Header Ads

Salah Satu Prestasi Dinda-Dahlan Diresmikan Oleh Kepala Perpusnas RI

Penguntingan Pita Oleh Bupati Bima,Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE Yang Didampingi Oleh Kepala Perpusnas RI Pada Kegiatan Peresmian Perpusda Kabupaten Bima, Rabu (23/3/2022)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Jika pada Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bima sebelum dipimpin oleh Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dahlan M. Noer (Dinda-Dahlan) diakui belum memiliki gedung layanan Perpustakaan Daerah (Perpusda), namun kini justeru sebaliknya. Tuntutan berbagai pihak agar Perpusda di Kabupaten Bima harus segera hadir guna meningkatkan minat baca masyarakat, pun kini terjawab secara nyata.

Rabu (23/3/2022) sebuah peristiwa menarik terjadi di Kabupaten Bima. Salah satu prestasi yang diukir oleh Dinda-Dahlan (Perpusda) Kabupaten Bima yang berlokasi di dekat Taman Panda Desa Panda Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima tersebut diresmikan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM.

Moment peresmian gedung Perpsda berlantai dua tersebut juga ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasti oleh Kepala Perpusnas RI dan Bupati Bima. Pada moment peresmian Perpusda Kabupaten Bima ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bima, Sekretaris Daerah Drs.H.M.Taufik HAK M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD dan OPD Lingkup Setda, Camat dan para Kepala Desa Se-Kecamatan Palibelo, para Pegiat Literasi, Pelajar, Mahasiswa, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lainya.

Bupati Bima, HJ. Indah Dhamayanti Putri dalam sambutanya pada moment tersebut menyampaikan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Presiden RI dan Kepala Perpusnas RI yang telah mengalokasikan anggaran pembangunan fasilitas tersebut sebesar Rp8 Miliar.

“Alhamdulillah Kabupaten Bima bersama dua daerah lainnya di NTB yang mendapatkan alokasi dana bagi pembangunan gedung Perpustakaan dari Pemerintah Pusat,” tandas Dinda.

Politisi Partai Golkar yang juga disebut-sebut sebagai wanita tangguh dan Bupati Wanita pertama di belahan Indonesia Timur ini mengharapkan, setelah Perpusda tersebut diresmikan bisa meningkatkan minat baca masyarakat Bima. Sebab hal tersebut merupakan wujud dari komitmen Pemerintah untuk mendorong minat baca dan budaya literasi di Kabupaten Bima. Sementara Pemerintah Daerah (Pemda), diakuinya akan terus bergerak membangun serta mempersiapkan infrastruktur pendukungnya.

“Hal tersebut demi kemajuan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bima yang diharapkan mampu berkompetisi di era digital yang mendesak perpaduan antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) guna mewujudkan cita-cita masa depan dan keberlangsungan hidup bagi anak bangsa. Dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Bima cukup berlimpah, namun salah satu cara untuk mengelolanya adalah melibatkan SDM yang cerdas serta berdaya saing tinggi. Untuk itu, hadirnya Perpustakaan ini tentu saja bisa menambah referensi bagi generasi muda khususnya untuk mewujudkan mimpi serta cita-cita bagi masa depanya,” terang Politisi yang dikenal kaya akan kesolehan sosialnya ini.

Penandatanganan Prasasti Perpusa Kabupaten Bima Oleh Bupati Bima dan Kepala Perpusnas RI, Rabu (23/3/2022)

Hal itu diakuinya harus didukung kemampuan Iptek dalam diri generasi muda. Hal itu dijelaskanya bisa diperoleh melalui peningkatan minat baca. Oleh karenanya, berbagai buku refenrensi tentu akan disediakan oleh Pemerintah melalui Perpusda Kabupaten Bima tersebut. Sementara soal Literasi, ditegaskanya bukan sekeda bahwa masyarakat hanya bisa membaca. Namun yang sangat dibutuhkan adalah makna dari apa yang dibacanya.

“Siapa yang memiliki kemampuan dibidang Iptek maka dia akan bisa menguasai dunia. Oleh karenanya, mari memanfaatkan Perpusda Kabupaten Bima ini sebagai tempat yang menunjang anak bangsa khususnya di Bima ke arah itu. Sementara soal kekurangan seperti Buku bacaan pasca gedung Perpusda ini diresmikan, Insya Allah akan dibantu sekaligus dituntaskan oleh pihak Perpusnas RI,” harapnya.

Politisi yang dikenal ramah, pintar, cerdas, mura senyum dan kental dengan menjaga adab ini menuyatakan bahwa infrastruktur yang telah dibangun serta diresmikan ini harus terawat dan terjaga dengan baik. Hal ini bukan saja menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah melalui SKPD tersebut. Tetapi di dalamnya juga melekat tugas dan tanggungjawab masyarakat.

“Saya ingin memastikan bahwa perawatan dan kebersihan fasilitas Perpusda Kabupaten Bima ini sehingga tidak hanya terlihat mega. Tetapi juga harus menjadi salah satu kebanggaan kita semua. Oleh karenanya, mari kita secara bersama-sama menjaga, merawatnya dengan baik dan demikian pula soal nilai estetikanya,” imbuh Dinda.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI yakni Drs. Muhammad Syarif Bando, MM  dalam sambutannya menekankan soal pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan Perpusda Kabupaten Bima ini. Hal ini sesuai perintah Presiden RI yang menekankan soal pentingnya transformasi digital.

“Dalam kurun waktu tiga tahun sejak  dilantik sebagai Kepala Perpusnas RI yakni tahun 2017 hingga 2019, Perpusnas RI telah menjadi Perpustakaan digital terbaik di dunia dengan 3 miliar artikel  yang bisa diunduh secara online,” tandasnya.

Kepala Perpusnas RI ini kemudian mengungkapkan, disamping itu juga telah dijalin kerjasama dengan 800 penerbit untuk digitalisasi full text dan saat ini ada 800.000 teks yang bisa diakses melalui aplikasi e-perpustnas","tandasnya.

“Saya berharap agar gedung Perpusda Kabupaten Bima ini dapat menjadi simbol  yang melahirkan ilmu pengetahuan  dan Pemimpin besar,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Perpusnas RI didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan yakni Drs. Deni Kurniadi M.Hum, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Dr. Adin Bondar, S.S,M.Si, Plt. Kabag Umum Dewi Kartikasari S.Pd dan sejumlah Pejabat Fungsional pada Perpusnas RI.

Liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, usai peresmian Gedung Layanan Perpustakaan-Kepala Perpusnas RIO beserta rombonganya,  Bupati Bima dan Sekda setempat melakukan peninjauan ruangan Perpusda dan penanaman pohon ketapang kencana di halaman depan Gedung Perpusa setempat. (GHILANG/FAHRIZ/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.