PSBK di Kota Bima Mampu Minimalisir Covid-19, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima, H. Abdul Malik SP, M.AP.
Visioner Berita Kota Bima-Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mengklaim penerapan Pembatasan Sosial Berskala Kelurahan (PSBK) di lima Kecamatan membuahkan hasil baik. Namun warga diminta tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima, H. Abdul Malik SP, M.AP,  mengaku penerapan PSBK di masing-masing Kelurahan, cukup efektif berpengaruh terputusnya mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bima.

“PSBK mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Sampai saat ini, tidak ada warga Kota Bima yang terpapar Corona,” katanya, Jum’at (29/5/2020).

Ia mengaku penerapan PSBK akan terus dilakukan seperti yang tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 24 Tahun 2020 dan Perubahan Perwali Nomor 28 Tahun 2020 tentang PSBK di Kota Bima. “Penerapan PSBK berlaku hingga masa tanggap darurat bencana nasional Covid 19 dicabut,” ujarnya.

Malik menjelaskan sejak penerapan PSBK, ada beberapa perubahan pasal yang tertuang dalam Perwali nomor 28 Tahun 2020. Yakni kegiatan dan aktivitas keagamaan sudah bisa dilaksanakan. “Pelaksanaannya juga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Menurutnya, PSBK diterapkan di 41 Kelurahan yakni dengan melakukan pembatasan kegiatan tertentu, seperti kegiatan di tempat ibadah, tempat fasilitas umum dan kegiatan sosial budaya. “Selain itu membatasi aktifitas masyarakat di luar rumah, seperti membangun portal dan siskamling hingga mendata orang yang datang dari luar Kelurahan,” ujarnya.

Meski demikian, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kelurahan dan tingkat Kota Bima akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan untuk memaksimalkan penerapan PSBK hingga dicabut masa tanggap darurat Covid-19.

Tidak hanya itu, Malik berharap warga Kota Bima agar tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat penyebaran covid-19 secara nasional dan regional terus mengalami peningkatan dalam beberapa hari trakhir ini. “Harapan kami agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” pungkasnya.(FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.