Upacara HUT Kota Bima Ke-20, Wali Kota Bima Beberkan Sejumlah Capaian Mulai Dari Smart City Hingga Penghargaan Untuk Lurah Terbaik

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Saat Memimpin Upacara HUT Kota Bima ke-20 Tahun 2020

Visioner Berita Kota-Minggu (20/4/2022), sebuah peristiwa spektakuler di halaman Kantor Walikota Bima. Pada Minggu sore itu, dilaksanakan HUT Kota Bima ke-20 tahun 2022. Pada moment tersebut, Walikota Bima memimpin Upara HUT Kota Bima, dan membeberkan sejumlah capaian spektakuler mulai dari berbagai capain terbaik di masa tiga tahun setengah kepemimpinanya.

Yakni sederetan pembangunan fisik, mewujudkan Kota Bima sebagai Smar City hingga kepada pemberian piagam penghargaan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah terbaik di Kota Bima. Liputan langsung sejumlah Awak Media melaoporkan, sambutan ratusan undangan melalui yel-yelnya disaat Lutfi membeberkan sederetan keberhasilanya membangun Kota Bima di tiga tahun setengah masa kepemimpinannya, beikut catatanya,-

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Terbaik di Kota Bima Usai Upacar Hut Kota Bima ke-20
Pelaksanaan upacara HUT Kota Bima ke-20 jatuh pada hari minggu tanggal 11 April 2022 dilaksanakan secara sederhana dihalaman kantor Pemkot Bima pukul 15.30 Wita.

Hadir saat pelaksanaan upacara, Anggota DPR RI, Fraksi PAN, H Syafruddin, Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, Bupati Dompu Kader Jaelani unsur pimpinan DPRD Kota Bima dan jajaran Forkompinda Kota dan Kabupaten Bima, Tokoh Masyarakat, Toko Agama, Toko Pemuda, Sejumlah Ormas yang salah satunya KNPI setempat dan lainya.

Pada momen HUT Kota Bima, Wali Kota Bima, HM Lutfi selaku inspektur upacara menyampaikan, bahwa tradisi peringatan hari ulang tahun menjadi momen untuk menapak tilas pencapaian dan tantangan selama setahun terakhir.

Demikian pula yang kita lakukan pada peringatan hut ke-20 ini. Namun, jika kita harus menghitung antara pencapaian dan tantangan antara nikmat dan cobaan maka nikmat Allah untuk kota Bima sudah tak terhitung.

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Lurah Terbaik (Lurah Dara) Oleh Anggota DPR RI, H. Muhammad Syarifuddin, ST, MT Usai HUT Kota Bima ke-20
Meski demikian ujian pandemik yang belum berakhir dan menguras seluruh tenaga, Pikiran dan juga mempengaruhi kemampuan finansial kita selama tahun 2020 hingga 2022 ini. Namun beberapa agenda pembangunan masih berhasil kita laksanakan dengan baik meski ditahun 2021, keluasan fiskal yang tidak memadai, tetapi kota Bima mampu menghadirkan pembangunan megah luar biasa dihadapan kita ini, yakni sayap kantor Pemkot Bima.

Dimana ini adalah mimpi yang diharapkan oleh pendahulu pendiri kota Bima 20 tahun silam. Tentunya dengan penuh kebanggaan, kantor ini kita persembahkan untuk seluruh masyarakat kota Bima agar kota Bima semakin melaju setara dengan kota lainnya dalam kinerja dsn juga pelayanan kepada masyarakat.

Foto Bersama Usai Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Camat dan Lurah Terbaik di Moment HUT Kota Bima ke-20

Dengan penuh kebanggaan yang luar biasa juga buat kita telah mampu membuat satu gedung perpustakaan yang representatif yang sangat memukau dan diakui oleh kepala perpusnas RI sebagai bangunan perpustakaan terbaik se-Indonesia.

Selain itu kota Bima bersolek menjadi lebih indah dengan mengembangkan beberapa destinasi wisata sebagai sektor pengungkit perkembangan di sektor pariwisata. Salah satunya pembangunan pondok wisata Kolo yang Saat ini menjadi destinasi wisata baru di kota Bima.

Ada pula berbagai program pemberdayaan masyarakat yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru dan juga program pembangunan di bidang keagamaan dengan alokasi bantuan pembangunan pada masjid dan musholla yang ada diseluruh Kota Bima dengan nilai cukup fantastis.

Pembangunan yang ada ini tentunya tak serta Merta menjadikan kita berbesar hati, semua ini terealiasi karena dukungan dari berbagai pihak. Itulah salah satu dasar pemilihan tema hari ulang tahun kota Bima ke-20 " membangun Bersama Menuju Kota Bima Setara dan Mandiri".

Foto Bersama di Moment HUT Kota Bima ke-20 Usai Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada OPD-OPD Terbaik di Kota Bima

Tema ini sekaligus pengingat, bahwa tujuan dibentuknya Kota Bima salah satunya, adalah mewujudkan masyarakat mandiri dan dapat bersaing setara dengan kota-kota besar lainnya di indonesia. 

"Kita harapkan seluruh masyarakat kota bima dengan bergandengan tangan bangkit menjadi salah satu kota besar yang berkarakter dan mendunia," harap Wali Kota Bima.

