Header Ads

Wujudkan Smart City, Pemkot Bima Gelar Bimtek Website Admin Sekolah Tingkat SD dan SMP

Moment Foto Bersama.

Visioner Berita Kota Bima-Pemerintah Kota Bima melalui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Kominfotik Kota Bima menggelar bimbingan teknis pengelolaan website sekolah tingkat SD dan SMP se Kota Bima yang berjumlah 82 sekolah.

Bimtek pengelolaan website yang melibatkan sejumlah operator atau admin pada sekolah tersebut bertujuan agar seluruh admin website di masing-masing sekolah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan website sekolah.

Kepala Bidang TIK Fadil, S.STP mengatakan, keberadaan website sekolah sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada lembaga pendidikan, dengan adanya website sekolah ini nantinya bisa meningkatkan sajian informasi dari masing-masing sekolah sehingga masyarakat Kota Bima pada umumnya, dan para orang tua dari peserta didik ini bisa mengetahui informasi-informasi terbaru dari sekolah tersebut.

Kabid Dikdas Dikbud Kota Bima Humaidin, M.Pd menyampaikan, ia berharap agar semua sekolah segera memulai mengelola website tersebut, sehingga mampu memberikan informasi-informasi terkait dengan program dan kegiatan yang ada di sekolah.

Humaidin juga menambahkan, pihaknya berencana akan memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang melakukan pengelolaan website dengan baik dan konsiten. 

"Hal tersebut tentunya untuk memotivasi seluruh sekolah agar bisa mendokumentasikan seluruh kegiatan sekolah melalui website yang sudah tersedia," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd mengatakan, pelaksanaan bimbingan teknis bagi admin yang mengelola website sekolah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan website sebagai bentuk pihaknya mewujudkan smart city di Kota Bima.

H. Mahfud menegaskan, teknologi informasi dan komunikasi sebagai infrastruktur penting abad ini. 

“Selama ini kalau kita berbicara infrastruktur, bagi masyarakat awam adalah membangun jalan, membangun waduk, membangun pelabuhan, dan program fisik lainnya, sebenarnya pembangunan infrasturktur sudah masuk ke non fisik yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat yang berkaitan dengan komunikasi khususnya internet,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, beliau juga menambahkan, pada tahun 2023 mendatang keinginan besar Wali Kota Bima mewujudkan Kota Bima Smart City dengan memasang wifi gratis di seluruh RW se Kota Bima, disamping infrastruktur yang sudah ada, hal itu penting ditindaklanjuti pihaknya sebagai bentuk hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat menyediakan infrastruktur jaringan.

Salah seorang admin website SMPN 12 Kota Bima, Mr. Yats, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Bima, lebih khusus Dinas Kominfo Kota Bima, serta Dinas Dikbud Kota Bima karena sudah menfasilitasi Pengelolaan Website Sekolah.

"Hal ini merupakan suatu program positif yang harus tetap dijaga dan terus diawasi pelaksanaannya demi mendukung dan terwujudnya Smart City untuk Kota Bima Tercinta," ungkapnya.

Bimbingan teknis yang mulai dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 November 2022 sampai dengan hari Jum’at 18 November 2022 tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd, Kabid TIK Dinas Kominfotik Kota Bima Fadil, S.STP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima melalui Kabid Dikdas Humaidin, M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan di Command Center Kota Bima tersebut di koordinir oleh pejabat fungsional pranata komputer Bidang TIK Endang Sri Sumanti, ST, M.Eng beserta tim. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.