Pemerintah Denmark-Pemprov NTB Jalin Kerjasama di Bidang Lingkungan Hidup

Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Lea Wermelin Bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Pendopo Gubernur
Visioner Berita Mataram NTB-Pemerintah Denmark menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dalam bidang lingkungan hidup berkelanjutan. Hal itu dibuktikan pada kegiatan Launching kerjasama oleh Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Lea Wermelin dengan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Pendopo Gubernur, Selasa (25/2/2020).

Tujuan kerjasama tersebut yakni untuk mendorong kedua daerah, khususnya Pulau Lombok dan Pulau Bornholm di Denmark yang menerapkan lingkungan hidup berkelanjutan. Dalam pembahasan kerjasama tersebut juga menyangkut bidang peningkatan kapasitas melalui dialog berbagi pengetahuan dan penelitian dengan melibatkan pihak terkait.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi istri Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, menerima baik kerjasama tersebut dan memastikan bahwa NTB merupakan provinsi yang ramah terhadap para investasi, bisnis dan para tamu yang datang berkunjung. ”Kami tidak punya pilihan, saat ini program prioritas yang sedang kami kembangkan adalah di bidang pariwisata,” ungkapnya.

Gubernur NTB biasa disapa Dr. Zul itu menjelaskan bahwa pariwisata yang akan dikembangkan ke depan adalah pariwisata ramah lingkungan atau green environtment. Dalam kerjasama dengan Pemerintah Denmark, sebagai langkah awal untuk mendorong kerjasama lain di berbagai bidang atau program yang dikembangkan oleh Provinsi NTB dan Pemerintah Denmark.

Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Lea Wermelin menegaskan bahwa kerjasama dengan pemerintah provinsi NTB ini merupakan salah satu bagian dari kerjasama antara Denmark dan Indonesia. "Denmark memiliki kesamaan dengan Indonesia, yaitu sama-sama negara kepulauan. Hanya saja Denmark memiliki penduduk sekitar 5,7 juta jiwa. Jauh lebih sedikit dibandingkan Indonesia yang mencapai 260 juta jiwa,"bebernya.

Lanjutnya, kerjasama ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah agar menerapkan lingkungan hidup hijau serta mencari sumber energi yang ramah lingkungan. “Saya merasa bahagia, masing-masing pihak berwenang di bidang lingkungan dan energi akan bekerjasama menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan mencari solusi bersama terkait lingkungan dan mengubah sampah menjadi energi,”jelasnya.

Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Lea Wermelin merasa senang dan bangga karena Pemerintah Provinsi NTB memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan pembangkit energi terbaru. Lea Wermelin menambahkan bahwa produksi energi dan pengelolaan sampah merupakan hal penting bagi seluruh lapisan masyarakat, khusunya yang tinggal di daerah kepulauan. Sehingga kebutuhan untuk energi terbarukan sangat penting, terutama untuk melindungi lingkungan yang ada. “Untuk pulau yang indah seperti Lombok dan pulau pulau lain di Indonesia, bahwa pariwisata merupakan hal penting untuk meningkatkan ekonomi dan kesempatan kerja masyarakat. Kami berharap kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB ini berjalan lancar dan sukses,” tutupnya.(TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.