Header Ads

Presiden Jokowi Resmikan Ratusan Huntap di Kabupaten Bima dan Menyapa Korban Badai Siklon Tahun 2021

Presiden RI Saat Cek Huntap di Desa Tambe Kabupaten Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kamis (29/12/2022) melakukan serangkaian kegiatan pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Usai menyambangi Pasar Sila, Kabupaten Bima dan menyerahkan bantuan sosial ke pedagang kaki lima dan pedagang pasar, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau sekaligus meresmikan ratusan unit hunian tetap (huntap) pasca bencana badai siklon tropis seroja di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. 

Tak hanya itu, Jokowi juga menyapa koban badai siklon Tahun 2021. Huntap yang tampak mengesankan dan asri ini jumlahnya sebanyak 185 unit yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi masyarakat terdampak terdampak banjir tahun 2021 lalu. 

Presiden Jokowi mengatakan, tahun 2020 silam di NTB ada badai Seroja yang menyebabkan terjadinya banjir bandang yang merusak banyak pemukiman warga di sepanjang bantaran sungai Kabupaten Bima, sehingga di tahun anggaran 2021 kemarin dibangunlah huntap di Desa Tambe Kabupaten Bima. 

"Mereka ini dipindahkan dari bantaran sungai jumlah huntapnya ada 185 unit, semuanya sudah selesai dan tadi kita serahkan sertifikatnya," kata Presiden RI. 

Dia berharap huntap ini akan menjadi kompleks perumahan yang asri dimana suasananya jauh lebih baik dari lokasi yang lama, bantaran sungai. Selain perumahan relokasi, kata dia, juga dibangun fasilitas umum yang memadai seperti masjid dan fasum lainnya. 

Usai peresmian, Presiden RI yang saat itu didampingi sejumlah Menteri, Gubernur NTB, DR. H. Zulkifliemansyah, Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani menandatangani prasasti peresmian. 

Presiden Jokowi Saat Menyapa Penghuni Huntap.

Selanjutnya Presiden dan rombongan meninggalkan lokasi setelah menyalami ribuan masyarakat yang menghadiri acara peresmian huntap. 

Presiden beserta rombongan kemudian akan melanjutkan kegiatan dengan bertolak ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima untuk terbang ke Sumbawa menumpangi helikopter Super Puma TNI AU. 

Di Sumbawa, Presiden Jokowi diagendakan untuk meresmikan Bendungan Beringin Sila yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak Januari 2019. 

Setelah itu, Jokowi akan membagikan bansos kepada para pedagang di Pasar Tradisional Utan. Barulah kemudian, Jokowi akan menuju Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Dari Lombok, Jokowi dan rombongan akan lepas landas kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Bae RJ 85. Sejumlah pejabat ikut bersama Jokowi, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.