Header Ads

Moment Idul Adha Pemimpin Kota dan Kabupaten Bima, Sama-Sama Sumbang Hewan Qurban Atas Nama Pribadi

Open House di Rumah Walikota Kedatangan “Tamu Istimewa”
Walikota Bima (Tengah) bersama Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah S.IK Saat Sholat Idul Adha di Lapangan Pahlawan Raba (11/8/2019)
 Visioner Berita Kota dan Kabupaten Bima-Minggu (11/8/2019), seluruh Umat Islam di dunia tak terkecuali di Bima baik Kota maupun Kabupaten melaksanakan ibadah Sholat Idul Qurban 1440 H (2019). Di berbabagi Masjid maupun lapangan terbuka, terlihat dipenuhi oleh Umat Islam yang melaksanakan kegiatan rutin pada tiap tahunnya ini (Sholat Idul Adhan).

Keramaian Sholat idul Adha sekarang, pyun terjadi di Kota Bima dibawah kepemimpinan Walikota-Wakil Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE-Feri Sofiyan, SH (Lutfi-Feri) dan Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M, Noer (Dinda-Dachlan). Liputan langsung Visioner melaporkan, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE melaksanakan kegiatan Ibdah Sholat Idul Adha di lapangan Pahlawan Raba bersama sebahagian Muspida-SKP yang melibatkan warga di Kecamatan Raba dan Rasana’e Timur. Ribuan warga pun ikut memadati lapangan Pahlawan Raba.

Sementara Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH menggelar Ibadah Sholat Idul Adhan bersama sebahagian Muspida dan SKP-OPD bersama warga di Kecamatan Rasanae Barat yang dipusatkan di lapangan Sera Suba yang berlokasi di sebelah Barat Museum Asi Mbojo. Masih dalam liputan langsung Visioner, lapangan Sera Suba yang lumayan luas itu disesaki oleh Umat Islam yang melaksanakan kegiatan Ibadah Sholat Idul Adha. Masih dalam liputan langsung Visioner, pelaksanakan kegiatan Ibadah Sholat Idul Adha yang dilakukan oleh Walikota-Wakil Walikota Bima ini berlangsung meriah, hikmat, aman, lancar tertib dan sangat kondusif.

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH (Tengah) Terlihat Sedang Berdo'a Dengan Khusu' pada Moment Idul Adha di Lapangan Sera Suba Kota Bima (11/8/2019)
Menyoal hewan Qurban, Waikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menyumbang sebanyak 8 ekor sapi, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SE menyumbang 4 ekor sapi,  Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa, MH menyumbang 1 ekor Sapi, dan SKPD/OPD menyumbang masing-masing 1 Ekor Sapi dan ada pula berupa kambing (Pegawai Berqurban).

Kabag Humas Kota Bima, H. A.Malik SP, M.AP yang dimintai komentarnya menjelaskan, total jumlah hewan qurban untuk sementara yang disebelih dan dibagikan kepada penerima manfaatnya kali ini adalah sebanyak 179 ekor Sapi dan 98 ekor kambing. “Ini angka sementara yang kami terima, untuk jumlah pastinya akan kami informasikan kembali kepada rekan-rekan wartawan,” ungkap Malik.

Peningkatan jumlah hewan Qurban yang dipotong danm kemudian disumbangkan kepada para penerima manfaatnya pada moment Idul Adha kali ini kata Malik, mencerminkan adanya peningkatan nilai-ekonomi dan kesehateraan masyarakat Kota Bima yang bertepatan dengan kepemimpinan Lutfi-Feri. “Selain Pemerintah, di tiap-tiap kampung juga melakukan pemotongan hewan Qurban. Mereka membeli hewan Qurban bukan saja di kota Bima, tetapi di datangkan dari luar daerah. Hal itu mencerminkan terjadinya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga Kota Bima,” kata Malik.

