Header Ads

Bupati Bima Buka Event Teka Tambora, Memperkenalkan Keindahan Alam Tambora Pada Dunia

Momen Pelepasan Peserta Event Teka Tambora di Halaman Kantor Bupati Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, membuka secara resmi Event Nasional Teka Tambora tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Bima, yang berlokasi di Dusun Godo, desa Dadibou, Kecamatan Woha, Jum'at (27/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Bima melepas 500 orang peserta rally wisata Tambora di halaman Kantor Bupati Bima untuk menuju lokasi kawasan Oi Tampuro Desa Piong Kecamatan Sanggar.

Pembukaan dan pelepasan peserta Teka Tambora itu dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi ST. M. UM, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Kabupaten Bima M. Putra Feriyandi ST, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhammad Jia Ulhak S. Sos.l, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko SIK, Seluruh OPD Kabupaten Bima, Para Camat dan Peserta Pendaki Tambora.

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE dalam sambutannya menyampaikan, Event Teka Tambora kembali dibuka menjadi pariwisata setelah dua tahun berhenti, Tambora bisa merubah iklim sampai ke benua Eropa mengingatkan pada setiap generasi yang hadir di NTB untuk mengenal lebih dekat tentang keindahan alam tambora.

“Untuk mengetahui kemegahan Gunung Tambora tidak hanya melalui literasi, dalam rangka memperingati 207 tahun hari ini, kita akan kembali menggaungkan seperti sebelumnya sudah memperkenalkan kepada masyarakat tentang jalur pendakian yang berada di wilayah Tambora,” terangnya.

Lanjut Umi Dinda, melalui Taman Nasional, yang sebelumnya Tambora hanya memiliki satu jalur pendakian yaitu yang berada di desa Pancasila yang ada di Kabupaten Dompu, hari ini kita kembali melakukan kegiatan memperkenalkan jalur di desa Piong Kecamatan Sanggar yang merupakan bagian dari sejarah meletusnya Gunung Tambora.

“Jalur yang berada di desa Piong ini memiliki rute yang paling dekat menuju puncak, bisa dilalui melalui offroad yaitu mobil maupun motor,” katanya.

Bupati Bima Lepas Peserta Event Teka Tambora.

Kata dia, kedahsyatan Tambora diperingati setiap tahunnya bukan untuk membanggakan beberapa wilayah dan beberapa jalur pendakian, akan tetapi masyarakat yang berada di lingkaran Gunung Tambora wajib untuk memperkenalkan dan membanggakan diri.

“Kita harus lebih tahu apa yang bisa kita tawarkan sehingga orang tidak hanya membaca Tambora, masyarakat harus bisa hadir dan melihat secara langsung keindahan yang berada di puncak Gunung Tambora,” harapnya.

Bupati meminta kepada keluarga besar yang berada di Kecamatan Sanggar dan Tambora, untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik, berikan kesan hangat dan ramah bagi siapapun yang hadir untuk melihat kemegahan dan keindahan Tambora.

Bupati juga menegaskan, menjadi kewajiban kita bersama untuk turut ikut mensukseskan kegiatan tersebut, tahun ini, banyak Pemerintah dan wisatawan diluar Bima, hadir secara khusus untuk memastikan serta mensukseskan kegiatan Teka Tambora.

Dengan melaksanakan kegiatan event Teka Tambora melalui jalur desa Piong Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima tahun 2022 ini, tentunya semoga berbagai kegiatan terutama sekali para pendaki yang mencapai puncak dapat memposting dengan sebanyak mungkin melalui media sosial untuk ikut membantu mempromosikan keindahan Tambora di mata dunia.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga kita akan mampu memperkenalkan Tambora di mata dunia dan selalu menjadikan kebanggaan dalam diri kita sebagai bagian yang terdekat dari Gunung Tambora,” tandasnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.