Header Ads

Rombongan BP2MI Tiba di Bima, Disambut Walikota Bima dan Forkopimda

Esensi Kehadiran BP2MI Membahas Soal Keselamatan, Kesejahteran, Nasib dan Masa Depan PMI di LN

Moment Pengalungan Selempang Selamat Datang Oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Kepada Brigjend Pol Adeni Muhan Daeng Pabali di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima (18/5/2022)

Visioner Berita Bima-Janji Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jakarta dibawah kendali H. Syarif Hidayatullah, SH, MH dan Ketua Angkatan Muda Bima Indonesia (AMBI) Jakarta untuk menghadirkan pihak Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dibawah kendali Beny Ramdhani (Kepala BP2MI) di Bima, nampaknya bukan sekedar wacana. Tetapi nyata adanya.

Esensi kehadiran pihak BP2MI di Bima dan Sumbawa, dijelaskan lebih kepada membahas tuntas tentang keselamatan, nasib, masa depan dan kesejahteraan PMI di berbagai Negara di Luar Negeri. Tak hanya itu, esensi lain kehadiran pihak BP2MI tersebut, antara lain memangkas praktek mafia melalui pengiriman PMI secara ilegal oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab di sejumlah Negara di Luar Negeri (LN), salah satunya di Timur-Tengah (Tim-Teng).

Rabu sore sekitar pukul 17.15 Wita, rombongan BP2MI dijemput oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE di Bandara Muhammad Salahuddin Bima. Pada moment penjemputan tersebut juga melibatkan pihak Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima, Antara lain Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH, Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.IK, SH, Danyon C Pelopor, AKBP Sulkarnain, S.IK, delgasi dari Kodim 1608.Bima, Ketua BMMB Jakarta, H. Syafir Hidayatullah, SH, MH, Ketua AMBI Jakarta, Yusril dan sejumlah Personil dari salah satu Perusahaan yang berkaitan dengan PMI yang berkantor di Bima (PT Citra Putra Indarab).

Pada moment penyambutan rombongan dari BP2MI tersebut, hadir pula Kadisnaker Kota Bima, Ir. H. Tafsir A. Majid dan Sekretarisnya, Gufran, Spd, Kadisnakertrans Kabupaten Bima, Fatahullah, S.Pd beserta jajaranya, Plt Asisten III Serda Kota Bima, Drs. Adisan Sahidu, Ketua DPC Partai Nasdem Kota Bima, Hj. Mutmainnah Haris dan jajaranya, dan lainnya.

Moment Foto Bersama di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima (18/5/2022)

Sementara rombongan BP2MI yakni Direktur Penempatan Pemerintah Kawasan Eropa Timur-Tentang, Dyah Rejekiningrum, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa Timur (Ertim), Brigjend Pol Adeni Muhan Daeng Pabali, Direktur PLPB Kawasan Asia Afrika, Bigjend Pol Suyanto, Direktur Sistim Strategi Kawasan Ertim, Sukarman dan Direktur PLPB Kawasan Amerika dan Pasifik, Seriulina.

Selain itu, juga hadir sejumlah staf BP2MI. Yakni Dwi Hartanto, Billy Jean Gandajaya, Muhammad Saiful Aziz, Aditya Hartomo, Bosya, Arif Dinna Dwi P, Aris (SSPP Ertim),  Maria (PNP Asaf), Christin Lom Lom (PNP Asaf), Tri Suwito (PP Ertim), Yunita (PLPB Ertim) dan Shanti (PLPB Apik).

Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, pada moment dimaksud rombongan BP2MI juga didampingi oleh Anggota DPD-RI Dapil NTB yakni Evi Apita Maya. Masih dalam liputan langsung Media ini, tiba di Bandara Muhammad Salahuddin Bima-Walikota Bima mengalungkan selempang tradisional Bima yang terbuat dari tenunan asli Bima kepada Brigjend Pol Adeni Muhan Daeng Pabali dan sejumlah Direktur lainnya pada BP2MI.

Selanjutnya pihak BP2MI sempat berbincang-bincang beberapa saat dengan Walikota Bima serta rombongannya di ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dan kemudian melanjutkan perjalanan untuk menemui ratusan Calon Pekerja Indonesia (CPI) di Kantor BLKLN milik PT Citra Putra Indarap yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kelurahan Mongonao Kecamatan Mpunda-Kota Bima.

