Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kelurahan di Kota Bima Diterjang Banjir, Para Pengendara Terjebak

Potret Banjir di Kelurahan Paruga.

Visioner Berita Kota Bima-Bencana banjir kembali melanda sejumlah Kelurahan di Kota Bima, Selasa (4/4/2023). Banjir yang berasal dari intensitas hujan yang sangat deras dan luapan air sungai di beberapa wilayah di Kota Bima, mengakibatkan sejumlah rumah warga yang berlokasi di bantaran sungai hingga ke pemukiman diterjang banjir. Selain itu para pengendara juga terjebak akibat banjir tersebut.

Berdasarkan informasi dihimpun media ini, hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bima, sejak siang tadi sampai pada malam hari berakibat meluapnya dua sungai yang ada di jalur selatan dan utara.

Sungai di jalur selatan meluap dari Lampe ke Kodo, Oimbo, Rabadompu, Rontu dan Sambinae. Sedangkan sungai yang berada di Utara meluap dari Nungga ke Penanae, Penatoi, Lewirato, sebagian wilayah Rabangodu Utara, Lewirato, Sadia dan Mande.

Pantauan media ini, banjir mulai memasuki pemukiman warga sekitar pukul 17.30 Wita.

"Menjelang buka puasa, banjir mulai terlihat naik ke jalan Sukarno Hatta samping jembatan Penatoi hingga masuk ke rumah warga. Terlihat juga banyak Kendaraan roda dua dan empat yang mutar balik, bahkan sempat terjebak banjir, karena air cukup tinggi di samping jembatan,” kata salah satu warga  Rabangodu Timur.


Tak hanya itu, di Lewirato air meluap hingga ke pemukiman warga di sepanjang sungai. Sementara di Kelurahan Sadia dan Mande juga mengalami hal yang sama, dua wilayah ini terlihat paling parah. Ketinggian air hingga perut orang dewasa. 

"Banyak kendaraan yang terhalang akibat banjir meluap hingga ke jalan umum,” imbuhnya.

Salah satu warga Rabangodu Utara juga menyampaikan hal yang sama, banjir meluap disekitar rumah warga sejak sore. Warga lain pun berusaha menyelamatkan perabotan rumah yang berada dilantai karena khawatir banjir akan terus naik.

Pantauan media ini, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima dan sejumlah pimpinan OPD melakukan peninjauan langsung di beberapa Kelurahan terdampak banjir. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.