Ini Kata H. Rum Terkait Sentra Tenun Ntobo Yang Go Nasional

Penyerahan piagam penghargaan oleh PJ Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum kepada dua keluaran yang menghasilkan kreativitas Tenun.

Visioner Berita Kota Bima-
H. Mohammad Rum, ST, MT, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Open Seremoni Ntobo Fashion Week Tahun 2023, yang bertempat di Lapangan Kelurahan Ntobo kemarin, Sabtu (30/9/2023).

Pada kegiatan tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima itu didampingi PJ Ketua PKK Kota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima, Staf Ahli Wali Kota bidang Kesra, Kemasyarakatan. staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan. 

Selain itu, didampingi pula Kepala Inspektorat Kota Bima, Kepala BKPSDM Kota Bima, Kepala Disnakertrans Kota Bima, Kepala Dishub Kota Bima, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Kepala Dinsos Kota Bima, Kepala Dikes Kota Bima, Kepala DPK3A, Kepala Disparbud Kota Bima, Camat dan Lurah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus STIE Bima ini, H. Rum mengaku bangga sekaligus mengapresiasi. Hingga pada tahap ke tiga ini, H. Rum berharap organisasi perangkat daerah membackup kegiatan serupa berkelanjutan.

Dia menyarankan, kegiatan semacam ini harus ada intervensi dinas terkait. Pengrajin Tenun Ntobo dan pengrajin tenun di Kelurahan lain pun perlu diberikan hak paten. 

"Itu yang sangat penting dilakukan. Supaya, tidak bisa diakui orang lain. Sisi lain diharapkan ada nilai ekonomi yang bisa dibanggakan. Sehingga mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi baru. Sangat disayang jika langkah-langkah tersebut tidak lakukan. Sementara hasil kerajinan Tenun Ntobo sangat luar biasa sudah go nasional," cetusnya.

Demikian juga dengan Kelurahan lain di Kota Bima ini. Tidak boleh mengembangkan hal yang sama. Potensi yang dapat menumbuhkan nilai ekonomi baru yang ada di masing-masing wilayah harus dilestarikan dan dikembangkan.

"Supaya masing-masing Kelurahan memiliki icon yang beragam," tandasnya.

Kegiatan Open Seremoni Ntobo fashion Week ini diikuti sebanyak 70 peserta yang terdiri dari 5 tingkatan. Diantaranya tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga tingkat Umum.

Kegiatan ini pula menampilkan beragam corak tenun khas Bima yang diperagakan oleh para peserta. Juga dirangkaikan dengan pemberian piagam penghargaan oleh Kampus STIE Bima kepada Camat Raba dan Lurah Ntobo sebagai kelurahan yang menghasilkan kreativitas Tenun. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.