Header Ads

STKIP Tamsis Bima Konsisten Perkuat Budaya Literasi

Potret Budaya Literasi STKIP Tamsis Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Hingga kini Pepustakaan Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) Bima masih konsisten menguatkan budaya literasi dalam lingkungan kampus.

Kepala Perpustakaan, M Safii MPd melalui Staf Perpustakaan STKIP Tamsis Bima, Mila Septian Haryati, M.Ed, menjelaskan, sejumlah program yang dilaksanakan UPT Perpustakaan setempat untuk meningkatkan budaya literasi di antaranya pojok podcast literasi yang rutin digelar setiap pekan. Selain itu, program lainnya meningkatkan koleksi bahan bacaan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pustakawan.

“Untuk pojok podcast literasi membahas seputar literasi dan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain,” terang Mila dikutip pada laman STKIP Tamsis Bima, Kamis (27/10/2022).

Mila menjelaskan, upaya lainnya, melaksanakan pemilihan duta baca kampus yang dimulai pada tahun 2022. Tujuannya untuk meningkatkan minat mahasiswa mengembangkan minat membaca maupun segala kegiatan yang berkaitan dengan budaya literasi.

“STKIP Tamsis juga memiliki program dalam bentuk penyediaan bahan koleksi pustaka.  Selain mengadakan kerja sama, ada pengembangan koleksi bahan pustaka. Jadi, kerja sama dengan Perpusnas, related (berkaitan) dengan proker (program kerja) lain,” ujar alumnus Program Magister Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia ini.

Pada tahun 2022, STKIP Tamsis Bima juga mendapatkan hibah dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia dalam bentuk tiga unit komputer dan aplikasi pendukung  serta 1.000 koleksi bahan bahacaan fiksi dan nonfiksi.

“Adanya sumbangan atau hibah dalam bentuk computer untuk mengimplementasikan teknologi di perpustakan dan bantuan 1,000 buku sangat membantu STKIP Tamsis,” ujar Mila.

Mila juga menjelaskan, tidak hanya bantuan fisik dalam bentuk hibah barang, Perpusnas Republik Indonesia juga membantu meningkatkan kualifikasi SDM khusus Perpustakaan STKIP Tamsis Bima melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) tenaga perpustakaan di Mataram yang diikuti kepala dan staf perpustakaan setempat.

Diklat tersebut dalam rangka menyiapkan tenaga pustakawan yang akan mendukung akses bahan bacaan konvensional maupun bahan bacaan digital yang disediakan melalui aplikasi bantuan dari Perpusnas Republik Indonesia.

“Alhamdulillah Perpustakaan Tamsis Beradab terpilih untuk mengikuti Diklat di Mataram, yang menjadi perwakilan kepala Perpustakaan (STKIP) Tamsis dan perpustaan di kota, ada dua orang. Kemudian pelatihan tersebut berlanjut pada tahap berdua, alhamdulilah kepala dan staf juga ikut,” ujar Mila.

Selain dengan Perpusnas Republik Indonesia, Perpustakaan STKIP Tamsis Bima juga bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bima.

“Ada kerja sama dengan Perpusda, Perpustakaan STKIP Tamsis diajak dalam program study tour siswa-siswi yang ada di Kabupaten Bima dan Kota Bima, ibarat study tour. Pertama di Asi Mbojo karena menyangkut literasi budaya, kemudian kunjungan ke Perpustakaan Daerah,” kata Mila.

Selain menyerahkan hibah, sebagaimana diketahui sebelumnya, Kepala Perpusnas Republik Indonesia juga pernah menyampaikan kuliah umum di Auditorium Sudirman STKIP Tamsis Bima. Kemudian pada Maret 2022, STKIP Tamsis pernah menggelar pelatihan menulis inspiratif bersama penulis dan duta baca nasional, yang dihadiri penulis andal, Daniel Mahendra dan Duta Baca Indonesia, Gol A Gong. Kegiatan juga dihadiri Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Julmansyah S.Hut, MAP, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bima, Drs A Salam Ghani serta Bunda Literasi NTB, Hj Niken Zulkieflimansyah secara virtual melalui aplikasi zoom. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.