Wali Kota Bima Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2022

Wali Kota Bima Saat Terima Penghargaan.

Visioner Berita Kota Bima-Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri acara Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Wali Kota Bima didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Setda Kota Bima Iskandar Zulkarnain, S.STP, Kepala Bidang TIK Diskominfotik Kota Bima Fadil, S.STP.

Turut pula hadir dalam acara Penganugerahan tersebut yakni Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dan Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Utama Sampurna, 7 Gubernur, 16 Bupati, dan 7 Walikota se Indonesia.

H. Muhammad Lutfi, SE dinilai sebagai Kepala Daerah Inovatif Kategori Pelayanan Publik Terbaik yang telah berhasil mengembangkan Pusat Layanan Publik Berbasis Teknologi dalam melakukan pelayanan pada masyarakat, khususnya pada pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak yang rentan akan kekerasan melalui Inovasi SIRAPP pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima.

Atas capaian yang telah diperoleh, H. Muhammad Lutfi, SE menyadari akan dukungan nyata dari OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, sehingga mengantarkan Kota Bima dibawah kepemimpinan dirinya terpilih sebagai Kota Pelayanan Publik Terbaik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen OPD yang terlibat dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan (SIRAPP) sebagai ruang pelaporan dan pengaduan masalah perempuan dan anak untuk memberdayakan kaum perempuan serta melindungi anak-anak kita, sehingga Kota Bima terpilih sebagai Kota Pelayan Publik terbaik," ucap Walikota Bima.

Apa yang menjadi harapan dirinya, mampu dijabarkan secara cerdas oleh perangkat kebawah. Menitip harapan agar apa yang telah dicapai untuk dipertahankan dan tentu semakin ditingkatkan.

"Segenap capaian ini, dari dan untuk seluruh masyarakat Kota Bima. Selamat dan terima kasih," katanya.

Ajang Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) sebuah ajang tahunan yang digelar untuk memberikan apresiasi sekaligus motivasi kepada kepala daerah agar terus berkreasi dan berinovasi dalam memajukan masyarakat dan daerah yang dipimpinnya.

Penghargaan KDI 2022 mengangkat tema "Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0" yang merupakan gelaran ke-9 sejak 2014 lalu.

Ada beberapa kategori penilaian yang diberikan, yaitu kategori pelayanan publik, kategori pendidikan, kategori ekonomi, dan kategori pariwisata.

Sebagai informasi, KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Percepatan pembangunan daerah adalah kunci kemajuan negara, dari daerah untuk Indonesia. Dan media massa mempunyai kewajiban untuk ikut mendorong lahirnya pemimpin bangsa yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

KDI digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kedua, di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015. Sedangkan pada 2016 dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, lalu tahun berikutnya yakni 2017 dilangsungkan di Jakarta. Pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Lalu pada 2019 di Padang, Sumatera Barat. Sedangkan pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi. Pada 2022 ini KDI digelar di Semarang Jawa Tengah, dan rencananya akan digelar di Kota Bima NTB pada 2023 mendatang. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.