Header Ads

MANFAAT ILMU PENGETAHUAN BAGI KEHIDUPAN


Oleh: Didin, CA.

Penulias adalah Ketua Kerukunan Keluarga Besar Etnis Donggo (KKBED)-Makassar-Sulsel


Sejarah perkembangan ilmu dari masa ke masa memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Namun dalam perkembangan selalu di miliki keterkaitannya antara satu dengan  yang lain dan saling melengkapi. Perkembangan selalu berubah sesuai perkembangan zaman, yang di tandai dengan berbagai perkembangan ilmu antara lain perkembangan ilmu pada masa Yunani kuno, abat pertengahan, modern dan post modern. Dari setiap perkembangan tersebut memiliki sejarah masing-masing.

Menurut Bertand Russell tahun (1979) menyatakan bahwa dalam sejarah, sebuah masa secara umum dapat di nyatakan sebagai masa modern, dapat di lihat dari berbagai sisi adanya perubahan mental yang menunjukan perbedaan bila di banding dengan masa pertengahan. Paling tidak perbedaan itu tampak dalam dua hal yang sangat penting, yaitu pertama, berkurangnya cengkraman kekuasaan kerajaan dan kedua, bertambah kuatnya otoritas ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan sangat mempengaruhi perkembangan suatu bangsa, dengan pengetahuan, seseorang menjalani kehidupan dalam memenuhi kebutuhannya, begitupun pemerintah menjankan tugas dan fungsi sebagai mana yang di amanatkan oleh undang-undang dalam memajukan bangsa dari segala segi kehidupan bernegara. Untuk itu, seseorang perlu memiliki ilmu pengetahuan.

Dalam kehidupan dunia, ilmu pengetahuan mempunyai perang yang sangat penting. Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan memberikan kemudahan bagi kehidupan baik dalam kehidupan individu maupun kehidupan bermasyarakat. Menurut Al Ghazali dengan ilmu pengetahuan akan diperoleh segala bentuk kekayaan, jabatan, dan kekuasaan.

Apa yang di peroleh seseorang sebagai sebuah dari ilmu pengetahuan, bukan saja di peroleh hubungannya dengan sesama manusia, para binatangpun merasakan bagaimana kemuliaan manusia, karena ilmu yang di miliki.

Ilmu adalah isim masadar dari yang berarti pengetahuan, mengenal merasakan dan meyakini. Secara istilah ilmu ialah dihasilkannya ganbaran atau bentuk sesuatu dalam akal. Karena pentingnya ilmu dan banyaknya faidah yang terkandunf di dalmnya, para ulama menyimpulkan bahwa menurut ilmu adalah wajib, sesuai dengan jenis ilmu yang akan di tuntut.

Apabila memandang ilmu pengetahuan, maka ia termasuk yang ketiga. Ilmu itu sendiri adalah keindahan dan kelezatan, di samping ia dapat di jadikan perantara mendapatkan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan ilmu kemuliaan dunia, pengatuh, pengikut, kemewahan, kekuasaan dan kehormatan dapat di peroleh. Bahkan binatang pun secara naluri akan tunduk kepada manusia karena ilmu yang dimilikinya.

Ali bin Abi Thalib berkata kepada kumail yang artinya; wahai kumail, ilmu itu lebih utama dari pada harta kerena ilmu itu menjagamu, sedangkan kamu menjaga hartamu. Ilmu adalah hakikat, sedangkan hatra menjadi berkurang jika di belanjakan, sedangkan ilmu akan berkembang dengan diajarkan kepada yang lain.

Dalam hubungan dengan mahluk-makhluk sekitarnya, orang yang berilmu memberikan banyak manfaat kepada mereka, membantu mengeluarkan mereka dari sebuah masalah, menunjukkan mereka kepada kebenaran dan menghindarkan mereka dari kenistaan, kebenaran dan menghindarkan meraka dari jurang kenistaan, yaitu kesengsaraan abadi di akhirat.

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang utama, mulia dan penting. Oleh sebab itu semua harus menyadari tentang hal ini, untuk membentuk kesalehan individu dan kesalehan individu dan kesalehan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara menrengut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak tersisa seorang alim. Dengan demikian orang-orang mengangkat pemimpin-pemimpin dungu lalu ditanya dan dia diberi fatwa tampa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan meyesatkan. Hhadits Riwayat Bukhari Muslim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.