/Lembaga, anggota DPD RI Dapil NTB, pimpinan OPD dan para pihak lainnya. Kegiatan Musrenbang ini menggunakan pola hybrid, karena dilaksanakan secara offline dan online. Sejumlah menteri dan perwakilan menteri menyampaikan sambutan melalui virtual.

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah berharap forum Musrenbang ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendengar dan menghimpun berbagai usulan maupun masukan, sehingga dihasilkan berbagai program/kegiatan yang tepat dan efektif, mengatasi persoalan yang kita hadapi. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.