Header Ads

Duka-Tangisan Histeris Penjemputan Kapten Anumerta Cbh Dirman Mulai Dari Bandara Hingga Dikuburkan di Wera

Danrem 162/WB Pimpin Upcara Penjemputan Hingga Pemakaman

Danrem 162/WB, Brigjend TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, M. Han Menjempu Jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman Usai Diturunkan Dari Pesawat Wings Air Di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima (4/9/2021)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Tertanggal 2 September 2021 dini hari waktu setempat, peristiwa trafis menyisakan luka, duka dan tangisan berkepanjangan menimpa bangsa dan NKRI. Pos Koramil (Posramil) di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat dilaporkan diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB), Kamis (2/9/2021) dini hari.

Dari peristiwa menyakitkan itu, empat orang prajurit TNI yakni Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari) dan Kapten Anumerta Cbh Dirman (Danposramil) tewas diserang oleh sekitar puluhan orang dari KKB. Sementara Pratu Ikbal dikabarkan berhasil selamat dari kebrutalan KKB dimaksud.

Satu diantara prajurit TNI yang tewas tersebut yakni Kapten Anumerta Cbh Dirman merupakan warga kelahiran Dusun Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera-Kabupaten Bima. Almarhum Dirman meninggalkan satu orang istri dan tiga orang anak. Ketiga anak Dirman tersebut, yang pertama duduk di kelas II SMA, yang kedua berjenis kelamin perempuan masih duduk di kelas II SMP dan yang bungsu berjenis kelamin laki-laki masih duduk di bangku SD.

Ketiga anak Almarhum Dirman ini dikabarkan sekolah di Manado Sulawesi Utara (Sultra). Sementara istri Almarhum Dirman adalah warga kelahiran Ambon-Maluku. Tewasnya Dirman disaat melaksanakan tugas negara di Papua itu, praktis saja menyisakan luka, duka dan air mata berkepanjangan bagi NKRI, bangsa, wabil khusus keluarga yang ditinggalkanya.

Sabtu pagi (4/9/2021) sekitar pukul 09.6 Wita, jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman tiba di Bandara Sultanb Muhammad Salahuddin Bima menggunakan pesawat Wings Air. Jenazah Almarhum Dirman disambut tangisan trafis dari keluarganya, keesdihan mendalam dari Muspida Kota dan Kabupaten Bima, TNI dan Polri.

Liputan langsung sejumlah Awak Media pada moment tersebut melaporkan, orang tua, isteri dan ketiga anaknya, seluruh keluarganya serta masyarakat Kota dan Kabupaten Bima hadir di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menyambut jenazah pahlawan yang mempertanahkan keutuhan NKRI di Papua ini (Kapten Anumerta Cbh Dirman).

Upacara Penyerahan Jenazah Almahum Kapten Anumerta Cbh Dirman di Depan Ruang VIB Bandara Sultan Salahuddin Bima Yang Dimpin Oleh Danrem 162/WB, Brigjend TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han (4/9/2021)

Kegiatan hingga upacara penyabutan jenazah Kapten Anumerta Cbh Dirman dipimpin secara langsung oleh Danrem 162/WB, Brigjend Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han. Hadir pada moment tersebut Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Sekda Kabupaten Bima, Drs. HM. Taufik, H. AK, Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH serta jajaranya, Kapolres Bima Kabupatenh, AKBP Heru Sasongko, S.IK, SH serta jajaran, Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal serta jajaran, Danki Brimob Bataliyon Den C Bima serta jajaran, Kasubdepom Bima, Kapten Fajar serta jajaranya, Danpos AL Bima, Kajari Bima beserta jajaranya, Ketua PN Raba-Bima serta jajaranya, dan puluhan personil bersenjata lengkap dari Kompi 742 SWY/Bima.

Masih dalam liputan langsung sejumlah Awak Media, kegiatan upacara penyambutan dan penyerahan Jenazah Kapten Anumerta Cbh Dirman berlangsung di pekarangan di depan ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Kegiatan sakral tersebut berlangsung sekitar 15 menit lamanya.

