Header Ads

Setelah Membuktikan Sederetan Keberhasilannya, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Diganti AKBP Rohadi

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH

Visioner Berita Kota Bima-Tercatat sudah sekitar satu tahun AKBP Henry Novika Chandra menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. Kendati jabatanya tergolong tak terlalu lama, namun diakui bahwa Henry telah mampu membuktikan kiuprah terbaiknya di wilayah hukum Polres Bima Kota. Antara laiun berhasil mengungkap sederetan kasus-kasus tindak pidana kejahatan luar bisa, tak terkecuali kasus Korupsi dan kasus kejahatan seksual terhadap anak dibawah umur yang melibatkan oknum aparat Desa sebagai pelaku maupun terduga pelakunya.

Dalam waktu dekat, Henry akan eninggalkan Kota Bima karena dipercaya oleh Kapolri untuk menempati jabatan baru sebagai Kapolres Sumbawa. Selama satu tahun menjabat sebagai Kapolres Bima Kota, Henry dikenal sebagai sosok yang sangat baik, terbuka kepada semua orang, santai tetapi tegas, disiplin, berkredible dan berdedikasi tinggi. Kendati dikenal sangat kocak dan santai, Henry dikenal sebagai sosok yang kaya akan konsep dan strategi dalam pengungkapan kasus-kasus tindak pidana kejahatan luar biasa di wilayah hukum Polres Bima Kota.

Kepindahan Henry menempati jabatan baru sebagai Kapolres Sumbawa, diketahui melalui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi jabatan disejumlah posisi Kapolres. Informasi yang dihimpun, rotasi dan mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP/2022, per tanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh As SDM Polri atas nama Kapolri.

Diantara rotasi dan mutasi jajaran Kapolres tersebut salahsatunya Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra. Pengganti AKBP Haryo Tejo Wicaksono, Kapolres Bima Kota sebelumnya itu, mendapat penugasan baru sebagai Kapolres Kabupaten Sumbawa Polda NTB.

Posisi AKBP Henry Novika Chandra, diganti oleh AKBP Rohadi yang sebelumnya menjabat Kasubdit 2 Dereskrimum Polda NTB.

Kasi Humas Polres Bima Kota, IPTU Jufrin yang dikonfirmasi membenarkan hal itu. Surat telegram Kapolri telah diterima pihaknya hari ini. 

"Iya benar, TR-nya turun hari ini," ujarnya, Selasa (21/6/2022).

Jufri mengatakan, proses serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Bima Kota dari AKBP Henry kepada AKBP Rohadi akan dilaksanakan setelah ada instruksi dari atasan. "Sementara kita menunggu informasi dan perintah pimpinan," katanya.

Diketahui, AKBP Henry Novika Chandra mulai bertugas sebagai Kapolres Bima Kota pada Juli 2021 lalu. Ia menggantikan AKBP Haryo Tejo Wicaksono yang pindah tugas sebagai Irbid Itwasda Polda Jawa Barat. Sebelum itu, AKBP Henry Novika Chandra menjabat sebagai Kasat Pjr Ditlantas Polda NTB. 

Selama sekitar satu tahun menjabat sebagai Kapolres Bima Kota, Henry diakui telah membuktikan kinerja terbaiknya baik dari sisi penegakan supremasi hukum, penanganan konflik, pemberantasan Miras, pemberantasan Narkoba, penanganan kasus kejahatan terhadap anak dibawah umur, KDRT, minimnya konflilk di wilayah hukum Polres Bima Kota, penuntasan kasus panah, serta kasus-kasus besar lainya termasuk soal Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) dan Pencurian serta Pemberatan (Curat).

Tak hanya itu, Henry bersama Tiga Pilar di Kota Bima telah mambuktikan kemampuanya membawa Kota Bima sebagai salah satu daerah di NTB yang tercepat dalam penanganan Covid-19. Henry juga diukenal sebagai sosok yang sangat disiplin dalam menjalanbkan tugasnya sebagai Polri, membangun Harmonisasi baik dengan bawahanya, dengan Pemerintah daerah baik Kota maupun Kabupaten Bima serta dikenal tidak memiliki sekat dengan berbagai elemen masyarakat di Bima.