Pemotongan hewan Qurban pada saat ini, juga dilakukan di seluruh perkampungan yang ada di Kota Bima. Warga Keturunan Arab yang tinggal di kota Bima tepatnya di Kelurahan Melayu misalnya, pada tiap tahunnya termasuk sekarang juga melaksanakan kegiatan yang sama. Kabarnya, hampir semua KK milik warga keturunan Arab tersebut menyumbang masing-masing satu ekor hewan Qurban baik sapi mapun kambing. Yang tak kalah menariknya, pada moment Idul Qurban kali ini pihak Polres Bima Kota menyumbang 4 ekor sapi dan satu kambing kepada pihak penerima manfaat yakni fakir miskin, kaum duafah serta para jompo.

Foto Bersama HM. Qurais H. Abidin-Istrinya (Hj. Yani Marlina) Dengan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE-Istrinya (Hj. Ellya Alwainy) Usai Kegiatan Open House (11/8/2019)
Bank NTB Syari’a Cabang Bima, pada Idul Qurban tahun ini menyumbang 4 ekor Sapi. Sumbangan hewan Qurban tersebut, diserahkan oleh Bank NTB kepada panitia Korban Kota Bima dibawah kendali PHBI setempat. Kontribusi secara Islami yang dilakukan oleh pihak bank NTB ini, juga diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Bima yakni berupa 4 ekor sapi.

Lepas dari itu, pada moment Idul Qurban tahun ini Walikota-Wakil Walikota Bima melakukan kegiatan open house yang berlangsung satu hari (hari ini saja, Red). Di kediaman Walikota maupun Wakil Walikota Bima, juga ramai dikunjungi oleh berbagai pihak baik masyarakat biasa, SKPD/OPD, FKPD dan lainnya. Yang dinilai lebih special adalah, di kediaman Wlikota Bima di wilayah Kelurahan Raba Dompu, sekitar pukul 10.00 Wita hadir “tamu istimewa” yakni mantan Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin bersama istrinya, Hj. Yani Marlina.  

Liputan langsung Visioner menjelaskan, mantan Walikota Bima dan isterinya bersama rombongannya itu disambut langsung oleh H. Muhammad Lutfi, SE dan isterinjya yakni Hj. Ellya Alwainy. Qurais bersama istrinya berada di kediaman Walikota Bima sekitar satu jam lamanya. Pada moment itu pula, Qurais bersama istrinya terlihat mencicipi makanan yang disediakan oleh Walikota Bima bersama istrinya ini.

Tak hanya itu, selama berada di sana Qurais terlihat sempat berbincang tentangs ejumlagh persoalan penting dengan H. Muhammad Lutfi yakni yang berkaitan dengan pembangunan kota Bima beserta masyarakatnya baik saat ini, esok mapun yang akan datang. Sebelum meninggalkan kediaman orang nomor satu di kota Bima ini, Qurais dan istrinya juga sempat berfoto bersama dengan Lutfi dan Hj. Ellya Alwainy.

Pemkab Bima Laksanakan Sholat Idul Adha di Lima Lokasi, 22 Ekor Sapi Sumbangan Pribadi Bupati

Bupati Bima di Moment Sholat idul Adhan di Lapangan Tanah Putih Desa Sangiang-Sape (11/8/2019)
Berbeda dengan tahun sebelumnya, ibadah Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima  dilaksanakan di lima titik. Yakni Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE didampingi beberapa pejabat terkait menghadiri shalat Idul Adha di lapangan tanah putih Desa Sangia Kecamatan Sape.

Sementara, di halaman Kantor Bupati Bima di Desa Godo Kecamatan Woha dihadiri oleh Wakil oleh Bupati Bima Drs. H. Dachlan M. Noer beserta sejumlah pejabat struktural, fungsional dan staf Perangkat Daerah  dengan Khatib Idul Adha yakni Ustadz Salahuddin. Selain pada dua lokasi tersebut, pada Idul Adha tahun ini Asisten II Setda Bidang Administrasi Ekonomi dan Pembangunan yakni Ir. H. Nurdin mewakili Bupati Bima untuk memberikan sambutan di    Kecamatan Belo.

