Header Ads

Wow Inovatif, SMKN 1 Woha Bima Sukses Ciptakan Sepeda Listrik Satria I

SMKN 1 Woha Launching Sepeda Listrik Karya Siswa dan Guru.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Baru baru ini dunia pendidikan dihebohkan dengan satu karya tangan siswa dan guru di Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Sabtu (26/2/2022) kemarin, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Woha langsung melaunching sepeda elektrik “Satria I” di halaman sekolah setempat.

Salahsatu kreatifitas semacam ini pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak karena telah sukses menciptakan satu sepeda listrik yang keren. 

Kepala SMKN 1 Woha Kabupaten Bima Muhammad Badrun menyampaikan, selama proses perakitan hingga sepeda listrik ini bisa dioperasikan merupakan hasil kerja keras guru yang berkolaborasi dengan siswa dari 3 kompetensi keahlian, yaitu Teknik Mesin yang mengembangkan bentuk rangka, Teknik Kelistrikan yang mengembangkan daya, serta Teknik Kendaraan Ringan yang merangkai baterai menjadi tempat penyimpan daya.

“Alhamdulillah sepeda elektrik yang diciptakan ini mampu bekerja dari jarak Kecamatan Woha menuju Kota Bima, dengan kecepatan normal 40 kilometer perjam,” terangnya saat dihubungi media ini, Minggu (27/2/2022).

Dijelaskannya, pengembangan inovasi ini guna menjawab tantangan dari Dinas Dikbud Provinsi NTB yang menginstruksikan lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kemampuan belajar, dengan menghasilkan karya terbaru demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Momen terciptanya sepeda elektrik inipun lahir setelah pihak sekolah berdiskusi dengan jajaran PT PLN Bima. Kemudian dari hasil tukar pikiran tersebut, lahirlah sebuah inovasi brilian ini.

“Apa yang kami ciptakan ini merupakan yang terbaik, namun masih ada sejumlah pembenahan. Sehingga ke depan tim akan bekerja lebih keras lagi untuk menyempurnakan karya terbaik dan pertama di Bima ini,” tandas mantan Kepala SMKN 2 Kota Bima itu.

Badrun menjelaskan, inovasi baru ini menjadi sejarah yang diciptakan SMKN 1 Woha, karena yang pertama mengembangkan karya dari kolaborasi guru dan siswa. Sehingga karya tersebut, mampu mensejajarkan sekolahnya dengan lembaga pendidikan di NTB dan secara nasional.

“Kedepan akan ada inovasi dan ide kreatif terbaru lainnya. Untuk itu kami akan terus berinovasi guna menghasilkan pendidikan bermutu dan mencetak generasi siap bekerja,” imbuhnya.

Sementara itu, guru pembina Gufran menambahkan, sepeda elektrik yang tersebut memiliki fungsi yang sama seperti sepeda pada umumnya. Yaitu bisa digunakan secara manual juga secara elektrik.

“Selain digunakan untuk olahraga, sepeda elektrik ini juga bisa membantu kelancaran aktivitas bekerja,” tandasnya. 

Pada momen launcing sepeda listrik itu, turut hadir Kepala SMKN 1 Woha Muhammad Badrun, Kabid Anggaran BPMDes Kabupaten Bima El-Faisal, MM, Wakasek sekolah, perwakilan Pemerintah Kecamatan Woha, Kades Donggobolo, Kades Dadibou, ketua komite dan puluhan guru setempat. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.