Header Ads

Atasi Covid-19, Dana Kelurahan 2020 Dialihkan

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima, Drs. H. Fakhrunraji, ME
Visioner Berita Kota Bima-Bappeda dan Litbang Kota Bima mengumpulkan sebanyak 41 Lurah se-Kota setempat, untuk membahas langkah strategis upaya mencegah, mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran wabah Corona atau Covid-19, Senin (6/4/2020).

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima, Drs. H. Fakhrunraji, ME, mengaku pihaknya mengumpulkan semua Lurah untuk membahas beberapa item masalah yang terjadi dan dihadapi saat ini, yakni penyebaran dan dampak wabah virus Corona.

Menurutnya selain membahas persiapan dan langkah-langkah dalam upaya pencegahan covid-19, salah satu item yang dibahas bersama 41 Lurah itu, terkait adanya rencana pengalihan sebagian anggaran Kelurahan Rp 1 miliar tahun 2020 ini untuk tangani Corona.

“Kita berencana merasionalisasikan dana Kelurahan yang dianggarkan Rp 1 miliar per Kelurahan untuk dialihkan sebagiannya dalam menangani dan pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Fakhrunraji sapaan akrab Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima.

Fakhrunraji mengaku pihaknya telah mengusulkan ke semua Lurah agar item pembangunan fisik yang menggunakan dana Kelurahan tahun 2020, ditiadakan sementara dan anggarannya dialihkan untuk menangani serta mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita ingin dana Kelurahan difokuskan dulu untuk pemberdayaan dan menangani Covid-19. Item pembangunan ditiadakan dan dialihkan dananya untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Karena menurutnya, ditengah pandemi Corona ini, suka atau tidak suka Lurah harus menyetujui keinginan adanya rencana pengalihan sebagian dana Kelurahan untuk tangani dan mencegah penyebaran Covid-19.  Sebab langkah pencegahan itu penting bagi kesehatan manusia pada umumnya.

“Lagipula pemanfaatan anggaran saat ini rata-rata dialihkan untuk penanganan Covid-19, sesuai instruksi Pemerintah Pusat. Kita harapkan juga demikian di Kota Bima,” tuturnya.

Selain itu, Fakhrunraji menambahkan berdasarkan pembahasan rapat, Semua Lurah juga mengaku telah membentuk tim Gugus Tugas di Kelurahannya masing-masing. Kedepan tugasnya akan lebih dioptimalkan lagi dalam mencegah penyebaran corona di Kota Bima. “Dalam mencegah dan antisipasi corona ini, kita semua harus saling  bekerjasama dan saling suport berdasarkan tupoksi masing-masing,” pungkasnya.(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.