Yang tak kalah spektakulernya lagi, Henry berhasil meraih piagam penghargaan dari p[ihak Komnas Anak RI atas keberhasilanya menuntaskan kasus kejahatan seksual terhadap anak dibawah umur di wilayah hukum Polres Bima Kota. Henry juga dikenalk sebagai sosok yang sangat5 lihai dalam mengungkap misteri kematian warga Ambalawi-Kabupaten Bima yakni Desy (Alm) di salah satu kamar kos di wilayah Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda-Kota Bima.

Bukan itu saja, tekad Henry untuk melakukan pemberantasan terhadap peredaran Miras dan Narkoba di Kecamatan Lambu dan Sape-Kabupaten Bima yang disebutr-sebut sebagai pemicu terjadi konflik antar warga hingga kasus pembnuhan, bukan sekedar wacana hampa. Tetapi dibuktikan secara nyata oleh Henry. Alhasil, Sape dan Lambu yang sebelumnya diebut-sebut sebagai "zona merah" namun kini telah berubah menjadi salah satu wilayah teraman di Kabupaten Bima.

"Terimakasih telah membangun kerjasama yang baik dengan kami selaa ini. Mohon maaf atas kekurangan kami selama ini. Yang jelas, secara pribadi saya telah memposisikan orang Bima sebagai bagian terbesar dari keluarga saya sendiri serta kjeluarga besar bagi Polri. Keberhasilan yang telah koita raih selama ini, tentu saja tak lepas dari kerjasama yang baik antara Polres Bima Kota dengan seluruh elemen masyarakat di Bima," ujar Henry.

Kini sosok yang dikenal kocak, humanis, cerdas, mampu dan kaya akan kesolehan sosial ini dipercayakan oleh Kapolres untuk menempati jabatan baru sebagai Kapolres Sumbawa. Hal tersebut diakuinya tak lepas dari adfanya doa dan dukungan masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten. 

"Apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatanb yang setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada Wa;likota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan jajaranya, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE serta jajaranya atas kerjasama yang baik dengan kami selama ikni. Pernyataan yang sama juga saya sampaikan kepada pihak Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima, pihak DPRD Kota dan Kabupaten Bima," ucap Henry.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Henry kepada para Wartawan yang diakuinya sejak awal hingga detik ini masih sangat konsisten bersama Polri dalam penanganan berbagai kasus tindak pidana kejahatan, termasuk sederetan kasus luar biasa yang terjadi di wilayah hukum Polres Bima Kota. Hal tersebut diharapaknya bisa dijaga, dipertahankan dan dilestarikan sampai kapanpun.

"Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada seluruh para Pegiat Perempuan dan Anak yakni PUSPA, LPA, Peksos, Relawan Anak NTB dan Instansi terkait baik di Kota maupun di Kabupaten Bima yang sejak awal hingga saat ini sangat konsisten mengawal dan mengawasi Penyidik dalam penanganan kasus tindak pidana kejahatan terhadap anak dibawah umur. Kerjasama yang baik tersebut juga telah membuktikan hasil yang sangat baik (para pelakunya dipenjara) dan masih ada pula yang sedang menjalani proses hukum. Dalam kaitan itu, saya berharap agar kita semua tidak mudah menyerah, semoga lelah menjadi Lillah," harapnya.

Kasus tindak pidana kejahatan terhadap anak dibawah umur di wilayah hukum Polres Bima Kota, diakuinya akhir-akhir ini kian meningkat saja. Oleh sebab itu, Henry menghimbau kepada semua pihak agar tetapo waspada, mawas diri, menjaga, mengontrol serta mengawasi secara ketat ruang gerak anak-anaknya. Sebab, sederetan kejadian tersebut salah satunya terjadi karena lemahnya fungsi kontrol dan poengawasan oleh para orang tua, serta anak-anak yang tidak bisa menjaga dirinya sendiri.

"Dalam penanganan  berbagai kasus tindak pidana kejahatan di wilayah hukum Polres Bima selama satu tahun menjabat sebagai Kapolres di sini,  berbagai keberhasilan yang telah diraih juga tak lepas dari adanya kerjasama yang baik dari adik-adik mahasiswa, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lainya. Terimakasih karena selama ini telah menerima dan melayani saya dan keluarga sebagai bagian terbesar dari keluarganya masyarakat Bima pula. Kendati kami berpindah tugas ke Sumbawa, kami berharap agar hubungan harmonis serta kerjasama yang baik antara seluruhy elemen masyarakat dengan Polri bisa dijaga, dipertahankan dan dilestarikan sampai kapanpun," ucap Henry. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.