Tentunya, apa yang telah kita hasilkan selama 20 tahun terakhir ini ibaratnya barulah seujung kuku pada badan kita, masih begitu banyak yang harus kita wujudkan bersama, dan untuk mewujudkan.

Menapaktilasi perjalanan kita satu tahun terakhir, banyak suka dan duka yang kita lewati, ada pencapaian yang sedikit melegakan, tetapi di lain pihak masih banyak aspirasi masyarakat yang belum kita penuhi.

Masih banyak mimpi kita semua untuk kota ini, berbagai keterbatasan tidak lantas membuat semangat kita surut, jika kita punya mimpi maka kini saatnya kita bangun dan mewujudkan mimpi itu dengan terus bekerja menunjukkan dedikasi terbaik membangun daerah ini.

Ketua TP-PKK Kota Bima Bersama Lurah Terbaik, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Terbaik di Kota Bima Usai HUT Kota Bima ke-20
"Allhamdulillah beberapa program dan pusat pelayanan publik yang representatif telah mampu kita hadirkan," ungkap Wali Kota.

Diantara, penataan lapangan pahlawan, penataan pantai kolo, pembangunan puskesmas kumbe, pembangunan sayap kantor walikota, pembangunan gedung perpustakaan daerah, pembangunan skala kawasan kota baru, renovasi gedung uji kir yang sejak 25 tahun yang lalu tidak bisad dimanfaatkan.

Ada pula program pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 yang tengah terjadi, berupa pemberian berbagai bantuan usaha di berbagai bidang.

Dimulai pada tahun 2020 dengan alokasi anggaran sebesar 8 miliar dan dilanjutkan di tahun 2021 sebesar 4 miliar, meliput program bantuan usaha di bidang pertanian dalam bentuk usaha ternak dan unggas. Bantuan di bidang peternakan dan perikanan dalam bentuk bantuan alat tangkap dan bantuan pemberdayaan usaha, bantuan pemberdayaan kelompok perempuan, kelompok tenun, usaha kecil dan menengah, kelompok usaha bersama dan bantuan jaring pengaman sosial (JPS). 

Foto Bersama Muspida Kota Bima Bersama Bupati Bima, Bupati Dompu dan Ketua DPRD Kota Bima Usai Perayaan HUT Kota Bima ke-20

Melalui program tersebut diharapkan mampu menciptakan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, pembangunan smart city di tahun 2021 ini mulai bergeliat hal ini ditandai dengan peresmian command centre yang merupakan satu-satunya di Provinsi NTB.

Command center merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan publik yang menyediakan berbagai informasi di lingkup pemerintahan. Salah satu layanan unggulannya adalah E-Lapor.

Inilah yang kemudian mendasari pembagian handphone android pada semua RT, karena dengan aplikasi E-Lapor, informasi dari masyarakat dapat langsung ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.

Foto Bersama Walikota Bima, Kapolres Bima Ketua DPRD Kota Bima Usai Perayaan HUT Kota Bima ke-20

Jelas Wali Kota, dari sejumlah program pembangunan dan invasi telah dilaksanakan juga dengan capaian dan pengakuan melalui sejumlah penghargaan telah diraih pada tahun 2021.

Diantaranya, piagam penghargaan sinergisitas terbaik kedua oleh danrem 162/wira Bhakti, penghargaan dari badan pelindungan pekerja migran indonesia (bp2mi) atas komitmen penuh memberikan pelatihan dan sertifikasi keahlian kompetisi pada pekerjaan migran.

Kemudian predikat B pada evaluasi sakip, penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK yang ketujuh kali berturut-turut. Penghargaan Kota Layak Anak dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Kemudian penghargaan keterbukaan informasi informasi publik tingkat provinsi NTB, penghargaan top 99 inovasi pelayanan publik, yakni inovasi "smart cloud" dari Kemenpan-RB.

Penganugerahan tiga teratas Nasional predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik tahun 2021.Terakhir, penghargaan digital Innovation Award (DIA) kategoridM digital innovation for public service dan penghargaan kota terbaik dalam pembangunan daerah di ntb tahun 2021.

Tampak Istri Bupati Dompu, Ketua TP-PKK Kota Bima dan Ketua Iswara Kota Bima dan Istri Kapolres Bima Kota Bima (Ketua Bhayangkari Setempat) Saat Upacara HUT Kota Bima-20

Tentunya, Semua pencapaian ini tidak akan dapate terwujud tanpa dukungan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi NTB, DPRD Kota Bima, forum koordinasi pimpinan daerah, organisasi non pemerintah, Bumn/bumd, maupun berbagai komunitas masyarakat.

Pada momen HUT kota Bima itu juga wali kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen yang telah melibatkan diri dalam pembangunan Kota Bima tercinta.

Walaupun memang kedepan, kita masih akan menghadapi banyak tantangan, namun kita sudah memiliki modal yang kuat, yaitu hubungan harmonis antara seluruh komponen, eksekutif, legislatif dan yudikatif serta.

Serta modal paling besar adalah dukungan seluruh masyarakat Kota Bima yang berkeinginan besar maju " inilah kekuatan kita paling besar," pungkas Wali Kota Bima. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.