Header Ads

Lutfi Dan Dinda Merupakan “Walikota dan Bupati Pertama” Yang Bersilaturrahmi ke Rumah Mantan Walikota Bima

Dinda: HM. Qurais Ngaku Siap Menjadi Pasukan Terdepan Mendukung Saya di Pilkada
Moment Silaturrahmi Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan Istrinya ke Kediaman Mantan Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin (5/6/2019)
Visioner Berita Kota Bima-Bulan Ramadhan 1440 H (2019) telah berlalu. Pelaksanaan Sholat Idul Fitrih baik di Kota dabn Kabupaten Bima (5/6/2019) yang dilaksanakan di berbagai tempat baik di Kota Bima maupun Kabupaten Bima, juga berlangsung khidmat.

Namun Idul Fitrih kali ini, terkuak persitiwa menarik. Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE bersama istrinya (Ketua TP-PKK Kota Bima sekaligus Ketua Dekranasda setempat), Hj. Ellya Alwainy usai melaksanakan Shola Idul Fitrih langsung bersilaturrahmi di kediaman mantan Walikota Bima sekaligus Ketua DPC Partai demokrat setempat, HM. Qurais H. Abidin.  

Pada moment tersebut, Lutfi dan Ellya disambut secara ramah oleh HM. Qurais H. Abidin bersama istrinya yakni Hj. Yani Marlina. Peristiwa penting yang berlangsung sekitar satu jam lamanya itu, dalam catatan media menyebutkan merupakan hal perdana bagi Walikota Bima mendatangi rumah mantan Walikota Bima. Pasalnya, kelaziman sebelumnya adalah mantan Walikota Bima yang mendatangi kediaman Walikota Bima.

Peristiwa paling menarik ini praktis saja diabadikan melalui dokumentasi foto dan kemudian diposting oleh berbagai pihak di Media Sosial (Medsos). Postingan tersebut, spontan saja sangat viral sejak usai pertemuan penting tersebut bahkan sampai saat ini. Para nitizenpun memberikan tanggapan beragam.

Maksudnya, ada yang mendefinisikan bahwa peristiwa itu mencerminkan “telah diretasnya perpecahan yang terjadi” sejak Pilkada Kota Bima periode 2018-2023 hingga hingga beberapa hari sebelum Idul Fitrih 1440 berlangsung. Pasalnya, pada Pilkada Kota Bima Partai Demokrat merupakan salah satu Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Bima yang kalah yakni H. A.Rahman H. Abidin, SE (adik kandung Qurais)-Hj. Ferra Amelia, SE, MM.

Tak hanya itu, berbagai pihakpun memberikan apresiasi sekaligus rasa bangganya kepada Lutfi beserta istrinya. Pun hal itu, maknai sebagai keberhasilan Lutfi di dalam memecahkan “stigma perpecahan” menjadi kebersamaan yang teramat indah.

Pantauan langsung Visioner di Medsos menjelaskan, postingan tentang kebersamaan Walikota Bima dan mantan Walikota Bima tersebut juga terkuak eksepektasi besar dapat dipertahankan sampai kapanpun. Tak hanya itu, sejumlah nitizen juga mengakui masing-masing kelebihan yang dimiliki oleh Lutfi maupun Qurais terutama dalam membangun Kota Bima beserta masyarakatnya.

Tetapi pada sesi yang lain pada postingan tersebut, juga ditemukan adanya nitizen yang “mecoba membanding-bandingkan kinerja” Qurais selama delapan tahun menjadi Walikota Bima selama delapan tahun dengan kinerja Lutfi yang baru delapan bulan dilantik secara resmi sbagai Walikota Bima. Hal tersebut, diduga datang dari individu tertentu yang ditengarai sebagai “pembenci Lutfi-Feri”.

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE yang dimintai komentarnya membenarkan adanya pertemuan silaturrahmi ke kediaman mantan Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin. Kehadirannya bersama istrinya pada moment tersebut, disambut dengan sangat baik oleh HM. Qurais H. Abidin dan istrinya, Hj. Yani Marlina. “Alhamdulillah kehadiran kami disambut dengan sangat baik oleh HM. Qurais H. Abidin dan istrinya,” jelas Lutfi.