Ukuran Besar Hewan Qurban Sumbangan Pribadi Bupati Bima Untuk masyarakat di Kabupapaten Bima (11/10/2019)
Demikian halnya pada shalat Idul Adha di Kecamatan Palibelo, Bupati Bima diwakili Asisten III Setda Bidang Administrasi Umum Drs. H. Arifudin HMY. Selain para Asisten, Bupati Bima juga menugaskan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM H.Muh Antonius, S.STP memberikan sambutan pada shalat idul Adha di Lapangan Kara Kecamatan Bolo dan pada kegiatan yang sama di Kecamatan Sanggar, Bupati Bima diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Drs.H. Arifudin.

Pelaksanakan kegiatan Ibadah Sholat Idul Adhan yang dilaksanakan di lima titik tersebut, diakui berangsung sukses, aman, lancar, tertib, daman dan sangat kondusif. Hal tersebut dikemukakan oleh Kabag Humas Setda Kabupaten Bima melalui kasubag Informasi dan Pemberitaan, Zainudin S.Sos kepada Visioner.

Moment Open House di Pandopo Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Sementara soal soal hewan Qurban yang dibagikan kepada masyarakat pada moment, sumbangan pribadi dari Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE adalah sebanyak 20 ekor sapi besar-besar serta 5 kambing. Kontribusi pribadi Bupati Bima untuk penerima nmanfaat tersebut, diakui sama halnya dengan yang dilakukannya pada moment Idul Adha sebelumnya.

Hal ini diterangkan oleh Kabag Kesra Setda Kabupaten Bima melalui Kasubag Keagamaan dan Budaya, Ahmad Yani AK, S.Ag kepada Visioner, Minggu (11/8/2019). “Hewan Qurban bantuan pribadi Bupati Bima ini dibagikan kepada panitia Qurban di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Bima. Yang jelas, apa yang dilakukan oleh Bupati Bima tersebut tahun ini adalah sama dengan di tahun-tahun sebelumnya,” jelas Yani.
          
Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE Mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 H Kepada Seluruh Masyarakat Bima Baik Kota Maupun Kabupaten
Sementara hewan Qurban yang disumbang oleh Pemkab Bima untuk masyarakat di Kabupaten Bima tahun ini, yakni berupa sapi sebanyak 21 ekor. Selain itu, pada tahun ini juga beberapa ekor kambing dari ASN yang disumbang oleh ASN yang diberikan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat. “Tak hanya itu, pun tahun ini Pemkab Bima juga menerima 4 ekor sapi Qurban dari Bank NTB Syari’ah Cabang Bima untuk penerima manfaat di Kabupaten Bima,” ujar Yani.

Lepas dari itu, pada moment Idul Adha kali ini Bupati-Wakil Bupati Bima juga melaksanakan kegiatan Open House. Lipiutan langsung Visioner menjelaskan, kegiatan Open House yang dibuka sejak pagi di Pandopo Bupati Bima terlihat berlangsung sangat ramai. Para tamu yang datang bukan saja dari SKPD/OPD setempat, tetapi juga datang berbagai lapisan masyarakatb termasuk sejumlah Etnis yang ada di Kabupaten Bima. Keramaian yang sama, juga terjadi pada kediaman Wakil Bupati Bima di jalan Soekarno-Hatta Kota Bima. Open House yang dilaksanakan oleh Bupati-Wakil Bupati Bima ini berakhir pada Minggu malam (11/8/2019).

Kasubsektor Soromandi (paling kiri) Bersama Bhabinkamtibmas Memberikan Daging Qurban Kepada Warga Miskin di Soromandi (11/8/2019)
Yang tak kalah menariknya, pada moment Idul Adhan kali ini terkuak adanya kegiatan mulia yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di wilayah Kecamatan Soromandi-Polres Bima Kabupaten. Kegiatan yang dikendalikan oleh Kasubsektor Soromandi Ipda Muh. Sofyan Hidayat S.Sos tersebut adalah membagikan daging Qurban kepada warga Miskin dengan kondisi rumah yang dinilai tak layak huni.

Kegiatan mulai ini juga ditangapi positif oleh publik baik di dunia nyata maupun melalui Media Sosial (Medsos). Ipda Sofyan juga terlihat bersama-sama dengan sejumlah personil Bhabinkamtibmas membagikan daging qurba yang sudah dibungkus dengan plastik kresek kepada penerima manfaat dimaksud.  (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.