Header Ads

Walikota Bima Kembali Cetak Prestasi Spektakuler, Peresmian Command Center di Kota Bima Dapat Apresiasi dari Berbagai Daerah

Walikota Bima Saat Meresmikan Command Center.

Visioner Berita Kota Bima-Perubahan Kota Bima dibawah kendali Walikota setempat, H. Muhammad Lutfi, SE, tampaknya bukan sekadar hayalan belaka. Yakni mulai dari membebaskan warga miskin dari biaya BPJS hingga ke pembangunan Masjid Raya Al-Muwahidin Kota Bima, belum lagi soal perolehan sejumlah piagam penghargaan dan peningkatan bantuan bagi keagamaan (bantuan Masjid, Muholah serta kesejahtreraan bagi pengurusnya) serta penyerahan Handphone (HP) kepada seluruh Ketua RT se Kota Bima.

Setelah membuktikan dedikasi dan pengabdianya yang dinilai terbaik dalam kaitan itu, kini Lutfi kembali membuat masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan sebuah prestasi baru dan dinilai spektakuler. Yakni meresmikan Comand Center. Dijelaskan, Comand Center ini merupakan pusat pengendali laporan masyarakat di seluruh wilayah di Kota Bima.

Esensinya, masyarakat melalui Ketua RT di selutuh Kota Bima bisa melaporkan berbagai bentuk kebutuhan yang kemudian ditindaklanjuti oloeh Walikota Bima, mulai dari soal sampah, pembangunan, kesehatan, soal bencana banjir bandang dan bencana lainya, angka kematian dan angka kelahiran dan lainya. Tak hanya itu, melalui aplikasi yang ada di Comand Center juga bisa memantau secara langsung tentang arus lalu lintas serta kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Bima.

Dari laporan tersebut, diakui tentu saja akan ditindaklanjuti secara cepat oleh Walikota Bima melalui SKPD terkait di Kota Bima. Hadirnya Comand Center ini diakui dalam upaya mewujudkan misi Kota Bima menjadi smart city. Sementara SDM yang menerima laporan masyarakat di Comand Center ini, juga diakui sangat mumpunni di bidang ITE (dari Dinas Kominfo Kota Bima).

Walikota Bima juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan aplikasi yakni E-Lapor kepada seluruh Ketua RT se Kota Bima. Aplikasi dimaksud juga telah ada pada HP yang dibagikan kepada seluruh Ketua RT se Kota Bima. Dan Walikota Bima menerangkan bahwa pelayanan publik melalui Comand Center ini sangat efektif.

Masih soal Comand Center, dihadapan seluruh Kadis Kominfo se NTB, pihak pelaksana proyek pembangunan Comand Center dan pihak pembuat aplikasi di ruang rapat utama Walikota Bima-Lutfi menceritakan awal mulai digagasnya pembangunan Comand Center. Tak hanya itu, pada moment tersebut, Lutfi juga menjelaskan tentang alasan logisnya untuk membangun Comand Center. Berikut catatan singkatnya,-

Mengawali pekan ketiga yakni hari Senin 23 Agustus 2021, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE meresmikan peluncuran perdana Command Center yang digagas oleh Pemerintah Kota Bima sebagai salah satu program unggulanya dengan esensi menjawab secara cepat tentang beragam kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah di Kota Bima.

Comand Center dengan sarana dan fasilitas yang memadai ini, diakuinya merupakan yang pertama di NTB (saat ini hanya Kota Bima yang memilikinya). Dihadapan ratusan undangan termasuk jajaran Muspida Kota Bima tersebut, Lutfi menegaskan bahwa pembangunan Comand Center bukan semata-mata atas keinginanya, tetapi lebih kepada menjawab tuntutan masyarakat yang selama ini belum pernah ada, dan belum pernah pula terfikirkan.

Atas prestasinya dalam kaitan itu, Lutfi mengaku tak membuatnya puas. Sebab ke depan masih banyak tuntutan serta kebutuhan masyarakat Kota Bima yang membutuhkan jawaban kongkriet melalui kerja keras serta kerja nyata Pemerintah Kota Bima melalui seluruh SKPD dibawah kendalinya.

"Masyarakat Kota Bima butuh kerja cepat dan kerja nyata. Hadirnya Comand Center ini, lebih kepada menjawab kebutuhan masyarakat Kota Bima secara cepat dan nyata oleh seluruh SKPD di Kota Bima. Melalui aplikasi E-Lapor itu pula, masyarakat bisa memantau secara langsung apakah laporanya sudah ditanggapi oleh para SKPD atau sebaliknya," terang Lutfi sembari menjelaskan bahwa pembangunan Comand Center digagasnya pada saat dirinya mencalonkan diri sebagai Walikota Bima.

