Header Ads

KONI Kabupaten Bima Bakal Kirim 385 Atlet pada Poprov NTB 2023, Target 60 Medali Emas

Ketua KONI Kabupaten Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bima tengah mempersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB tahun 2023 yang dijadwalkan akan mulai berlangsung pada Bulan Februari mendatang. 

Mengikuti event olahraga 4 tahunan tingkat Provinsi tersebut, KONI Kabupaten bakal mengirim sebanyak 385 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial tim dan membidik 60 lebih medali emas dari 26 cabang olahraga (Cabor) yang diikuti. 

“Porprov NTB 2023, kita hanya kirim 385 orang, mulai dari atlet, pelatih termasuk official tim," kata Ketua KONI Kabupaten Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, melalui Sekretaris KONI Kabupaten Bima, Ahmad S.P M.Si, Rabu (11/1/2023).

Lebih lanjut Ahmad mengaku, jumlah atlet yang dikirim tersebut sangat sedikit jika dibandingkan saat Porprov tahun sebelumnya. Pasalnya ketersediaan dana yang bersumber dari APBD sangat minim dan terbatas. 

"Kondisi ini juga membuat Kabupaten Bima hanya mendaftar dan mengikuti 26 dari 35 cabor yang dilombakan," ujarnya. 

Ia mengatakan, dari 26 Cabor yang didaftar tersebut ada beberapa Cabor yang akan menjadi andalan Kabupaten Bima untuk meraih medali emas, seperti catur, atletik, kempo dan balap motor. Selain itu, Cabor baru seperti Wushu dan sepeda juga berpotensi meraih medali emas. 

"Target Porprov 2023 ini, meraih 60 hingga 65 medali emas. Lebih banyak ketimbang tahun 2018 yang hanya memperoleh 21 medali emas," katanya. 

la mengaku saat ini, para atlet yang akan dikirim ke Porprov masih melakukan latihan. Lokasi pelatihan dipusatkan pada masing-masing Cabor. Selain itu, ada juga sejumlah atlet seperti dari kempo dan sepeda yang memilih latihan di luar Kabupaten Bima, yakni di Mataram. 

"Kami tetap melakukan pemantauan, monitoring sekaligus memberikan bantuan dana training center," katanya. 

Ahmad menambahkan, Kabupaten Bima juga diperkuat oleh sejumlah atlet nasional, seperti Adrian dari cabor atletik serta Yeyen dan Edison, atlet Cabor catur yang pernah mewakili NTB dalam ajang PON tahun 2022 lalu. 

"Seminggu sebelum diberangkatkan, para atlet dari semua Cabor akan dievaluasi untuk memastikan segala kesiapannya," pungkasnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.