Header Ads

KBO Sat Reskrim Polres Bima Jadi Narasumber Sosialisasi Hukum, Kapolres Apresiasi FKMHB

KBO Sat Reskrim Polres Bima - Ketua Umum FKMHB - Sekretaris Umum FKMHB.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Kaur Bin Ops (KBO) Sat Reskrim Polres Bima Iptu Sudarto menghadiri undangan sebagai narasumber dalam sosialisasi hukum yang diselenggarakan Forum Komunikasi Mahasiswa Hukum Bima (FKMHB) di aula SMAN 1 Woha, Selasa (24/1/2023) kemarin.

Sosialisasi hukum yang digelar FKMHB tersebut diikuti oleh para siswa sekolah setempat, dengan tema "Urgensi Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum".

Kapolres Bima AKBP Hariyanto, SH, S.IK menyampaikan apresiasi kepada FKMHB atas suksesnya kegiatan sosialisasi hukum terhadap para siswa yang merupakan penentu nasib bangsa Indonesia kedepannya.

"Kegiatan sosialisasi hukum memang diperlukan sebagai upaya penguatan kesadaran hukum bagi generasi muda, kalau bisa secara berkesinambungan,” terangnya.

Sosialisasi Hukum di SMAN 1 Woha.

Sementara itu mengawali pemaparannya, Sudarto menguraikan kesadaran hukum dapat diartikan sebagai kesadaran seseorang atau suatu kelompok masyarakat kepada aturan-aturan atau hukum yang berlaku. Kesadaran hukum sangat diperlukan oleh suatu masyarakat. Hal ini bertujuan agar ketertiban, kedamaian, ketenteraman dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama. Tanpa memiliki kesadaran hukum yang tinggi, tujuan tersebut akan sangat sulit dicapai. 

“Dikalangan pelajar pun demikian, contoh saja terjadinya perkelahian/tawuran antar pelajar karena kurang tumbuhnya kesadaran pelajar terhadap hukum. Akibat lemahnya kesadaran hukum, kehidupan masyarakat akan menjadi resah dan tidak tenteram. Oleh karena itu, kita hendaknya mengembangkan sikap sadar terhadap hukum,” paparnya.

Intinya, tutup Sudarto, tingginya kesadaran hukum di suatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Membangun kesadaran hukum sejak dini, tidak harus menunggu setelah terjadi pelanggaran dan penindakan oleh penegak hukum. 

Upaya pencegahan dinilainya sangat penting dan salah satunya lewat kegiatan sosialisasi hukum.

“Kesadaran inilah yang mesti kita bangun, salah satunya lewat pendidikan dalam hal ini sosialisasi hukum yang kita adakan saat ini,” pungkasnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.