Header Ads

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Tahfidz Qur'an Sepulau Sumbawa NTB, Audisinya Secara Online dan Offline

Lomba Tahfidz Qur'an Sepulau Sumbawa NTB

Visioner Berita Bima NTB-Lomba Tahfidz Qur'an (LTQ) Sepulau Sumbawa NTB, tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Amazing Sedekah Fondation (ASF) diikuti oleh ratusan peserta yang mendaftar. Acara besar itu dibagi dalam beberapa tahapan yakni tahap Audisi Online yang diselenggarakan pada 29 Maret sampai 06 April 2022. 

Tahap selanjutnya adalah Semi Final yang diselenggarakan pada 12 sampai 13 April 2022. Selanjutnya tahap terakhir yakni Grand Final yang rencananya diselenggarakan pada 16 April 2022.

Informasi yang dihimpun, lomba ini diadakan secara online melalui sosial media juga secara ofline dengan menyebarkan pamflet dan sepanduk acara di berbagai tempat strategis. Seperti di masjid-masjid, mushollah, sekolah-sekolah umum dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bima dan Dompu. 

Terbukti dari antusiasnya peserta yang mendaftar, pendaftaran yang dibuka pada tanggal 14-29 maret telah menjaring peserta Tahfidz kurang lebih 333 peserta yang mendaftar. Yang terdiri dari jenjang SD/MI 234 orang, jenjang SMP/MTs: 47 orang dan jenjang SMA/MA/SMK: 33 orang.

"Peserta yang mendaftar ini dari berbagai daerah yang ada di kepulauan Sumbawa. Ada yang dari Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima dan Sumbawa. Peserta yang mendaftar didominasi oleh peserta dari Dompu dan Bima untuk semua jenjang.

Selanjutnya tahap Audisi Online diselenggarakan tepat satu hari setelah penutupan pendaftaran. Yakni, 29 Maret hingga 06 April 2022. Para PJ kepesertaan mengumumkan nama-nama surah dengan beberapa ayat hafalan sebagai bahan audisi Online dan juga berkaitan dengan teknis pengiriman video hafalan peserta. Video hafalan dikirim via telegram ke penanggung jawab peserta masing-masing jenjang, untuk diteruskan ke koordinator tim juri online. 

Para wali dan pendamping peserta audisi online mulai mengirim video hafalan peserta via telegram dari 29 Maret hingga 06 April 2022. Para PJ kepesertaan mengingatkan para wali dan pendamping peserta yang belum mengirim video audisi pesertanya untuk segera dikirim. 

Hingga akhir Audisi Online ada beberapa peserta yang tidak mengirim video audisi dengan berbagai alasan. Diantaranya, peserta yang telah mendaftar sedang ada program olimpiade, bersamaan pula dengan program sekolahnya. Ada juga karena peserta yang mendaftar ternyata belum tuntas menghafal kriteria surah yang diaudisikan. 

Di sisi lain, karena pendamping peserta yang merasa kesulitan dalam pengambilan video pesertanya karena keterbatasan waktu dan tenaga mengingat ada beberapa peserta yang diwakilkan oleh lembaganya untuk tiap jenjang. Di akhir periode audisi online, terjadi pemadaman listrik serentak di kepulauan Sumbawa. Sehingga menjadi salah satu kendala bagi wali dan pendamping peserta. 

Peserta yang tidak mengirim video maka dianggap tereliminasi. Sehingga, dari 304 orang peserta yang mendaftar hanya 125 jenjang SD, 26 orang SMP sedangkan jenjang  SMA/MA/SMK sejumlah 22 orang. Total peserta yang mengirim video audisi sebanyak 173 orang.

Video yang masuk, selama periode audisi online langsung dikirim oleh masing-masing PJ kepesertaan ke koordinator tim juri Audisi Online yakni ustadz Sholeh Abdurrahman. Proses penilaian oleh tim juri dibatasi sampai 09 April 2022. Juri menyerahkan nilai peserta tiap jenjang ke masing-masing PJ kepesertaan. Untuk tiap jenjang, peserta diseleksi menjadi 10 besar yang akan melanjutkan ke babak Semi Final. Sehingga totalnya 30 orang dari semua jenjang yang akan dilanjutkan ke babak berikutnya. 

Tepat 10 April 2022, pengumuman pemenang Audisi Online yang akan lanjut ke babak Semi Final. Para PJ kepesertaan menginformasikan nama-nama peserta yang lulus Audisi Online via grup wali peserta pada 10 April Pkl. 10.49 WITA. Selanjutnya, salah 6satu PJ kepesertaan membuat grup untuk semua peserta yang masuk 10 besar dari semua jenjang untuk memudahkan informasi dan koordinasi terkait pelaksanaan Semi Final.

Alhamdulillah, bertepatan pada Selasa, 12 April 2022 pukul 08.45 WITA, Amazing Sedekah menyelenggarakan kegiatan Semi Final Lomba Tahfidz Qur'an untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTS. 

Acara pembukaan Semi Final ini, dihadiri oleh Camat Donggo, KUA kecamatan Donggo, Kepala Desa setempat, serta tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat. Selanjutnya acara dibuka oleh MC yakni ustadz Suhufi Ramadhan, S. T. Selanjutnya penyampaian pengantar oleh Nety Kusmiati, S.E selaku ketua panitia. Ketua panitia menyampaikan bahwa ini adalah lomba LTQ terbesar pertama di Kecamatan Donggo. 

Dalam hal ini beliau berharap ini menjadi langkah awal bagi Donggo untuk menuju pada perubahan yang lebih baik bersama Al-qur'an. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa tokoh dan pejabat pemerintahan setempat. Sambutan pertama, oleh ustadz Sholeh Abdurrahman, S. Pd selaku koordinator Amazing Sedekah Foundation NTB. Beliau menyampaikan bahwa ASF dibentuk pada tahun 2020 dengan program menebar Al-Qur'an di berbagai wilayah serta memotivasi anak-anak. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.