Lutfi kemudian menjelaskan, pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam lamanya. Apa saja pembicaraan pada moment pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu?. “Ada banyak hal yang kami bicarakan, salah satunya membangun kekuatan kebersamaan guna memajukan Kota Bima beserta masyarakatnya mulai saat ini hingga kedepannya. Intinya, yang dibicarakan pada moment tersebut adalah hal-hal positif demi kemajuan Kota Bima dan masyarakatnya,” tandas Lutfi.

Benarkan sejak dulu hingga sekarang khususnya moment Idul Fitrih bahwa Peristiwa tersebut merupakan moment perdana dimana Walikota Bima bersilaturrahmi di kediaman mantan Walikota Bima?, sayangnya pertanyaan tersebut enggan dijawab oleh Lutfi.

“Kendati sebagai Walikota Bima, umur saya jauh lebih muda dari HM. Qurais H. Abidin. Oleh karenanya, tanpa mengenal status sosial maupun jabatan maka sebagai seorang adik wajib hukumnya yang terlebih dahulu bersilaturrahmi kepada yang terkakak. Jabatan harus kita tanggalkan dalam konteks ini, karena yang dikedepankan adalah nilai-nilai penting termasuk budaya serta agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekali lagi, HM. Qurais H. Abidin adalah salah satu Tokoh penting di daerah ini dan lebih tua dari saya. Oleh karenanya, wajib hukumnya bagi saya bersilaturrahmi ke rumahnya tanpa diundang sekalipun,” terangnya.

Lutfi kemudian menyatakan, perpecahaan antara dirinya dengan HM. Qurais H. Abidin sesungguhnya tidak ada. Namun perbedaan yang terjadi selama pesta Pilkada Kota Bima, diakuinya sebagai sesuatu yang lazim dalam perspektif demokrasi.

“Perbedaan yang berlangsung selama pesta demokrasi itu tidak boleh kita maknai sebagai cerminan dari perpecahan. Pilkada Kota Bima periode 2019-2023 telah usai, maka setelahnya kita telah terbingkai dalam kebersamaan. Sebab, Kota Bima adalah milik kita semua. Dan memajukan Kota Bima beserta masyarakatnya ke arah yang jauh lebih baik merupakan tugas dan tanggungjawab kita bersama pula,” pungkas Lutfi.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Secara terpisah Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (Dinda) yang dimintai komentarnya juga mengaku melakukan silaturrahmi ke kediaman HM. Qurais H. Abidin. Hal tersebut berlangsung pada Kamis (6/6/2019). Pertemuan antara dirinya dengan mantan Walikota Bima tersebut, diakuinya tidak terlalu lama. Namun diakuinya pula, pada moment tersebut dirinya disambut dengan sangat baik oleh HM. Qurais H. Abidin dan istrinya, Hj. Yani Marlina.

“Karena moment silaturrahmi tersebut sangat singkat, saya lupa mendokumentasikannya dengan foto. Tetapi yang jelas, HM. Qurais H. Abidin dan istrinya menyambut kehadiran saya dengan sangat ramah,” jelas Ketua DPD 2 Golkar Kabupaten Bima sekaligus Ketua KONI setempat ini kepada Visioner di kediamannya, Kamis (6/6/2019).  

Politisi wanita yang dikenal sangat ramah, santun, komunikatif, cerdas dan suka memberi tanpa pamrih (kesolehan sosial), memiliki kepekaan dalam membantu orang-orang susah, murah senyum, cantik dan dipastikan aja kembali maju ke pentas Pilkada Kota Bima periode 2020-2025 ini kemudian mengungkap sesuatu yang menarik terkait kegiatan silaturrahmi ke rumah mantan Walikota Bima tersebut. 

“Pada moment tersebut, HM. Qurais H. Abidin menyatakan siap menjadi yang terdepan mendukung saya pada Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025, Amin Ya Rabbal Alamin,” pungkas Bupati Wanita pertama di Indonesia bagian Timur ini.

Lepas dari itu, baik Bupati-Wakil Bupati Bima, Walikota-Wakil Walikota Bima maupun Wakil Walikota Bima sejak usai Sholat Idul Fitrih 1440 H melaksanakan kegiatan open house pada masing-masing kediamannya. Kegiatan open house tersebut berlangsung sejak usai Sholat Idul Fitrih hingga Jum’at (7/6/2019). Liputan langsung sejumlah awak media pada moment open house yang diadakan oleh kedua Pimpinan Daerah ini, hingga saat ini masih berlangsung meriah karena dihadiri oleh berbagai pihak termasuk SKPD/OPD. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.