Rekrutmen Capas Tahun 2023 Banyak Terpental di Sesi Verfal Administrasi

Antara Lain Puluhan Capas Tingkat Kabupaten Bima Yang Mengikuti Sesi PBB Yang Dilaksanakan di Lapangan Eks Kantor Bupati Bima di Raba, Senin (20/3/2023)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Rekrutmen Calon Anggota Paskibraka (Capas) tingkat Kabupaten Bima tahun 2023 telah dimulai. Berbagai sekolah (SLTA sederajat) pun berlomba-lomba melakukan pendaftaran secara online. Mereka diwajibkan untuk mengisi formulir yang dikirim oleh pihak Panitia Penyelenggara (Panpel) melalui emailnya masing-masing pendaftar dimaksud.

Hanya saja jumlah akun sebanyak 346, namun yang  mengapload berkas ke Panitia Seleksi sebanyak 234. Sementara yang dinyatakan lolos pada persyaratan administrasi melalui hasil Verifikasi Faktual (Verfal) oleh Panitia Pelaksana sebanyak 170 orang. Ditegaskan, ratusan orang yang terpental pada sesi Verfal tersebut karena ditemukan tidak mengisi persyaratan yang sudah dicantum melalui formulir dimaksud.

Masalah tersebut, dijelaskan karena kelemahan para Pembina Paskibraka di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bima. Dan  170 orang inilah yang lolos persaratan administrasi tersebut berhak mengikuti sesi berkutnya yakni mengikuti sesi Parade. Namun pada tahapan Parade, puluhan orang Capas tersingkir alias Pulang Kampung (Pulkam). Namun yang dinyatakan lolos pada tahapan itu sebanyak 103 orang. Puluhan orang tersebut dinyatakan Pulkam karena alasan fisik. Yakni soal tinggi badan dan berat badan.

Dari jumlah Capas sebanyak 103 orang tersebut, dijelaskan mengikut sesi lainya. Yakni Testing Wawasan Kebangsaan (TWK). Pada testing TWK ini dijelaskan juga ada Capas yang terpental. Sementara yang dinyatakan lolos pada sesi TWK ini yakni 93 orang. Selanjutnya 93 orang Capas ini masih harus mengikuti sesi lainya. Yakni Testing Inteligensia Umum (TIU). Pada sesi ini, dijelaskan bahwa semuanya dinyatakan lolos.

Hari ini, Senin (20/3/2023) Capas sebanyak 93 orang ini mengikuti sesi selanjutnya yakni Peraturan Baris Berbaris (PBB). Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, pelaksanaan kegiatan PBB ini dimulai sejak pagi hingga berakhir sekitar pukul 14.30 Wita. Moment tersebut terlihat memposisikan anggota Kodim 1608/Bima yakni Serma Asril sebagai Koordinator Tim Seleksi PBB.

Penilaian soal PBB tersebut, dijelaskan sudah dilaksanakan pada hari ini juga. Lebih jelasnya, score nilainya sudah diverifikasi oleh BPIP. Dan hasil score nilai tersebut sudah dikirim melalui masing-masing akun Capas dimaksud.  Demikian dijelaskan oleh Admin Paskibraka Kabupaten Bima, Vevitri Utami, S.Si yang didampingi oleh Kabid Pengembangan Nilai-Nila Kebangsaan yang menangani Paskibraka pada Bakesbangpol Kabupaten Bima, Zulkifli S.Sos kepada Media ini, Senin (20/3/2023).

“Ratusan orang yang terpental pada Verfal administrasi tersebut dinilai atas kelemahan para pembinanya di tingkat Kecamatan. Padahal, form soal persyaratan yang dikirim melalaui secara online kepada akunya masing-masing hanya diarahkan untuk diisi oleh para pembinanya. Namun masih juga ditemukan ada sejumlah persyaratan mutlak yang tidak diisi oleh ratusan pendaftar dimaksud,” ungkapnya.

Sejumlah persyaratan mutlak yang tidak diisi tersebut, antara lain soal surat keterangan persetujuan orang tua, ambang batas umur yang telah ditetapkan secara resmi (maksimal usia Capas yakni sedang duduk pada bangku kelas X) namun ditemukan adanya pendaftar yang sedang duduk di bangku kelas XI (hal itu terjadi di salah satu sekolah di Kecamatan Wera-Kabupaten Bima).

“Kelemahan-kelamahan tersebut, harus dijadikan sebagai pelajaran untuk berbenah sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari. Sekedar catatan penting, berbagai tahapan seleksi tersebut dilakukan secara ketat. Tim penilai bekerja secara independen, serius, profesional, terukur dan bertanggujawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku (menutup intervensi dari pihak manapun),” tegas keduanya.

Vevi dan Zul kemudian menjelaskan, setelah melewati sesi PBB tersebut maka 93 orang Capas tersebut masih akan mengikuti 2 sesi penting lainya. Yakni sesi Kesamaptaan dan tes kepribadian alias wawancara. Sesi Kesamaptaan tersebut, rencananya akan dilaksanakan pada Selasa besok (22/3/2023). Sementara terkait moment tes wawancara tersebut, direncanakan sebelum bulan Ramadhan (Puasa) tahun 2023 ini pula.

“Insya Allah kegiatan seleksi reksrutmen Capas ini akan berakhir sebelum bulan Ramadhan tahun ini.  

Tahapan penilainya langsung dilakukan hari ini. Sementara hasil akhir soal lolos atau tidaknya akan ditentukan para peserta  Capas melewati dua sesi lagi yakni Kesamaptaan dan Tes Kepribadian atau wawancara.

Sementara untuk menentukan lolos atau tidaknya mereka menjadi anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Bima tahun 2023 akan ditentukan setelah melaksanakan dua sesi dimaksud. Dan dari 93 orang peserta Capas akan mengikuti dua sesi dimaksud, pada akhirnya yang diputuskan secara resmi menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Bima tahun 2023 adalah sebanyak 38 orang.

“Menjelang lahirnya keputusan tersebut, tentu saja kompetisinya semakin ketat. Bersamaan dengan hal itu, para tim penilai tetap bekerja dengan sangat teliti, profesional, terukur bertangungjawab sesuai dengan aturan yang berlaku,” papar keduanya.

Sekedar catatan, seleksi Capas tingkat Kabupaten Bima pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanaan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bima. Sementara pada tahun 2023 ini, diakui sebagai yang pertama kali bagi Bakesbangpol Kabupaten Bima melakukan seleksi Capas dimaksud.

“Ya, ini adalah moment perdana bagi Bakesbangpol Kabupaten Bima ditunjuk untuk melakukan seleksi Capas. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut dilaksanakan oleh pihak Dinas Dikpora Kabupaten Bima,” ulas keduanya. (TIM VISIONER) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.