Moment Foto Bersama di Kantor BLKLN Kota Bima Bersama CPI (18/5/2022)

Tiba di Kantor BLKLN tersebut, rombongan BP2MI serta rombongan Walikota Bima disambut dengan tarian khas Bima. Dan hanya itu, rombongan juga disambut dengan tarian “Wura Bongi Monca” (tarian penaburan beras kuning) yang merupakan salah satu tarian tradisional khas Bima. Di moment itu pula, rombongan disambut oleh ratusan CPI yang berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Setelah sekitar satu jam mengisi acara pada Kantor BLKLN tersebut, rombongan Jenderal Bintang Satu tersebut kemudian melanjutkan kegiatan ramah-tamah di Kediaman Walikota Bima. Kegiatan dimaksud berlangsung usai Sholat Maghrib hingga selesai. Dan di kediaman orang nomor satu di Kota Bima tersebut (Walikota Bima) rombongan dijamu dengan menu makanan khas Bima, dan nasi “Kabuli”.

Kehadiran rombongan di kediaman Walikota Bima tersebut, disambut hangat oleh Ketua RP-PKK Kota Bima, Hj. Rllya Alwainy H. Muhammad Lutfi (istri Walikota Bima). Secara terpisah, Ketua AMBI Jakarta yakni Yusril yang didampingi Ketua BMMB Jakarta, H. Syarif Hidayatullah, SH, MH yang dimintai komentarnya menjelaskan bahwa kegiatan puncak antara pihak BP2MI dengan ratusan CPI di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu di Gedung Seni Budaya (GSB) Kota Bima, Kamis (19/5/2022). Pada kegiatan puncak di maksud juga akan dihadiri oleh Walikota Bima dan OPD terkait, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE serta OPD terkait di Kabupaten Bima.

“Pada kegiatan puncak di GSB Kota Bima dimaksud, pihak BP2MI akan melakukan sosialisasi tentang keselamatan, kesejahteraan serta nasib dan masa depan PMI di berbagai Negara di LN oleh pihak BP2MI. Juga yang dibahas pada moment sosialisasi tersebut yakni betapa pentingnya bagi CPMI untuk mengikuti pola rekrutment menjadi PMI di berbagai Negara di LN melalui jalur formal (Pemerintah),” terang Yusril.

Di Moment Acara Ramah-Tamah di Kediaman Walikota Bima (18/5/2022)

Sebab, hanya melalui jalur formal tersebut yang ditegaskanya mampu memberikan proteksi seluruh aspek yang dibutuhkan oleh para PMI di berbagai Negara di LN. Dan melalui jalur formal itu pula, diakuinya bahwa Negara hadir memberikan jaminan kesejahteraan dan keselamatan bagi PMI di berbagai Negara di LN mulai dari ujung kakinya sampai ke ujung rambutnya.

“Negara melalui BP2MI hadir untuk itu. Dan dalam kaitan itu pula, Negara melalui BP2MI hadir untuk memangkas praktek-praktek mafia selama ini mengirim PMI secara ilegal ke berbagai Negara di LN yang membuat PMI menderita di berbagai sisi. Untuk mengetahui secara detail tentang hal itu, silahkan hadir secara langsung pada moment sosialisasi yang akan dilaksanakan Kamis besok (19/5/2022),” harap Yusril.

Yusril menambahkan, pada kegiatan sosialisasi (acara puncak) yang diselenggarakan di GSB Kota Bima Kamis besok (19/5/2022) juga akan dirangkaikan dengan penyerahan sebanyak 500 paket Sembako dari BP2MI kepada Purna PMI di berbagai Negara di LN yang berasal dari Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

“500 paket Sembako tersebut sudah dipersiapkan dan akan diserahkan secara langsung oleh pihak BP2MI kepada ratusan Purna PMI asal Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu dimaksud. Usai melaksanakan kegiatan sosialisasi di GSB Kota Bima, rombongan BP2MI akan melanjutkan kegiatan yang sama di Kabupaten Sumbawa,” pungkas Yusril. 

Sekedar catatan penting, Kepala BP2MI (Beny Ramdhani) dijelaskan tidak bisa hadir di Bima karena dipanggil secara mendadak oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua AMBI Jakarta, Yusril. Olehnya demikian, Kepala BP2MI tersebut menyampaikan permohonan kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten  Dompu dan Kabupaten Sumbawa, (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.