Peresmian Command Centre yang dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Bima dengan berpedoman pada protokol kesehatan yang ketat ini, dihadiri pula oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Bima beserta jajarannya, Ketua TP PKK dan DWP serta turut disaksikan pula secara luring dan daring oleh Gubernur NTB atau yang mewakili beserta segenap kepala Dinas Kominfotik se-Provinsi NTB.

Walikota Bima mengungkapkan bahwa hadirnya Command Center tersebut tidak lepas dari peran serta upaya berbagai pihak khususnya Dinas Kominfotik yang telah bekerja keras bersama selama 3 (tiga) tahun untuk keberhasilan dibentuknya Command Center.

Inilah Comand Center Kota Bima

"Command center ini digagas dengan begitu panjang yakni selama 3 (tiga) tahun, sehingga bisa berada pada hari ini, pada kesempatan launching hari ini," ujar Walikota Bima.

Bentuk komitmen Pemerintah Kota Bima terhadap pelayanan kepada masyarakat yang cepat, akurat, dan terintegrasi menjadi landasan utama dan mendasar yang diupayakan oleh Pemerintah Kota Bima khususnya dalam hal ini adalah Visi-Misi Wali Kota Bima. Dengan demikian, Command Center mampu menjadi suatu langkah percepatan dalam pelayanan birokrasi dan masyarakat, terlebihnya kepada pelayanan pengaduan masyarakat yang di laporkan secara cepat melalui aplikasi di gadget yang dimiliki oleh tiap ketua RT/RW setempat.

"Kepuasaan masyarakat mengacu pada percepatan dan ketepatan pelayanan. Dengan dukungan SDM dan budaya birokrasi yang positif diharapkan mampu menunjang kinerja dari aplikasi Command Center ini," pungkas Walikota Bima.

Masih di moment peresmian Comand Center tersebut, Gubernur NTB melalui Kadisinfostiknya secara khusus menyampaikan selamat kepada Walikota Bima. Tak hanya itu, Kadiskominfostik NTB juga berharap agar melalui Comand Center ini terbangun kolaborasi yang baik antara Pemkot Bima dengan Pemprov NTB. 

Tak hanya itu, Kadiskominfostik NTB ini juga berharapagar seluruh Kabupaten/Kota se NTB bisa melakukan hal yang sama seperti yang sudah diwujudkan oleh Walikota Bima tersebut. Hal itu diakuinya bisa menjawab secara cepat tentang beragam kebutuhan masyarakat di seluruh Kabupaten/Kota di NTB pula. 

Pada kesempatan itu pula, Kadiskominfostik NTB menyatakan bahwa yang telah diwujudkan oleh Walikota Bima dalam kaitan itu merupakan sebuah prestasi luar bisa. Namun diharapkan agar kehadiran Comand Center ini juga harus berjalan seiring dengan jawaban nyata terkait beragam aspek yang dibutuhkan oleh masyarakat Kota Bima.

Sebelumnya, Kepala Diskominfotik Kota Bima, Drs. H. Sukri, M.Si melaporkan beberapa hal terkait landasan dasar dibentuknya Command Center Kota Bima. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari hadirnya Command Center Kota Bima adalah bentuk komitmen Visi-Misi Wali Kota Bima yang berkualitas dan setara, sejahtera, transparan, akuntabilitas, ramah dan agamais menuju masyarakat yang maju dan mandiri.

"Dengan kehadiran Command Center ini menjadi simbol penyelenggaran pemerintah dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik dan mengedepankan kepentingan masyarakat," terangnya.

Adapun sebagai pusat kendali layanan informasi di kota Bima, Command Center didukung dengan 16 layanan yang diantaranya adalah Website Perangkat Daerah yang terintegritas, aplikasi e-lapor, informasi kesehatan, bima life, layanan kepegawaian, dan lainnya.

Lahirnya Command Center yang pertama di Provinsi NTB ini pun mendapat banyak apresiasi dari berbagai daerah yang dibuktikan dengan kehadiran pemerintah Kabupaten Dompu dan Lombok Timur dalam rangka study banding pelayanan Command Center di Kota Bima. 

Liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, usai meresmikan Comand Center Walikota Bima juga menyerahkan satu unit komputer kepada Lurah Sadia, Haryanto, S.Pd dan penyerahan HP secara simbolis kepada Ketua RT di Kota Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.