Selanjutnya, Jenazah dibawa menggunakan mobil ambulance dari Pemkot Bima dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima hingga ke rumah duka di Dusun Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Di dalam mobil ambulance tersebut, selain dari sejumlah personil TNI dan Polri, juga istri dan ketiga anak Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman, serta keluarganya.

Perjalanan dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima hingga ke rumah duka di Desa Mandala tersebut, berlangsung sekitar dua jam lamanya. Tiba di rumah duka di Dusun Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima, semua pihak yang hadir pada kegiatan penyambutan jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman disambut oleh ribuan orang warga tangisanhisteris dari keluarga dan masyarakat Wera.

Namun sebelumnya, di sepanjang jalan di Kecamatan Ambalawi-Kabupaten Bima tepatnya disaat jenazah dibawa untuk dikebumikan di Pemakaman Umum Desa Mandala Kecamatan Wera, ratusan waega terlihan meneteskan air mata dan melambaikan tangan sebagai bentuk dukanya yang teramat dalam atas kepegian Alhamdum Kapten Anumerta Cbh Dirman untuk selamanya.

Lagi-laghi dalam liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, usai ditutunkan dari mobil ambulance tersebut-jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman langsung dibawa ke atas rumah panggung milik orang tuangnya. Ribuan warga termasuk Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE juga hadir pada moment tersebut.

Jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman Saat Tiba di Dusun Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera-Kabupaten Bima (4/9/2021)

Selama sekitar setengah jam berada di rumah panggung tersebut, Jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman kemudian disholatkan di Masjid Al-Muhajirin Dusun Sancara Desa Mandala Kecamatan Wera-Kabupaten Bima. Selanjutnya, jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman diantarkan ke Pemkaman umum dengan upacara militer yang dipimpin secara langsung oleh Darem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han.

Masih dalam liputan langsung sejumlah Awak Media, ada hal menarik yang terlihat pada moment pengantaran jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman. Yakni, keluarga meminta izin kepada Danrem 162/WB untuk diturunkan dari mobil ambulance dan kemudian diangkut sendiri oleh keluarganya menuju pemakaman umum dengan jarak sekitar 500 meter dari Masjid Al-Muhajirin tersebut, dan itu disepakati oleh Danrem 162/WB.

Duka dan tangisan histeris masih terlihat nyata disaat jenazah Almarhum Cbh Dirman diangkut oleh keluarganya dari Masji Al-Muhajirin menuju pemakaman umum di Dusun Tengga Desa Mandala KecamatanWera ini. Proses pengangkutan jenazah Almarhum tersebut dari Masjid Al-Muhajirin ke pemakaman umum itu berlangsung sekitar satu jam lamanya.

Sementara arus lalu lintas selama pengantaran jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman ke pemakaman tempat peristirahatan terakhirnya itu, tercatat sekitar satru jam lamanya, dan harus melewati jalan berliku dan tanjakan yang diakui sangat tajam.

Tiba di pemakaman tersebut, Danrem 162/WB ini memimpin upacara Miiter yang melibatkan TNI, Polri, Bupati Bima dan lainya. Usai upacara militer dilaksanakan, jenazah Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman langsung dikuburkan. Proses pemakaman hingga acara penyambutan keluarga dan pembacaan seluruh riwayat hidup Kapten Anumerta Cbh Dirman oleg Danrem 162/WB tersebut berlangsung sekita lebih dari setengah jam lamanya.

Usai seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan, Darmen 162/WB, Brigjend TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han yang dimintai komentarnya menyatakan belasungkawa dan duka teramat dalam atas kepegian empat Prajurit TNI untuk selamanya akibat serangan KKB di Papua itu.

Moment Upacara Militer Penguburan Kapten Anumerta Dirman di Pemakaman Umum Dusu Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera Yang Dipimpin Oleh Danrem 162/WB, Brigjend TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han (4/9/2021)

“Ini bukan saja duka dan air mata berkepanjangan bagi keluarganya. Tetapi hal yang sama juga dirasakan oleh bangsa dan Negara ini. Keempat personil Prajurit TNI yang tewas diserang oleh KKB tersebut, diberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari pangkat sebelumnya. Salah satunya, Almarhum Lettu Cbh Dirman dilakukan KPLB menjadi kapten Anumerta karena jasanya yang mempertahankan keutuhan NKRI di Papua,” terangnya.

Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman khususnya, diakuinya bukan saja berjasa dalam mempertahankan keutuhan NKRI di Papua. Tetapi, ia juga fiakuinya menjadi magnet inspirasinya bagi keluarganya untuk menjadi anggota TNI maupun Polri. Buktinya, ada adik kandung Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman yang menjadi anggota TNI di Kodim Dompu, dan pula iparnya yang menjabat sebagai anggota Polri.

“Almahum Kapten Anumerta Cbh Dirman benar-benar menjadi inspirasi bagi keluarganya,” tandasnya. Atas nama Kasat TNI, kami menyampaikan terimakasih, apresiasi, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Kapten Anumerta Cbh Dirman serta tiga orang rekanya yang lainya atas dedikasi dan pengabdian terbaiknya untuk bangsa dan mempertahankan keutuhan NKRI di tanahy Papua. NKRI dan kita semua berduka, semoga keempat personil TNI yang tewas dalam menjalankan tugas negara tersebut mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditingglkan tetap tabah menerima takdirNya ini,” harapnya.

Menyoal keluarga yang ditinggalkan oleh Kapten Anumerta Cbh Dirman, Danrem 162/WB menjelaskan bahwa Kasat TNI telah berkoordinasi dengan pihaknya untuk memperlakukan anak kandung yang bersangkutan (anak pertamanya yang kini masih duduk di kelas II SMA bernama Rangga) secara khusus. Bentuknya, Kasad TNI telah memerintahkan agar yang bersangkutan untuk mengikuti sekolah Akademi Militer (Akmil).

Kappten Anumerta Cbh Dirman Besama
Isteri dan Ketiga Anaknya di Masa Hidupnya
“Pak Kasad TNI untuk menjelaskan hal itu, dan memerintahkan kepada kami untuk terus melakukan koordinasi,” ungkap Jenderal Bintang Satu ini.  

Catatan lain Media Online www.visionerbima.com mengungkap, sehari sebelum jenazah Kapten Anumerta Cbh Dirman dijemput hingga dikuburkan di Dusun Tengga Desa Mandala Kecamatan Wera-Kabupaten Bima, Danrem 162/WB ini9 menyerahkan bantuan pribadi kepada keluarga Almarhum. Yakni berupa beras 100 Kg dan uang tunai yang tidak disebutkan nominalnya karena alasan beramal.

Sementara itu, Bupati Bima Hju. Indah Dhamayanti Putri, SE yang dimintai tanggapanya menyatakan belasungkawa, duka teramat dalam atas kepegian Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman untuk selamanya. Ucapan yang sama juga disampaikanya kepada tiuga orang personil Prajurit TNI lainya yang tewas karena diserang oleh KKB di Papua itu.

“Selain duka cita teramat dalam, kami juga menyampaikan apreasiasi, terimakasih, bangga serta penghormatan yang setinggi-tingginya ada dedikasi dan pengabdian nyatanya dalam membela keutuhan NKRI di tanah Papua. Selain itu, saya atas naa Bupati Bima menegaskan bahwa para pelaku dar KKBdi Papua itu harus dihukum seberat-beratnya,” desak Bupati Bima ini.

Ditanya soal adakah perhatian khusus dari Pemkab Bimja terhadap ketiga orang anak Almarhum Kapten Anumerta Cbh Dirman, Bupati Bima menjelaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan intensitas komunikasi, konsultasi dan koordinasi dengan pihak TNI baik Kasad TNI, Pangdam IX/Udayana maupun dengan Danrem 162/WB.

“Alhamdulillah untuyk hal itu, tentu saja sudah ada penjelasan yang telah dijelaskan oleh Darem 162/WB kepada kita semua. Kepada keluarga yang ditinggalkan, kami berharap agar sabar, tegar dan tabah menerima TakdirNya ini. Sebab, kepergian mereka untuk selamanya juga merupakan bagian dari Takdir dari Allah SWT,” pungkas Bupati Bima. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.