Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Dusun Tolonggeru, Sejumlah Pohon Tumbang dan Atap Rumah Warga Rusak

Potret Kerusakan Akibat Diterjang Angin Kencang

Visioner Berita Kabupaten Bima-Akibat hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Sabtu (25/11/2023), menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga Dusun Tolonggeru Desa Monggo rusak.

Seorang warga Desa setempat, H. Nurdin menjelaskan, bencana alam itu terjadi sekitar pukul 14.00 Wita. 

"Akibat bencana tersebut, salah satu toko dan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada bagian atap. Tak hanya itu, sejumlah pohon besar juga tumbang menutup ruas jalan," katanya.

Selain itu, jelas H. Nurdin, angin kencang juga membuat sejumlah tiang listrik roboh ditimpa pohon. Akibatnya listrik di dusun setempat padam.

"Menggunakan alat seadanya, warga gotong royong membersihkan pohon yang tumbang menutup ruas jalan. Saat ini listrik juga padam," terangnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat diterpa angin kencang.

Potret Pohon Tumbang Akibat Diterjang Angin Kencang

Sementara Kepala Pelaksanan (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Drs. Isyarah menyatakan bahwa pihaknya baru saja mendapatkan laporan tersebut.

"Secepatnya team dari BPBD akan diterjunkan ke lokasi bencana untuk mendata kerusakan dan kerugiannya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Insya allah, Senin bantuan tanggap daruratnya," jelasnya pada media ini.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk memangkas ranting pohon yang berpotensi roboh yang dapat membahayakan pengguna jalan atau pohon berpotensi roboh di tempat pemukiman. Dia berharap warga lebih waspada dalam kesiapsiagaan dengan dampak bencana Hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. (Fahriz)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.